Monday, 28 February 2011

Menulis dengan emosi

Judul : Menulis Dengan Emosi
Diterjemahkan dari : The Classic Guide to Writing Fiction
Karya : Caramel Bird
Terbitan : Vintage, Australia 1996
Penerjemah : Eva Y Nukman
Cetakan : ke 2. Oktober 2001
Diterbitkan oleh : Penerbit Kaifa Bandung
Desain Sampul : G Balton




Buku ini adalah buku yang sangat menarik bagi anda yang hobi menulis fiksi karena di dalam buku tersebut di jelaskan cara-cara yang memberikan anda inspirasi untuk menulis sebuah tulisan fiksi. Buku karya Caramel Bird ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan sudah mengalami sedikit perubahan-perubahan akan tetapi buku ini tetap banyak memberikan berbagai informasi mengenai dunia tulis-menulis yang sangat berguna bagi para pemula. Buku ini terdiri dari 22 bab dan dua lampiran. Setelah saya membaca keseluruhan buku ini saya berniat untuk membuat resumenya agar apa yang saya baca dapat saya ingat betul tentang pembelajaran dan pengalaman apa saja yang diberikan si penulis kepada pembacanya dan semoga resume buku ini juga dapat bermanfaat bagi anda yang hobi menulis.
Surat Pertama : Pentingnya menulis tentang hal-hal yang anda ketahui
  • Hanya ada satu sumber bahan yang tersedia sebagai bahan fiksi yaitu pengalaman anda sendiri, kenangan anda sendiri, mimpi anda sendiri, dan imajinasi anda sendiri.
  • Penulis fiksi memiliki kebebasan untuk memberikan cerita mengambil arah sendiri, namun penulis harus memegang keseluruhan, Imajinasi tanpa realita akan membusuk.
  • Anda harus melihat pengalaman anda sendiri sebagai bahan cerita.
  • Awal yang baik untuk menulis fiksi adalah lewat penjelajahan kehidupan si penulis.
  • Anda baru akan berhasil jika anda memahami bahwa kehidupan anda sendiri merupakan pusat karya anda.
  • Tulislah sesuatu yang tidak anda ketahui karena dengan cara itu anda bisa memainkan imajinasi anda.

Surat Kedua : Penggunaan kata sifat dan kata keterangan
  • Nyawa seluruh sifat terancam oleh kata sifat.
  • Pembaca itu cukup tajam dan mereka membaca kata-kata sifat anda sebagai pertanda bahwa anda hanya berpura-pura.
  • Yang cukup mengherankan kekuatan fiksi tampaknya sama besarnya dalam ruang antar kata dan dalam kata-kata sendiri.
  • Prosa yang mati adalah prosa yang membosankan, prosa jenis ini tidak meyakinkan dan tidak menarik, serta mengandung banyak kata sifat dan kata keterangan yang menempel seperti parasit.
  • Sekarang bacalah cerpen anda dari awal sampai akhir dan tandai semua kata keterangan dan kata sifat, jangan gunakan benda lain pada tahap ini kecuali pensil. Tantang yang anda tandai apakah kata itu berhak berada disana ? kalau tidak coretlah..
Surat ketiga : Melihat bagian awal dan akhir
  • Kita tidak bisa begitu saja menceritakan cara memulai sebuah novel! Ini ibarat perlahan jatuh cinta kepada seseorang tetapi kita tak yakin kapan awalnya
  • Anda harus berani membuang awal dan akhir cerpen anda, jika anda cukup berani cerpen anda mulai berubah dan membaik.
  • Rummer Godden mengatakan “menjadi seorang penulis itu butuh keberanian besar”

Surat keempat: Pilihan Sudut Pandang
  • Seniman sejati tidak pernah menganggap remeh apapun!
  • Anda harus mengenal apapun yang anda tulis, harus meyakini apa yang anda sampaikan, menguasai apa yang anda katakan dan sangat peduli dengan semua itu.
  • Seorang penulis yang peduli tidak akan pernah keliru menyampaikan ceritanya/ tulisannya dan Mencintai bahan ceritanya.

Surat Kelima : Dedikasi Panggilan hidup sebagai penulis
Jika anda menyimak para penulis profesional berbicara tentang dedikasi mereka terhadap seni mereka, Anda akan mendengar bahwa para penulis ini menganggap pekerjaan menulis sebagai panggilan hidup, seperti halnya terpanggiluntuk kehidupan dan kewajiban beragama.

Surat Keenam : Mengenali kelumpuhan penulis
Buatlah dua daftar
Datftar A Keinginan saya :
  • Saya ingin menulis cerita yang bagus,
  • saya ingin cerita saya dimuat.
Daftar B Kendala :
  • Tidak Punya waktu
  • Kekurangan Ide
  • Tidak bisa berpikir
  • Takut Salah
  • Tidak tahu ceritanya
  • Tidak tahu bagaimana melaluinya
  • Merasa Sangat Konyol
  • Sakit Pundak
  • Lapar
  • Perlu minum kopi
  • Tidak mengenal satupun penulis
  • Tidak mengenal satupun penerbit
Jika kendala kendala tersebut terjadi atau terlintas dalam pikiran anda segera taruhlah semua alat-alat menulis anda dan TIDUR! Dan mulai menulis saat bangun tidur ketika keadaan santai setelah bangun tidur sebelum monster anda sempat menghimpun akal dan meruncingkan cakar. Malaikat penolong Anda bebas untuk hinggap di setiap halaman. Latihlah cara menulis seperti ini setiap hari sewaktu bangun tidur. Menulis Fiksi akan berpengaruh dalam kehidupan pencitraan anda.

Surat Ketujuh : Pemikiran lebih lanjut mengenai pentingnya pengalaman pribadi
  • Ketika berbicara masa kecil mereka para penulis nyaris mencapai pusat misteri mereka sendiri.
  • Anak seperti juga hewan, menggunakan semua indra mereka untuk menemukan dunia kemudian seniman datang menemukan lagi dengan cara yang sama. Penulis fiksi perlu punya pandangan dan pandangan inilah yang mereka berikan kepada pembaca, peristiwa dan perincian tadi masuk kedalam pola yang ikut membentuk pandangan tersebut.
  • Anda akan lebih mampu menciptakan fiksi jika anda melihat segala sesuatu dengan mata seorang anak. Penulis sebenarnya menciptakan fiksi karena ada sesuatu yang ingin mereka ketahui.

Surat kedelapan : Membuat pembaca mempercayai apa yang disampaikan
  • Pembaca dapat melihat muslihat apa yang hendak anda lancarkan dan kehilangan minat terhadap plot serta tokoh dalam tulisan anda.
  • Cerita-cerita seperti kenangan masa kanak-kanak yang menyakitkan dan menyenangkan mempunyai kualitas sebagai sesuatu yang berdiri di hadapan anda dalam mata pikiran anda. Fiksi harus memiliki kualitas yang sama seperti kenangan, hatus ditulis dengan keyakinan yang sama seperti kenangan. “Anda harus sepenuhnya percaya akan apa yang sedang anda tulis” artinya percaya sepenuh hati akan dunia yang anda ciptakan.

Surat Kesembilan : Peran imajinasi dalam mengarang fiksi
  • Lamunan adalah dasar dari segala fiksi, agar lamunan menjadi sastra usaha yang harus di curahkan untuk mengimajinasikannya harus benar.
  • Dunia imajinasi dibangun dari hal-hal yang kita temukan dalam dunia keseharian. Robien Klien mengatakan bahwa setiao hari dia mendaftar setidaknya 5 hal yang dia lihat, dengar, dan alami saat itu.
  • Jika anda mulai menulis tentang sesuatu yang betul-betul berarti bagi anda, suat permasalahan yang anda ingin pecahkan dengan imajinasi anda, maka imajinasi anda mulai mengambil batu bata dari realitas sehari-hari dan menatanya untuk anda. Tuliskan apa yang anda minati mulailah menulis supaya anda bisa menemukan apa yang ingin anda katakan.
  • Mengumpulkan artikel dari surat kabar, gunting apa saja yang tertangkap mata anda, yang anda suka dan melihat-lihat guntingan koran yang anda suka biasanya akan menyungkapkan minat

Surat Kesepuluh : Mencari judul
  • Aturan utama untuk judul adalah bahwa judul harus menarik.
  • Judul karangan anda adalah langkah masuk pertama dalam menggunakan jorgen modern, usaha memasukan karya anda.
  • Judul yang terdiri dari dua kata itu enak diucapkan dan biasanya mempunyai irama yang bagus serta mudah diingat.
  • Judul harus timbul bagi anda dari cerita anda.

