Sunday, 19 May 2013

Share Internet Firstmedia dengan Router Wifi TP LINK



Oh ia kali ini riza ingin membahas mengenai router dan modem untuk wifi. Beberapa pekan yang lalu saya sempat mencari sebuah router wifi alternatif karena router cisco yang ditawarkan oleh cs Firstmedia harganya lumayan mahal sekitar 400ribuan hampir 500 ribu. Tapi sih sebenernya kalau dipikir-pikir itu gak seeraba jika dibanding saya terus-terusan menjadikan laptop sebagai virtual router wifi yang setiap ingin membagi wifi harus menyalakan laptop secara terus menerus.


Melihat faktor tersebut sayapun berfikir untuk membeli modem router, namun karena saya orang yang sangat awam dengan jaringan dan koneksi internet, seting dan hal ribet lainnya makanya saya waktu itu belum mau beli-beli. Dan belum ada rekomend router apa yang cocok untuk digunakan dengan modem First Media. 

Sayapun mendapatkan info dari teman saya dikantor kalau beberapa waktu yang lalu ia juga bingung mau pakai wifi router apa? karena dia pikir juga sama lumayan mahal router yang ditawarkan sama Firstmedia. Namun teman saya tersebut mendapatkan rekomendasi dari cici nya yang sudah menggunakan router TP-Link, dan sekarang dia juga sudah menggunakannya. Katanya settingnya pun cukup mudah rekomendasi tempat beli dia beli di glodok seharga cuma 150ribu. 

Akhirnya saya cari rekomendasi melalui internet, saya mencari tahu harga peralatan aksesoris komputer di salah satu website e-commerce terpercaya yaitu bhinneka. Saya pun mencari di search websitenya dengan kata kunci "TP LINK" lalu keluar berbagai jenis router TP Link dari berbagai model, spesifikasi dan kisaran harga. 

Jenis model yang mirip dengan teman saya punya dijual di Bhinneka seharga 162rb hanya beda 12 ribu dengan harga yang ia beli di glodok. Ya cukup wajar lah harga yang diberikan masih gak beda jauh, berarti harga-harga aksesoris komputer bisa menjadi patokan harga pasaran untuk referensi kita. Saya pun akhirnya mencari referensi lebih lanjut untuk menghubungi cs bhinneka, untuk memastikan keberadaan stock dari beberapa router TP Link yang saya cari. 

Ternyata beberapa macam model TP Link yang saya tanyakan ready di Bhinneka Gunung Sahari. Sabtu itu akhirnya saya memutuskan untuk ke Bhinneka Gunsar langsung sekalian main ketemu temen kantor lama buat makan mie bangka yang enak di bilangan Gg. Maja Gunsar (dekat pombensin shell) 

Baru setelah selesai ketemu teman sekitar jam setengah dua siang saya lanjut menuju bhinneka yang cuma 1 halte busway dari Pasar baru timur. Yakni Bhinneka ada di halte busway budi utomo persis di depannya

Sesampainya di lantai 2 bhinneka saya bertemu dengan sales yang membantu saya untuk  memilih router tp link. Ada berbagai macam TP link dan saat itu saya melihat seri TP Link 3G Wireless N Router yang bentuknya mirip sama piring terbang U.F.O
langsung saja saya tanya harganya lalu petugas sales bhinneka mengeceknya di komputer yang berada di showroom, Dan harga dari router ini cukup terjangkau harga yang 1 antena Rp. 209.000 dan yang 2 antena harganya Rp., 269.000



TP-LINK 3G/3.75G Wireless-N Router [TL-MR3220]

Cukup bingung sebenernya saya mau pilih yang mana ? emang bedanya apa ya ? saya bertanya kembali ke Sales Bhinneka yang juga sedang mengecek keterangannya di komputer. Perbedaannya sih tidak banyak untuk yang 2 antena itu lebih kuat signalnya karena 1 antena mengirim data 1 antena lagi menerima data. Yang kecepatan transfernya hingga 300 mbps dibanding model yang cuma 1 antena yakni 150 Mbps. 
Lalu jangkauan Jarak wifi nya? sepertinya kedua produk ini sama saja jangkauan jaraknya. Yang membedakan kuat dan tidaknya. Jadi kata orang bhinneka waktu itu saya disarankan buat mencoba membeli yang satu antena aja, karena selain lebih hemat dilihat dari kebutuhan saya membeli router  untuk menshare akses internet dirumah.

Sesampainya dirumah saya pun langsung mencoba untuk memasang dan menyeting wifi dengan cara yang tertera di manual guide TP-Link. Kelihatannya sih cukup mudah karena tinggal mengikuti saja. Namun ternyata sempet juga internetnya gak nyala-nya

Ternyata kesalahan saya adalah seperti biasa seperti ketika kita mengganti-ganti laptop. Maka biasanya kabel dan modemnya harus dinyala matiin dan ditunggu beberapa menit. Jika tidak bisa juga harus menelepon call center untuk meresetnya.