Surat Kesebelas: hal hal yang perlu diperiksa ketika merevisi tulisan
Penyebab utama kematian prosa adalah tidak ada kecintaan penulis terhadap tulisannya. Kesalahan dan kelemahan yang menurunkan kualitas tulisan diantaranya :
  1. Klise,
adalah ungkapan pinjaman yang melelahkan , yang sangat mudah mengalir ke pena kita, dan mengabarkan gambaran yang sedang anda ciptakan.
  1. Jargon,
jargon lebih bermasalah dari pada klise. Para penulis menggambarkan kehidupan orang dengan kata-kata yang diciptakan oleh pekerja sosial dan psikolog. Akibatnya cerita itu ditulis tentang “Rekan” dalam “hubungan” yang mempunyai gaya hidup.
  1. Kekliruan bodoh
Ketika benda-benda di dunia alam seperti pohon, kebun gandum, dsb nya, mulai bernapas dan mengeluh seperti manusia serta umumnya berperilaku seperti manusia berarti si penulis menggunakan alat yang hanya akan membuat tulisan itu menggelikan.
  1. Metafora campur aduk
Apabila dipakai dengan tepat, metafora bisa menjadi cara yang vital dan menarik untuk menyajikan cerita. Namun berhati-hatilah ketahui pasti yang anda maksudkan, lalu tuntaskan maknanya.
  1. Dialog kaku
Anda tidak harus menirukan persis apa yang dikatakan orang tetapi anda harus menciptakan kesan bagi si pembaca bahwa dia sedang mendengarkan sesuatu yang sedang atau pernah diucapkan
  1. Berlebihan
Tulisan jangan berlebihan, jangan berusaha mengikat perhatian pembaca dengan mengungkapkan bahwa keadaannya membangkitkan bulu kuduk, merobek, menebus, dsb.
  1. Kata Serapan
Penulis pemula sering atau suka menggunakan kata serapan, kata-kata panjang yang masuk kedalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris atau bahasa Belanda dari pada kata-kata pendek dan sederhana dari bahasa daerah. Kata Serapan bisa membuat prosa anda menjadi membosankan serta kabur dan muluk.

Surat Keduabelas : Pembahasan mengenai pena, mesin tik dan program pengolah kata.
  • Menulis adalah proses lambat yang panjang.
  • Menggunakan pengelolah kata di komputer bukan betul-betul jalan pintas untuk menulis. Ia hanya mempercepat proses produksi dan mempermudah penyimpanan.
  • Hal terpenting adalah anda harus merasa nyaman apa yang anda gunakan penulis mengembangkan cara sendiri-sendiri dalam melakukan apa-apa.
  • Tidak ada yang benar atau salah jika komputer adalah alat yang berguna bagi anda gunakanlah yang penting pekerjaan anda tuntas bagaimanapun caranya.

Surat Ketigabelas : Membuat jurnal , buku catatan, kliping
  • Meluangkan waktu setiap hari untuk mencatat apa yang telah anda lakukan, pikirkan, rasakan dan catata kesan apa yang anda dapat hari itu begitu pula mimpi anda atau apa saja. Dari bahan itu akan tumbuh gagasan untuk fiski anda. Kadang anda perlu melakukan banyak riset untuk cerita yang sedang anda tulis.
  • Catatan tentang mimpi anda adalah salah satu sumber terkuat dan terkaya untuk karya anda. Itulah catatan realitas dari batin anda. Dan realitas batin inilah, kelak anda akan mampu merancang dunia fiksi.

Surat Ke empat belas : Mengakrabi dunia tulis menulis sehari-hari
Anda menjadi penulis karena keinginan, dedikasi, latihan dan ketekunan. Berikut daftar anjuran praktis :
  1. Belilah mesin tik, komputer
  2. Belajarlah mengetik
  3. Bacalah rubrik buku dalam koran
  4. Berlanggananlah majalah tentang buku dan tulis menulis
  5. Dengarlah acara buku di radio
  6. Berlanggananlah majalah cerita
  7. Datanglah kefestival penulis
  8. Bergabunglah dengan lokakarya, dan kelas menulis fiksi
  9. Bergabunglah dengan organisasi penulis
  10. Belilah buku
  11. Jadilah anggota perpustakaan
  12. Bacalah buku

Surat Ke lima belas : Penulis itu berbeda
  • Penulis fiksi harus sepenuh hati dalam keinginannya menulis.
  • Penulis adalah orang yang menulis, jika tidak menulis anda bukan penulis, anda bukan penulis kalau anda hanya berfikir tentang menulis.
  • Keberanian adalah satu-satunya yang anda butuhkan, keberanian untuk berjeripayah mengembangkan kemampuan menulis fiksi dari dalam diri anda sendiri.
  • Patut diingat bahwa anda bisa saja berkonsentrasi menulis fiksi dalam hidup anda, sementara waktu lain anda mungkin lebih suka berkonsentrasi pada pekerjaan lain.

Surat Ke enam belas : Understatement dan overstatement
  • Sebagai aturan umum jika anda bisa tahan , jangan perlihatkan tulisan anda kepada siapapun sampai anda sangat yakin dengan tulisan itu.
  • Pembaca lebih suka overstatement mungkin bukan pembaca yang baik.
  • pembaca understatement mengharuskan bekerja lebih banyak dari pembaca overstatement.
  • Salah satu sarana yang paling kuat bagi penulis fiksi adalah saran understatement (pernyataan atau ungkapan dalam gaya menahan diri dan sering menggunakan bentuk ironi/ negatif).
  • Dalam fiksi hal romantis, misalnya understatement hampir tidak pernah digunakan, jenis fiksi ini beteul-betul menggunakan overstatement (pengarang melukisakan dengan cermat apa yang dapat dilihat, dirasakan oleh panca indra)

Surat Ketujuh belas : Saat karya anda diterbitkan
  • Anda harus menyadari bahwa buku anda bisa dikembalikan oleh salah satu penerbit dan anda harus teguh dengan keyakinan anda terhadap kaya anda, terus mengirimkannya jika yang pertama tidak berhasil.
  • Sebagai penulis yang karyanya belum pernah dimuat, jalan lazim yang harus anda lalui adalah :
1. Mengirimkan tulisan anda kemajalah-majalah cerpen
2. Mengikutkan tulisan anda ke sayembara menulis
3. Mungkin anda bisa bacakan tulisan anda dimuka umum
4. Hubungi stasiun radio setempat dan tanyakan apakah anda bisa membacakan tulisan anda di radio. Stasiun radio setempat kadang-kadang menerima penulis yang mau membacakan cerita karangannya.
5. Kalau anada mengumpulkan sekitar 20 cerita yang bagus, anda perlu menyelaraskannya supaya cerita-cerita itu tidak sekedar kumpulan acak prosa-prosa yang tidak saling berhubungan.
6. Pilihlah satu penerbit yang tampaknya tertarik menerbitkan jenis tulisan yang sedang anda kerjakan.

Surat ke delapan belas: Naskah, persiapan dan pengiriman
  • Kalau menyerahkan naskah kepada editor pastikan anda memeberi karya anda kesempatan terbaik dengan jalan menyajikannya sebaik mungkin
  • Anda bebas mengirimkan certia kelebih dari satu tempat sekaligu. Simpan naskah asli anda dan catat kemana saja anda mengirim cerita itu.
  • Jika diterima, tariklah cerita itu dari tempat-tempat lain, jika cerita itu ditolak bacalah dengan kritis ketika naskah itu dikembalikan kepada anda.
  • Dan apabila anda masih merasa bahwa naskah itu siap diterbitkan, kirimkanlah ketempat lain

Surat Ke Sembilan belas : Sumber inspirasi
  • Untuk menemukan arah pikiran kita harus berkonsentrasi pada satu cerita dan menulis dari fokus tentang cerita itu.
  • Berikut ini program pelatihan yang dapat anda ikuti dalam proses menjelajahi ide. Tulislah karangan 300 kata untuk setiap topik tulislah satu topik perhari, menulis cerita-cerita ini adalah latihan membantu membuka gudang inspirasi :
1. Kegelapan
2. Bunga
3. Batu
4. Kursi
5. Perjalanan
6. Sungai
7. Sekolah
8. Matahari
9. Bulan
10. Langit
11. Pernikahan
12. Pemakaman
13. Hari raya
14. Apel
15. Mainan
16. Tangan
17. Gunung
18. Laut

Surat Ke dua puluh : Irama dan prosa
  • Rasa anda tentang irama dan prosa bisa dibangkitkan dan dipuouk dengan membaca berbagai jenis fiksi yang baik
  • Penulis harus terus menulis hinga irama sejati muncul dalam kalimatnya, hingga kalimat mendapatkan bentuk sejati.
  • Jika anda membaca kalimat-kalimat anda keras-keras, anda akan belajar menangkap nadanya, belajar mengetahui kapan iramanya sudah tepat.

Friday, 25 February 2011

Terlambat yang membawa Keberuntungan


Siti Schafaria,21 tahun Sekrertaris Kepala Sekolah Yayasan Santo Fransiskus Jakarta. Yang baru saja diwisuda Sarjana pada bulan Januari 2011 kemarin mempunyai pengalaman yang menarik yang pernah ia ceritakan kepada saya akan pengalamannya di dunia kerja saat ia masih berstatuskan mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi GICI Business School.

Waktu pertama awal kuliah (2007) ia pernah melamar bekerja disebuah restaurant fastfood yaitu Mcdonald. Dan pada saat panggilan untuk interview diperusahaan tersebut ia datang terlambat dan semua para pelamar sudah selesai dinterview.

Namun keterlambatan ia datang ketempat interview malahan membawa berkah tersendiri. Mungkin karena kasihan sudah datang jauh-jauh atau memang perusahaan tersebut sedang butuh banyak karyawan. Akhirnya sang HRD berkata : "yah sudah kamu saya terima saja, nanti saya tempatkan dibagian yang masih kosong"

Dan ternyata bagian yang kosong yang diberikan untuknya saat itu adalah posisi STAR dikarenakan karyawan yang berada diposisi tersebut sedang diberikan pelatihan di Singapura maka ia ditugaskan untuk menggantikannya. Di Mcdonald posisi STAR merupakan posisi yang sudah mempunyai tingkatan jenjang karier (part time, pegawai,star, manager) dan warna seragam yang dikenakan juga berbeda warna dari pegawai-pegawai lain dibawahnya.

Saat bekerja di McDonald ia ditempatkan di daerah Cikini. Dicabang tersebut ia juga bekerja merangkap sebaga MC pada saat acara ulang tahun anak-anak. Dan iapun membawakan acara tersebut dengan sangat meriah dan seru. Terkadang tidak hanya MC ia pun harus mengirim atau mengantar barang, bertanggung jawab kepada atasannya seperti membuat laporan, menghitung jumlah penjualan, persedian barang dan menyerahkan semua laporan tersebut ke managernya. Pernah suatu ketika ada pesanan banyak untuk sebuah perusahaan. ia pun harus menggoreng ayam dalam jumlah sangat banyak. Sampai-sampai bajunya putih semua karena banyak terkena tepung ayam. Semua itu ia lakukan agar pesanan perusahaan tersebut datang tepat waktu.

Terlambat merupakan hal yang negatif namun keterlambatan bisa saja menjadi sebuah keberuntungan. Karena sesuatu yang negatif dapat berubah menjadi positif dan sebaliknya sesuatu yang positif bisa berubah menjadi negatif. lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali karena segala sesuatu di dunia ini kita tidak pernah tahu kapan peluang dan keberuntungan seseorang.


by:
Riza 25/02/2011
6:00

Thursday, 24 February 2011

Taunya kok telat yahh :))

hari ini saya buka email yahoo.com tapi kemaren saya juga membuka email email yang masuk dan menghapus inbox nya sampai bersih
dan sekarang ada email masuk 1 dan 1 lagi sepertinya kemaren juga gak ada deh wong inbox nya aja dah saya kosongin semuanya
1 email dari skype
1 email lagi dari merck

begini isinya :


Dear Riza Firli

Selamat ide anda terpilih menjadi pemenang untuk minggu ini. Anda mendapatkan voucher sebesar Rp. 200.000 dari klik hati Merck. Hadiah dapat diambil mulai tanggal 21 Februari- 28 Febuari 2011, di Graha Sentana lantai 3, Jl. Buncit Raya No. 2 Jakarta Selatan 12760 pada hari kerja jam 09.00 - 17.00 dengan membawa fotokopi KTP/SIM.






Thanks & Best Regards,



wah kayak-kayaknya sih emang waktu itu saya pernah mendapet tautan link dari teman melalui fb untuk bergabung di sebuah web namanya klik hati merck (sebuah produsen obat
seperti combhi, kimia farma etc lah...) dan saya pun mengirim tulisan tapi itu udah beberapa waktu yang lalu..cuma iseng doang mindahin dari yang ada di blog saya yang kira-kira bagus! :)

walaupun taunya telat tapi hadiahnya belum telat diambil
besok pasti saya kesanaaa..:)

namun pada hari jumat saya tidak bisa mengambil hadiah tersebut dikarenakan harus menjaga stand bazar kk saya di lapangan bola blok s


dan saya baru mengambil hadiah tersebut hari seninnya pada tanggal 28 Februari 2011. Saya sebenarnya kurang tau daerah sana namun karena sebelum berangkat saya melihat peta di google map maka saya tahu posisi letak graha sentana di Jl. buncit Raya no. 2 saya kesana dengan menggunakan busway turunnya di halte Irigasi lalu berjalan kaki sampai lampu merah tak jauh dari lampu merah sebelah kiri disitulah letak graha sentana di Lt. 3 dengan nama perusahaan Virtual Consulting.

Ternyata virtual Consulting adalah perusahaan agency periklanan berbasis virtual dengan media web, sosial network, twitter, facebook, dan memiliki banyak client mulai dari merck, tupperware dll. dan semua itu dilakukan kebanyakan secara virtual.

dan waktu saya mengobrol sama mba yang menerima saya (lupa namanya, yg cantik ,pakai kacamata, tinggi pokoknya). Iseng-iseng saya menanya lowongan pekerjaan dan sayapun menaruh cv disana melalui mba tersebut. dan ia pun bertanya mau pekerjaan yang part time atau full time?? disini kalau full time sampe gila-gilaan banget loh kerjanya kadang sampai malam! dan sayapun menjawab oh ia gak apa mbak saya sudah biasa kalau pulang lebih lama dulu sering ikut-ikutan E.O soalnya.

Kayaknya perusahaan tersebebut sesuai banget sama diri saya
1. di depan komputer/ laptop , karena saya bisa tahan 8-12 jam di depan komputer
2. kerjanya buka web, facebook, twiter, dan online
3. agency periklanan. pasti menuntut ide kreatif dan saya suka banget itu!!

kalau misalnya saya bisa bergabung di virtual consalting dan diberi kesempatan part time/ full time saya yakin banget! kalau saya menemukan pekerjaan yang cocok banget sama diri saya dan saya yakin saya pasti bisa

Panitia Job Fair MAP kurang Profesional


Pagi ini saya ke Sudirman Park untuk interview karena hari selasa yang lalu saya ke gedung wisma BNI dengan tujuan untuk menaruh CV lalu disana saya langsung diberikan alamat sudirman park Blok C no. 35 untuk langsung walk interview

dan akhirnya datanglah hari ini saya kesana. Saat disana saya mau melamar dan sipenerima CV melihat pendidikan saya s1.

Loh mass km ketinggian ah S1 disini itu yang mau melamar jadi SPG/SPB dan Kasier kata si cici cici itu dengan ketusnya!!

lalu saya bilang : ia mba waktu kemarin ke Wisma BNI saya disuruh dan dikasih ini alamat sini kalau mau ngelamar!?dan langsung walk interview

saya: emangnya gk bisa ya mba???kalau mau ikutan di interview doang aja gitu

dan si cici cici itu dengan ketusnya juga menjawab lagian tinggi kamu juga kurang!! kalau mau jadi spb. lagian km s1 masa mau-maunya jadi kasier/spb berarti km gk menghargaii diri kamu dong ?? (dengan nada yang gak enak)

si cici : kalau mau sekarang km ke STC senayan lt. 6 aja disana ada job fair untuk bidang lain dan infonya bisa km lihat dijendela itu !

dan akhirnya saya ke stc senayan lt.6 pada pukul 10

disana sudah banyak juga orang yang mendaftar dll.. lalu mulailah saya mengisi foam yang diberikan dan mengisinya dan kemudian tak lama kemudian kita psikotes!!

soal-soal psikotesnya kira-kira tidak terlalu sulit-sulit banget cuma gambar,dan hitungan angka, dan menggambar!! memang sih saya males kalau udah matematika yang menghitung-hitung!

setelah selesai psikotes ….beberapa menit kemudian tak sampai 10 menit hasil diumumkan

dan dari sekian banyak peserta saya termasuk yang tidak lolos seleksi dan bagi yang lolos akan di interview oleh usernya dan kamipun akhirnya keluar!

saat menuju lift kami saling mengobrol dengan para pelamar lain dan mereka juga sama kecewanya dengan job fair MAP karena sepertinya kurang profesional jika menyeleksi hanya dari hasil psikotes. buat apa juga kita kasih CV ya? toh gak dibaca juga cv nya sama dia tapi diliat dulu dari psikotesnya!baru di interview

padahal beberapa bapak-bapak tadi ada yang bekerja dulunya di kapal pesiar, store manager restaurant, freelancer designer interior, dan lain-lain!

mba yang freelancer design interior yang sama sama melamar menjadi Visual Marchendiser seperti saya tadi juga sama kecewa karena kurang fair menilainya hanya dari psikotes karena seorang designer dilihat dari hasil karya bukan dari hasil psikotes..

lalu pas ditangga jalan saat kita sedang mengobrol-ngobrol ada satu mba mba yang tadi lolos psikotes dan juga di interview….

dan kamipun juga mengobrol-ngobrol dengannya akrab

dia juga menjelaskan bahwa interviewnya singkat banget dan kurang personal bahkan untuk lamaran marchindiser dia bilang udah penuh dan mau dipindahin atau ditaro kebagian BO. dan nanti katanya dihubungi lagi. lama kemudian si mba yang design interior yang tadi dibilang gagal gak lolos ditelp untuk interview ke atas! ANEH juga yahh tadi katanya gk lolos sekarang dipanggil dan mba itu pun pamit untuk pergi keatas lagi melakukan interview…

dan kamipun saling bertukar nomor setelah itu saya pun juga pamit pulang ..

Panggilan Tes Design Toyosaki

Kemarin pada hari rabu saya panggilan interview di perusahaan yang saya lupa namanya itu yang di Jl. Bandengan Utara 85a no.4 depan hotel Grand Asia.
ternyata perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan. Produknya seperti Lampu emergency, Raket nyamuk, lampu, dan barang-barang elektronik listrik lainnya.

saya akhirnya sampai jam 9 pagi menggunakan busway turun di Jembatan II dan naik angkot m25 turun pas depan kantornya (cukup cepat juga padahal saya dari rumah jam 8 kurang dan gak macet)

dan saya menjadi orang pertama yang dateng untuk interview setelah itu sayapun disuruh menunggu, dan sambil menunggu diberikan minum oleh mbak resepsionisnya. Lalu yang lucunya kantor tersebut tiba-tiba ada pemadaman listrik alias mati lampu tiba-tiba dari PLN nya dan orang-orang disana pun jadi sibuk dan rame karena mati lampu. Namun hal tersebut tak berlangsung lama dan lampu kembali menyala.

Dari 5 yang hadir kamipun dibagi menjadi 2, yang melamar sebagai design grafis dan yang bukan dan akhirnya kamipun psikotes seperti biasa ada soal matematika namun kali ini gak terlalu susah, mungkin juga karena gak terlalu banyak soal matematikanya dan soal matematikanya berbentuk soal cerita, kemudian ada soal segitiga,lingkaran, persegi panjang dan kotak dan buletan-buletan kecil dan selanjutnya soal kepribadian memilih sifat-sifat karakter sesuai pilihan. dan waktu yang diberikan juga dari jam 10an sampai jam 12 kurang kira2 hampir 2jam cukup santai dan panjang waktunya untungnya

setelah itu kami disuruh istirahat makan siang dan kembali jam 1. Lalu sayapun mencari makan keseberang makan soto ayam dan tak lama saya pun kembali lagi sambil mengobrol-ngobrol dengan ke 2 pelamar lain.

setelah pukul 1 lewat kami pun masuk kembali ke ruangan tempat tadi psikotes nama ruangan tersebut Toyosaki. Sebelum test ke II yaitu test design kami di briefing dulu oleh mbak dan masnya.

Tugasnya adalah
1. membuat material promosi Lampu merek Lightz lampu hemat energi (lampu jenis putih seperti shinyoku,philipseperti ini lampu emergencyns yang dijual di supermarket,toko2)
2. raket nyamuk / lampu emergency

seperti ini salah satu jenis lampu emergencynya :







dan kamipun disediakan kertas gambar, penggaris, pinsil, dan pinsil warna
waktunya yang diberikannya juga cukup panjang sampai jam 5 sore. Orang sana juga baik menyediakan kita minum dan cemilan gorengan.

dan akhirnya waktupun selesai kamipun diberitahukan sama mbak nya bahawa
masih ada test tahap selanjutnya psikotes ke 2 dan wawancara
lalu saya bertanya psikotesnya matematikaaa lagi yah mba??

dan mbaknya pun menjawab: kalau testnya lebih kepada personality apakah cocok dengan budaya perusahaan kita dll. selain itu ia berkata juga akan membawa psikolog dari luar yang biasa dipakai oleh perusahaan tersebut untuk diberikan arahan untuk mengetahui bakat dan minat kalian..! dan akan kita hubungu kalian kembali namun jika dalam 2 minggu tidak dihubungi untuk panggilan psikotes ke 2 nanti berarti belum sesuai dengan kriteria kami!

dan "belom jodoh" yah mbak ucap saya :)

Saya berharap sekali bisa dipanggil kembali kesana untuk wawancara dan psikotes ke 2 karena walaupun seandainya nanti tidak diterimapun saya suadah mempunyai pengalaman dan berbagi pengapaman sharing dan mendapat arahan dari psikolognya tentang minat dan bakat saya :)


_bersemangat!! 23.02.2011_

Wednesday, 23 February 2011

TIPSY CLUB & LOUNGE Proudly prsents









...:::: JAMM'IN WEDNESDAY :::...

@ TIPSY – KEMANG JAKARTA
...WEDNESDAY / 23 FEBRUARI 2011

::: DISCOUNT 50 % FOR DRINK TILL DROP!!! :::

*** FOR GUESTLIST : DENNIE ( UNLIMITED ) ***

START FROM 10.00 PM – TILL DROP

SPINNING DJ :
- ROMIE
- R'ANGEL
- FLAT ( D'SAINT / SAINT PROJECT )


Cheers.



Tuesday, 22 February 2011

Menang hadiah seminar gratis dari detik.com

Sore ini pada pukul 16:52 barusan saja saya ditelepon. oleh no. panggilan tak dikenal dengan no 0217941179 awalnya saya pikir no. ini no panggilan dari perusahaan yang saya lamar lamar lewat jobsdb dan jobstreet seperti tadi siang saya di telp oleh PT apa gitu namanya (lupa) di daerah Pluit untuk interview hari rabu besok!


dan ternyata no tersebut adalah nomor dari detik.com mengkonfirmasi kepada saya kalau saya terpilih menjadi peserta seminar. Dan saya bilang ia mba waktu itu saya pernah dapat email dari inbox email lalu saya isi deh formulir seminarnya dan menuliskan alasannya dll.. tapi saya memang gak ngeh asal pilih-pilih aja ada kota bandung
dan ternyata saya menang untuk kebagian yang di kota surabaya
pada hari: sabtu jam 8-12 siang
bertempat di hotel. bumi surabaya jl. jend basuki rahmat 106-128

terus saya tanya ketentuannya gimana?
ternyata seminarnya memang gratis tapi akomodasinya sendiri..dan berangkat sendiri!!
waduh....gila ke Surabaya sendiri..gak ada sodara yang tinggal disana! (eh ada tapi udah di Jakarta) ditambah saya tidak tahu jalan, dan buta banget sama kota Surabaya. Coba hadiahnya di berikan akomodasi gratis dan jalannya dari jakarta sama panitianya yah (ngarep.com) pasti saya ikut!! :))

dan ternyata seminar yang diadain di bandung sudah selesai dimulai kemarenan katanya
aduh coba saya waktu itu milihnya dibandung yahh..:))

Dan mba yang menelepon berkata ia mas, makanya saya konfirmasi dulu ke mas bisa atau enggaknya? dan dengan sangat menyesal saya gak bisa mbak! mungkin lain waktu bisa ikut ya..dan ini menjadi pelajaran buat saya agar lihat dulu sebelum mendaftar

Problematika kota Jakarta dapatkah terselesaikan?

Dimana saya berada dan tinggal di sebuah kota bernama Jakarta kota dimana orang-orang sibuk dan kota yang tak pernah mati aktivitasnya baik siang ataupun malam. Kota Jakarta kota yang megah disana banyak gedung-gedung bertingkat , apartement, perkantoran, pusat perbelanjaan dan ada juga tempat hiburan mala
m bagi masyarakat urban. Ada juga gadis gadis yang menjajakan dirinya di malam hari di tempat hiburan malam seperti karaoke, diskotik dan hotel. Bahkan tidak sedikit juga sekarang banyak para lelaki yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial atau lebih dikenal dengan sebutan gigolo baik pelanggannya seorang wanita maupun pria para gigolo tak pandang bulu untuk masalah pelanggannya yang penting mereka mendapatkan imbalan berupa uang dari jasa yang sudah ia kerjakan.

Narkoba juga marak peredarannya di Jakarta penggunanya mulai dari anak sekolah, mahasiswa ataupun
yang sudah dewasa dari berbagai lapisan masyarakat di kota ini. Selain itu pergaulan bebas dan sex juga marak dikota ini pelakunya juga banyak dari kalangan pelajar dibawah 17 tahun ataupun mahasiswa/mahas

iswi dan orang dewasa diatas 18 tahun. Maka sudah tak heran jika anak sekolah atau

mahasiswa ada yang MBA bahkan Aborsi. Pendidikan Seks yang di dapatkan disekolah belum mampu memberikan dampak yang signifikan dan memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat. Karena pendidikan seks di sekolah tidak diberikan sejak dini, pemahaman dan penjelasan mengenai seks masih dianggap tabu bagi sebagian orang untuk diberikan kepada anak-anak.

Selain pendidikan seks pendidikan budi pekerti dan agama juga kurang mendapatkan porsi yang banyak disekolah umum misalnya pendidikan agama hanya diberikan 1 minggu sekali. Sedangkan pelajaran umum seperti matematika, bahasa, Ips dan lain lain diberikan lebih banyak porsi jam pelajarannya dan lebih diutamakan. Sistem pendidikan dan dana pendidikan di Indonesia juga belum dapat mencakup seluruh daerah hanya sebagian kota-kota besar yang sudah mendapatkan kelayakan fasilitas sarana dan prasarana sekolah seperti tenaga pengajar yang kompeten dan kreatif, perpustakaan, dan sarana belajar penunjang lainnya.

Anak putus sekolah, anak jalanan, dan anak-anak terlantar juga dapat sering kita temui dikota Jakarta diperempatan lampu merah jalan raya, bus dan kereta yang bekerja sebagai pengamen maupun pedagang asongan. Hal tersebut biasanya terjadi karena himpitan ekonomi keluarga, kurangnya lapangan pekerjaan serta kesempatan kerja. Lagi- lagi peran pemerintah kota Jakarta juga belum mampu mengatasi hal terebut.

Lapangan pekerjaan dan kesempatan kerja juga semakin sulit di dapatkan di kota Jakarta karena persaingan dan kualifikasi yang semakin ketat. Sehingga angka pengangguran di Jakarta semakin hari semakin meningkat dan hal itu menyebabkan angka kriminalitas semakin hari dikota Jakarta juga semakin meningkat mulai dari curanmor, perampokan, pembunuhan, bahkan pemerkosaan tidak tanggung-tanggung dan semakin sadis banyak terjadi di Jakarta.

Banyaknya jumlah penduduk dan kepadatan penduduk kota Jakarta semakin hari juga semakin meningkat terutama yang terjadi pada arus balik mudik lebaran banyak pemudik yang kembali ke jakarta membawa sanak keluarga atau kerabatnya. Dan hal tersebut juga merupakan faktor dari masalah-masalah sosial yang terjadi di Jakarta seperti pengangguran, kriminalitas, dan sebagainya.

Ledakan penduduk kota Jakarta juga memberikan dampak lain yang terjadi di kota ini. Masalah yang terjadi dan sering kita alami setiap hari adalah KEMACETAN! Kemacetan yang terjadi disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari jumlah volume kendaraan pribadi yang tinggi, sistem transportasi umum yang kurang memadai, jumlah orang-orang yang bekerja dan mencari nafkah di Jakarta pada siang hari. Seperti mereka yang berdomisili tempat tinggal di Jakarta ataupun luar Jakarta seperti Bogor, Tangerang, Bekasi dan daerah sekitar Jakarta lainnya.

Masalah lain seperti Banjir juga menjadi bencana langganan yang terjadi di Jakarta khususnya pada musim hujan datang. Hal ini disebabkan mulai dari berbagai faktor seperti masalah sungai yang dipenuhi oleh sampah, Banjir kiriman, curah hujan yang tinggi, Saluran Air atau sungai yang tidak mampu menampung air karena curah hujan tinggi, kurang banyaknya pohon dan resapan air kota Jakarta karena sebagian besar lahannya sudah dibangun gedung-gedung bertingkat, mall, perumahan dan jalan aspal sehingga serapan air di Jakarta sangatlah kurang maka jangan heran jika Jakarta selalu mengalami KEBANJIRAN!

Mungkin sebenarnya kota Jakarta kota yang sudah tidak layak lagi untuk dihuni karena masalah-masalah yang timbul yang terjadi dari kota ini. Jakarta sekarang dengan Jakarta dulu kondisinya sudah sangat jauh berbeda dibandingkan era 80-90an. Dan sekarang Tahun 2011 bagaimanakah kira-kira kondisi kota jakarta 10 Tahun mendatang di era 2020 apakah semakin membawa perubahan baik atau semakin parah? Masihkah anda ingin tinggal di Jakarta?? Dan Siapakah yang akan dapat mengatasi kota Jakarta?? Gubernurnya kah?? Pemerintah?? Atau ANDA??


by: Riza Firliansah
22/02/2011 , 15:30

Monday, 21 February 2011

masih diingat sama Acha Septriasa :)

Ternyata benar ini akun twitter yg asli punya Jelita 'Acha' Septriasa @
:) hahaha... wah masih ingat dia buktinya sama nama panjang gw :)) Yah jelas aja masih inget mungkin yaaa...orang kita satu sekolah disekolah yang sama selama 9 tahun! :)













eh gw jadi inget #jamanSD nih wahahhaha :) dulu kita sering ngerjain PR contek2an sama anak-anak ngerjainnya pagi2 disekolah, terus pernah juga kita dihukum gara-gara gak ngerjain PR terus di suruh ngerjain PRnya diluar sampai jam pelajaran selesai kita baru disuruh masuk!


NAMA : Jelita Septriasa
TTL : Jakarta, 1 september 1989
Hoby: Berenang, Membaca komik, menggambar, nyanyi
Cita-cita : kelak ingin menjadi Designer Hotel/ Musisi
ALAMAT : Jl. Dukuh V/36 Peng Br Jak Tim 13550 (**sekarang sudah pindah kayaknya di Tebet)





Kesan dan Pesan Pada Sekolah:
Agar diperbanyak fasilitasnya seperti memperbaiki perpustakaan (lt.3), lebih banyak menanami pohon-pohon, mengadakan kegiatan sekolah seperti Drum band dll Kesan:
Sebenernya udah bener-bener bagus sich... walaupun agak jorok & kotor dikit sepertinya. Agar sekolah ini tidak keliahatan tua temboknya mesti dicat lagi..!

PESAN PADA TEMAN :
Baik, Kompak tapi agar tidak suka mengejek nama orang tua itu yang penting!!!!


Walaupun di kelas Acha gak terlalu pinter alias biasa-biasa saja tapi dia mempunyai prestasi yang sangat membanggakan sekolah yaitu dia selalu Juara lomba puisi, bahkan sampai ke tingkat Propinsi! jago main drum dan senang dengan musik! bakatnya juga sudah kelihatan sejak kecil pernah jadi model di majalah Ayah Bunda waktu kecil tapi baru dipamerin sama gw n bawa majalahnya kesekolah pas kelas 6.


Dulu gw inget banget kata-kata dia pingin banget jadi model lagi nanti pas 13 Tahun di Majalah. Waktu jaman kita SMP Majalah gadis mengadakan kuis tantangan 1 hari menjadi model dan si Acha sepertinya mengirim fotonya ke redaksi majalah GADIS dan akhirnya dia menjadi salah satu pemenang yang beruntung bisa di foto ala model walaupun cuma 1 hari.

Dan akhirnya 2003 kesampaiaan sih dia ikutan Pemilihan Model Gadis Sampul waktu kelas 2 smp tapi sayang cuma sampai 90 unggulan dan yang keluar sebagai pemenang juara favorit dikala itu Kak Adhitya Putri kk kelas kita di SMP 73 dan di tahun 2004 nya Acha baru jadi 20 besar finalis GADSAM, Pokoknya dikala itu anak SMP 73 Jakarta banyak yang masuk rubrik majalah Gadis, bahkan ikutan pemilihan Model di Majalah Gadis















**Buku Kenangan SMP N 73 Tebet, 2003/2004

Selain Acha Septriasa SMP Negeri 73 juga banyak melahirkan artis artis seperti Titi DJ, Rano Karno, Tengku Ryan, Shanaz Haque, Puput Novel, Salah satu vokalis di Grup musik Bening *lupa namanya, Shany (atlet loncat indah dan Pemain sinetron 2 pelangi), Adhitya Putri (iklan,sinetron,film), Dinda Alamanda (pemain sinetron,film) , gak tau deh siapa lagii ?
angkatan gw juga ada yang ikut pemilihan abnon ada Yasmin Trianti (Abnon Selatan 2008) dan Prita Raska (Abnon Utara 2010) dan dulunya mereka sekalas waktu SMP kelas 3 dan satu SMA juga!

Thursday, 17 February 2011

Pengumuman hasil Wawancara Gramedia Kompas

Sore ini saya sedang membuka laptop saya seperti biasa mengecek facebook,blog dan email untuk menunggu kabar dari hasil test wawancara tadi siang bersama tim reqruitmen Gramedia Kompas, dan tadi saya di wawancara oleh 3 orang tim penginterview sekaligus, dan interview juga berjalan cukup asik dan orang-orangnya juga membuat saya antusias bercerita. Mungkin juga saya udah terbiasa interview jadi gak grogi lagi dan sudah cukup santai.

dan isi emailnya adalah sebagai berikut :

Date : 17 Februari 2011

Perihal : Pemberitahuan hasil seleksi


Dengan hormat,



Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Saudara mengikuti Wawancara untuk calon Graphic Designer yang kami adakan pada tanggal 17 Februari 2011 yang lalu, namun dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa Saudara tidak dapat kami proses lebih lanjut untuk posisi tersebut.



Sungguh kami sangat menghargai minat, kesediaan dan usaha Saudara untuk mengikuti tahapan seleksi yang kami selenggarakan. Kami berharap Saudara dapat memperoleh kesempatan dan keberhasilan di tempat kerja yang lain.



Terima kasih atas perhatian Saudara.







Hormat kami,


Recruitment Section

HR Department
Group of Magazine – Kompas Gramedia
Gramedia Building, 8th floor
Jl. Panjang No. 8A Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530
Telp. (021) 53696324-25, 5330170 ext. 31209 & 31210
Faks. (021) 5330187



Hikmah yang saya ambil hari ini adalah :

Walaupun saya tidak diterima dan tidak berhasil lolos tapi saya sangat berfikir positif dan tetap bersemangat karena menurut saya kegagalan itu adalah hal biasa karena sebelumnya saya juga sudah melakukan interview di berbagai perusahaan seperti Planet Surf, PT. Mortalindo, Gold Gym, PT SIM, dan perusahaan outsorsing namun saya tidak dapat ke tahap proses selanjutnya
atau belum dapat diterima diperusahaan tersebut.

orang-orang yang dikenal sebagai rajanya gagal akan lebih dikenal di dunia sebagai raja-raja kesuksesan. Karena orang-orang yang berani gagal adalah orang yang siap menyongsong kesuksesan.

Jadikanlah kegagalan sebagai teman hidup dan bukan musuh abadi karena kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kegagalan akan menjadi kegagalan selamanya jika kita menginginkannya demikian dan berhenti mencoba lagi!


Kegagalan justru adalah titik awal baru yang baik bagi kita untuk memulainya kembali..

Monday, 14 February 2011

Semua Orang Pasti Bisa Menggambar!!










Saya sebenarnya bisa sih menggambar. Karena menggambar dan mewarnai itu sudah dari kecil bahkan dari TK sudah kita lakukan bahkan waktu TK saya sempat mendapa
tkan hadiah dari sebuah majalah TK majalah Pintar Dakwah waktu itu ibu guru saya mengirim hasil mewarnai gambar semua murid-murid dan beberapa minggu kemudian ada pengumuman pemenang yang mendapatkan hadiah berupa kaos dan saya merupakan salah satunya yang mendapatkan hadiah tersebut dari seluruh TK-TK yang mengirimkan hasil karya. Namun kalau disuruh gambar sekarang tapi kadang bingung mau gambar apa kalau gk ada contoh atau arahannya.

untuk menggambar biasanya saya kesulitan untuk menggambar yang sangat sama persis dengan orang asli/ realis seperti gambar mata manusia, tangan manusia, bibir dll.
Yang saya bisa paling gambar-gambar cartoon/anime/manga yang tidak begitu realistis seperti manusia akan tetapi kadang saya juga menemui kesulitan di bagian-bagian yang sangat sulit seperti lekuk-lekuk baju yang lecek-lecek dan bagian tangan kadang-kadang. Mungkin semua itu dikarenakan saya sudah jarang menggambar.

Mungkin menggambar merupakan bakat terpendam saya jadi sesulit apapun terkadang hasilnya yah seperti ini. Mungkin gambar saya bagus di bandingkan orang-orang yang tidak mempunyai bakat menggambar, namun jika dibandingkan orang-orang yang sudah expert gambarnya mungkin gambar saya kalah jauh.
Jadi semua orang itu bisa menggambar tapi masalahnya gambarnya bagus atau tidak. Dan BAGUS sendiri juga ada tingkatannya Bagus aja, bagus lumayan, bagus banget :))



Friday, 11 February 2011

Panggilan Interview Gramedia Kompas

Seneng banget kemarin saya di telepon oleh Gramedia Kompas untuk Interview
pada hari Rabu, 16 Feb 2011
pukul:8.30 pagi
alamatnya di : Jl. Panjang no. 8a
katanya sih patokannya RCTI aja atau depan halte busway Kebon jeruk depannya udah keliatan. Ohhh yahhh sip deh gampang kalau gitu !

Jangan Lupa bawa :
CV
Ijazah/SKTLS
Transkrip Nilai-nilai
Foto kopi KTP
foto 3x4

lalu saya bertanya : terus mbak saya perlu bawa portofolio design gak?
oh saya sudah melihat dan menerima portofolio yang kamu kirim jadi gak usah bawa juga gak apa-apa!

oh yah sudah kalau begitu ,lalu saya bertanya lagi kepada mbak yang menelpon saya dan saya bertanya terus perlu bawa alat tulis gak mba buat psikotes nanti?
oh kita langsung wawancara doang kok besok! bertemu ibu saya langsung nanti di Lt. 8


Alhamdulillah saya senang sekali dengan panggilan wawancara oleh Gramedia Kompas. Ternyata betul Percaya diri itu bukan ditunggu untuk dimiliki tapi harus dilakukan. Dengan PD nya waktu itu saya mengirim CV dan portofolio design saya melalui E-mail dan terbukti yang interest dengan cv dan portofolio design saya perusahaan-perusahaan yang bagus-bagus bulan kemarin Desember saya juga sempat di panggil oleh PLANET SURF untuk Psikotes dan pada bulan Januarinya saya di panggil lagi untuk test design di sana. Tapi sayang kemarin saya belum jodoh di perusahaan tersebut. Namun yang namanya kita mengirim sesuatu lalu ada panggilan saja itu sudah menandakan kalau perusahaan tersebut sudah interest sama kita. Karena kita sudah mengeliminasi dari puluhan , ratusan bahkan ribuan email yang masuk dari para pelamar lain.


Thursday, 10 February 2011

Pentingnya Air Bersih Untuk Masa Depan


Air adalah zat yang sangat penting bagi kehidupan semua mahluk yang berada di bumi. Sekitar 71 persen bumi mengandung air dan tubuh kita sendiri juga mengandung air sekitar 80 persen bahkan ada organ-organ tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80 persen misalnya otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen sementara darah memiliki komponen air sebanyak 95 persen. Maka dari itu air adalah barang yang sangat berharga karena air memiliki kegunaan yang penting bagi kehidupan kita. Dewasa ini sangat disayangkan karena banyak masalah-masalah yang timbul akibat dari kurangnya air bersih. Bahkan ada disuatu daerah yang sulit akan air bersih dan mereka harus berjalan jauh untuk mendapatkan sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Semakin hari air bersih semakin langka dan banyak masalah yang timbul terutama di perkotaan seperti pencemaran-pencemaran lingkungan yang terjadi akibat tangan manusia misalnya pembuangan limbah yang mengandung Plastik, Deterjen, DDT, dan sebagainya sehingga mencemarkan air sungai. Selain itu masyarakat di perkotaan juga suka membuang sampah sembarangan bahkan mereka tidak ragu tanpa malu-malu untuk membuang sampah mereka ke sungai. Sehingga hal tersebut membuat aliran sungai menjadi mampet dan menimbulkan bau tak sedap. Maka apabila pada saat musim hujan banyak terjadi banjir. Belum lagi wabah penyakit yang timbul akibat banjir seperti Diare, Disentri, Demam Berdarah, Cacingan, Hepatitis A, Malaria dan kurangnya ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya alam sendiri dapat melakukan pemurnian air yang tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan cara pemurnian air tanah, pasir, bebatuan dan mikroorganisme yang berada di alam sekitar kita. Akan tetapi pencemaran yang terjadi sudah sangat parah sehingga alam tidak dapat mengembalikan kondisi air seperti semula.


Banyak penelitian yang dilakukan dinas kesehatan yakni bahwa kualitas air bersih terutama di kota Jakarta dan Surabaya memiliki kualitas air yang terparah dibanding kota-kota lain di Indonesia. Hal ini disebabkan karena rendahnya kualitas air baku dan banyaknya pencemaran-pencemaran yang terjadi. Disamping itu perumahan penduduk yang begitu padat juga membawa dampak terhadap kualitas air dan persediaan air karena banyaknya rumah-rumah yang mengambil air didalam tanah dengan menggunakan mesin air tetapi tidak menghemat pemakaiannya. Bayangkan jika setiap hari kita dapat menghemat satu liter saja perhari dikali tigapuluh hari dalam sebulan lalu di kalikan jumlah rumah-rumah penduduk di jakarta, berapa banyak air bersih yang sudah kita sia-siakan ? Sedangkan di daerah lain saudara-saudara kita kekurangan air bersih bahkan untuk mendapatkan air bersih saja mereka harus berjalan jauh, mengantri berjam-jam dan airnyapun di jatah hanya dua drigen untuk satu keluarga. Apakah dengan dua drigen air saja cukup untuk memenuhi kebutuhan satu keluarga untuk memasak, mencuci, mandi dan minum ? maka dari itu marilah dari sekarang kita menghemat penggunaan air misalnya pada saat kita menggosok gigi matikan keran westafel jangan biarkan air terbuang sia-sia begitu saja. Peran masyarakat juga sangatlah diperlukan untuk menjaga kualitas dan ketersediaan air bersih di masa yang akan datang. Hal yang dapat kita lakukan yang paling sederhana adalah menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah atau limbah apapun ke sungai dan bagi pabrik-pabriki harus menyediakan instalasi Waste Water Treatment Plant untuk menetralkan limbah agar tidak mencemari lingkungan.

Wednesday, 9 February 2011

Houtman Zainal Arifin: Jika banyak Memberi kita Tak akan pernah kekurangan

Bapak Houtman Zainal Arifin yang berbagi pengalamannya dalam acara talkshow beberapa pekan lalu di lembur Pancawati Bogor Jawa Barat. Ia menceritakan pengalaman hidupnya yang berawal dari seorang office boy, berdagang di emperan jalan kaki lima yang merasakan kejamnya Polisi Pamong Praja (POLPP) menginjak-injak barang yang sedang di gelarnya begitu kejam dan tega sang Pol PP melakukannya. Kehidupan yang keras dan kejamnya Jakarata sudah dirasakan olehnya. Sampai akhirnya ia menjadi seorang Vice President CITY BANK.

Beliau juga bercerita dan mengaku kalau pendidikan yang diperolehnya hanya otodidak. Dan pada saat ia diwawancarai Interview kerja oleh City Bank, dan ia ditanya apakah bisa Bahasa Inggris? beliau pun menjawab TIDAK! dan katanya dia cuma mengerti yes or no dan alasan ia bilang itu saat diinterview supaya aman dan tidak ditanya-tanya :) dan akhirnya ia pun bekerja di City Bank cukup lama sampai akhirnya ia menjadi seorang Vice President di City Bank.

Beliau juga sharing mengenai hal-hal hidupnya dan memberikan motivasi dan sampai pada akhirnya ia mengadakan sebuah Games dengan Gelas Aqua dan 5 butir permen kepada sekitar 50 orang yang hadir malam itu. Cara permainannya yaitu kita harus memberi kepada anggota teman lainnya dan menghitungnya dan tidak boleh kepada teman yang sama jadi kita harus berputar dan bersosialisasi berinteraksi kesemua orang.

saat menghitung hitung saya sudah memberikan permen dan mengisi ke gelas-gelas orang disekitar saya sekitar hampir 39 dan saya pun mendapatkan permen lebih banyak dari semula yang tadinya hanya berisi 5 butir di gelas plastik saya namun saya mendapatkan hasil yang lebih banyak dari itu.


lalu pak Houtman pun bertanya kepada para peserta: adakah diantara kalian yang tidak menghitung?
lalu beberapa orang pun mengangkat tangan dan memberikan alasannya. lalu pak Houtman pun berkata : itu baik sekali jika anda tidak menghitung-hitung apa yang sudah anda berikan berarti anda orang yang iklash memberikan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan

Dan tadi juga ada adik kecil yang memungut permen yang jatuh dan pak houtman pun berkata : berarti adik itu baik sekali dapat berinisiatif memungut dan mampu memanfaatkan sesuatu dari kelebihan orang lain.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari hal tersebut adalah:
1. kita tidak akan pernah kekurangan apa bila kita mau saling memberi
2. jika kita mau bersilaturahmi dan banyak berteman dengan siapa saja kita akan mendapatkan rezeki yang lebih banyak
3. jika kita iklash memberi Allah swt. pasti akan memberikan kita sesuatu yang lebih

Tuesday, 8 February 2011

Kick Andy , Kumpulan Kisah Inspiratif


Judul: KICK ANDY ,KUMPULAN KISAH INSPIRATIF
Penyusun: Gantyo Koespradono
Cetakan : ke 2, April 2008
Penerbit : PT Bentang Pustaka, Yogyakarta
Penilaian : Wajib dibaca


Buku ini menceritakan tentang awal berdirinya acara TalkShow yang ditayangkan Metro Tv yang berawal dari ketidak jelasan konsep namun siapa disangka acara KICK ANDY merupakan acara yang selalu dinanti-nanti pemirsanya, mempunyai rating yang bagus dan merupakan acara televisi yang menurut saya sangat berkualitas dan berbobot dari pada acara-acara kebanyakan yang tayang di televisi kita seperti sinetron-sinetron, dan acara gosip yang menayangkan hal-hal yang kurang baik untuk perkembangan mental dan pertumbuhan anak-anak.

Keberhasilan acara ini juga berkat Tim Kreatif dan Andy F Noya sebagai si pembawa acara yang mempunyai ciri khas tersendiri saat melakukan wawancara kepada nara sumber. Acara ini juga memberikan edukasi dan pengetahuan tentang sesuatu yang kontrovesial di masyarakat dengan menyikapi hal tersebut dari kacamata dan sudut pandang yang berbeda. Sehingga pemirsa di rumah dapat melihat sesuatu dan menyikapinya secara bijaksana. Melihat secara realita yang sebenarnya melihat dari sudut pandang yang berbeda sehingga pemirsa dapat membuka mata dan hatinya dalam menyikapi berbagai hal-hal yang terjadi dalam kehidupan ini


Dalam buku ini juga menyajikan 22 kisah-kisah inspiratif yang pernah tayang di KICK ANDY. Salah satu kisah yang membuat saya sangat tergugah adalah kisah "Orang-Orang Buangan" kisah ini menceritakan tentang penderitaan sejumlah pelajar yang dikirim kuliah ke luar negeri Unisoviet/Rusia oleh Bung Karno, tetapi kemudian mereka tidak bisa kembali pulang ketika rezim orde baru memerintah. Mereka dicap sebagai komunis dan apabila mereka pulang ke Indonesia akan ditangkap dan dijebloskan ke Penjara. Adalagi episode tentang kisah wanita-wanita yang dijadikan Jugun lanfu pada masa penjajahan jepang 1942-1945 banyak gadis pribumi yang diculik dan kemudian dijadikan budak seks oleh para tentara jepang bernama Mardiyem yang sampai sekarang tidak dapat ganti rugi dan keadilan hukum sampai akhirnya perjuangan panjangnya yang melelahkan itu sia-sia dan ia meninggal pada akhir tahun 2007.

Penulisan dan gaya bahasa Gantyo Koespradono wartawan senior Media Indonesia dibuku ini cukup jelas, lugas, ringan dan enak dibaca sampai saya tidak menutup buku ini sampai halamannya selesai karena kisah-kisah yang ditulis juga memberikan inspiratif untuk saya.

Sunday, 6 February 2011

Mario Teguh , Beginner Luck

Mario golden ways hari ini 6 februari 2011 dan saya sangat antusias sekali menonton acara tersebut karena hari ini disiarkan secara LIVE. Penonton di studio saat itu memakai pakaian serba merah dan acara pembuka diiringi oleh performence dari Calvin Jeremy yang membawakan lagu Lucky yang dipopulerkan oleh Jason Mraz

dalam acara Golden Way kali ini membahas tema tentang "Beginner Luck" yang sebenarnya ini sudah ada di buku Bapak Mario Teguh yang pertam Becoming a star di halaman 25. Namun begitu saya tetap interest dan penuh hikmat setiap kata-kata dan ucapan pesan dari beliau menjadi masukan yang berarti untuk saya. Pesan yang dapat diambil dari tayangan metro tv tersebut :

1. Jadilah orang yang polos dalam memulai sesuatu
2. Gagal itu sebuah keberuntungan dimana jika kita gagal kita dapat mengembangkan hal di bidang lain
3. Keberhasialan , keberuntungan itu adalah sesuatu yang memang kita rencanakan dan hal itu terjadi biasanya pada jam sibuk di jam orang bekerja.
4. Jika kita banyak gagal itu biasa karena proses belajar dikala kita masih muda agar jika suatu saat kita sudah senior / tua kita sudah tidak lagi gagal dan menjadi panutan untuk orang lain
5. Tulislah ketakutan-ketakutan kita (hal yang kita takuti) dan lakukanlah hal-hal tersebut agar menjadikan itu sebagai proses keberhasilan kita.
6. fokuslah terhadap suatu pekerjaan/ bidang agar memudahkan kita menjadi yang terbaik namun apabila kita ingin berkarier/bekerja sambil juga berbisnis jangan menyebut bisnis kita bisnis sambilan/ sampingan karena hal tersebut menjadikan kita mengabaikan bisnis sampingan

Kita sebutlah itu side job/ second job agar kita profesional melakukannya!
misalkan anda bekerja dikantor disela-sela waktu anda berjualan/berbisnis pulsa vocher handphone, bekerja di akhir pekan sebagai MC atau hal-hal yang merupakan hobi kita Dan sebutlah itu second job agar kita juga menjalankan bisnis second job kita secara profesional sehingga dapat berkembang dan sama baiknya.


_SALAM SUPER_

Einstein aja gak tau!


Judul : Einstein Aja Gak Tau!
Pengarang: Robert L. Wolke
Tahun Terbit : September 2008
cetakan : ke duabelas
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa : Alex Tri Kantjono W.
Penilaian : boleh juga




Buku ini yang sedang saya baca saat ini. Menarik sekali dan sangat-sangat excited! di dalamnya terdapat berbagai banyak informasi, pengetahuan ilmiah mengenai hal-hal yang sebenernya kadang gak penting di kehidupan sehari-hari. Tapi setelah tahu pengetahuan dan ilmu baru tersebut saya menjadi merasa mengetahui banyak pengetahuan-pengetahuan yang menakjubkan dari kehidupan kita sehari-hari yang kita sering temui

contohnya saja yang dibahas dibuku ini menjelaskan bahwa termos dan styrofoam adalah sebenarnya nama merek dagang yang digunakan oleh banyak orang untuk menyebut benda / barang yang serupa. Sebenarnya itu memang kurang penting tapi setelah kita mengetahui hal itu menjadi hal yang sangat-sangat excited dan membuat kita yang tadinya tidak tahu sama sekali akhirnya mengetahui sesuatu yang sudah lama tapi baru kita ketahui

Dan dalam  buku ini juga bahasanya ringan, asik...! enak dibaca membuat saya tidak mudah bosan dengan bukunya :) buku ini juga mengajak kita berfikir secara ilmiah dan berfikir logis!

Friday, 4 February 2011

Fakta Unik

Berikut Fakta Unik Konyol Lucu Gokil dan Aneh :

1. Kertas terbuat dari kayu, belajar membutuhkan bnyk kertas (baca: buku). Jadi, dengan tidak belajar berarti kita telah mendukung gerakan Go Green!

2. Menjadi perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif, oleh karena itu marilah kita aktif merokok !

3. Makan sayur bikin kurus? Coba kalian bandingkan kuda nil yang vegetarian dan macan yang karnivora. Mana yg lebih kurus?

4. Makan makanan kotor bikin diare? Tapi saya belum pernah dengar ada lalat yang mencret.

5. Gigit kuku merupakan kebiasaan buruk? Tahukah kamu kalau kuku tangan empat kali lebih cepat tumbuh daripada kuku kaki, untuk apa? UNTUK DIGIGITIN.

6. Mengurangi makan akan membuat anda kurus? Coba liat paus biru, mereka hanya makan plankton dan mereka hewan paling besar yang hidup di dunia Sekarang. Jadi, kenapa mesti repot-repot diet?

7. Berlari dapat membuat jantung anda sehat dan memperpanjang umur. Coba kita lihat kura-kura. Jalannya amat lamban dan dapat bertahan hingga 100 tahun. Jadi kenapa harus repot-repot lari?

8. Orang-orang berpendapat bahwa nge-gym bisa ngurusin badan. Tapi tahu gak kalau Ade Rai itu beratnya berkisar antara 85-100kg. So, kenapa harus repot-repot “nge-gym”?

9. Minyak berasal dari kelapa yang merupakan tumbuhan. Berarti makan gorengan kita vegetarian.

10. Coklat kan dari kacang, kacang itu termasuk sayuran, secara teknis banyak makan coklat=banyak makan sayur…

11. Jerawat merupakan bentuk pertahanan diri akan bakteri di pori-pori wajah, orang yang mempunyai antibodinya lebih sensitif lebih rentan jerawatan, HIV merusak antibodi kita. Jadi, supaya gak jerawat, silahkan kena AIDS…!