Ketika gak bisa juga sebelumnya saya coba kabel dari modem ke router saya pindahkan langsung ke laptop dan ternyata malah internetnya gak bisa jalan lalu saya balikan lagi kabel tersebut yg dicolokan ke laptop ke router tp linknya.

Sayapun menelepon cs firstmedia untuk menanyakan gangguan internet ini namun ternyata modem nya internet dinyatakan aktiv tidak ada masalah karena modem saat itu berkedip. Sepertinya cuma dari modem ke wifinya yang belum bisa. Coba aja dimatiin dulu beberapa menit kata mba-mba firstmedia di telepon kalau gak bisa juga berarti nanti baru di restart dari sana. Tapi ternyata gak bisa juga sampai akhirnya saat itu saya ketiduran karena udah malam dan keesokan paginya pas saya cek. Wooow akhirnya nyala juga wifi nya udah connect!

Kadang sesuatu yang kira-kira kita ngerasa udah nyerah udah lah capek memang perlu untuk ditinggal tidur kali yaa biar bangun-bangun kerjaan kita tau-tau udah selesai. *hahahahaha :D


Cara seting TP Link MR TR 3220 menggunakan Firstmedia :

  1. nyalakan modem, pasang rg 45 seperti biasa ke laptop
  2. setelah dipastikan internet sudah nyala di laptop, pindahkan rg45 yang dari laptop ke router TP Link ke wan (warna biru) , nyalakan router (antena sudah terpasang)
  3. Pasang kabel RG45  1 lagi yang anda dapat dari kardus TP link ke Line 1 (line 1 berwarna kuning) dihubung ke laptop anda, Jadi ada dua RG 45 yang terpasang (satu dari modem motorolla ke wan router, satu lagi dari lubang router Line 1 ke laptopnya)
  4. Hidupakan wifi laptop sehingga mendeteksi wizard, " Do you want to setup your network" ? , kamu bisa pilih ya dan ikuti steb by stepnya
  5. gunakan web browser apa saja (mozila, firefox, internet explorer) ketik 192.168.0.1
  6. masukan ID : admin pass: admin
Selanjutnya :
























Tunggu beberapa saat hingga internet connecting



Dan wifi  siap di gunakan di laptop, tab, blackberry dan gadget lainnya



131 comments:

  1. wah ternyata begitu ya.. makasih ya infonya. bermanfaat juga :D

    ReplyDelete
  2. Aduh...gue gaptek banget nih! gue gak paham bahasa robot itu :(
    Rauter TP link, dan lain-lain :( itu barang abad berapa??

    Jadi kalo pakek itu, kelebihannya apa? (Pakek bahasa awam...hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihannya bisa... kenceng internetnya dibagi bagi..!

      Delete
  3. Kalo aku dulu pake Firstmedia, router-nya dipinjemin. Jadi begitu berhenti langganan, router-nya dibalikin. Sekarang udah nggak gitu lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sekarang udah dibalikin lagi dong :D wahhh.. langganannya internet apa sekarang!

      Delete
  4. jangkauannya bisa diaturkan? semisal cuma dalam 1 rumah aja.. abisnya terkadang suka kecolngan sama tetangga gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya di password dong..:)
      biar gk dicolong wifi nya heheehe.

      Delete
  5. wah aku gak terlalu paham sama yang beginian hehhheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, sama kalo begitu dengan gue, Ra! hehe

      Delete
    2. sama saya jg gk paham awalnya tp ternyata lumayan gampang :D

      Delete
  6. wah, keren lah kk..lusa kalau udah kerja beli kayak begini ah...tutorial yang berguna ini, keren! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia beli..ya di bhinneka aja..belinya gampang..!

      Delete
  7. kemaren gua juga mau beli router bro, nanya ke telkom (promo upgrade jaringan) katanya udah ga ada lagi router wifinya, disaranin beli yg dijual di toko2 gitu, harganya sekitar 300ribu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja beli ke bhinneka..murah2 lg promo!

      Delete
  8. Referensi baru, eh... kalo pake speedy biasanya disettingkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau deh aku gk pernah make speedy..

      Delete
  9. Gimana kalau pakai PC yg gak ada wifinya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dipakaiin wifi adapter kayak usb gitu..

      Delete
    2. yang interal jg da koq...hrgnya 80rban....

      Delete
  10. bisa bantu pasang gak kaka aku gak ngerti niih.....

    kalau kaka mau bantu PM aja ke redy.nugroho@yahoo.co.id

    terimakasih kaka

    ReplyDelete
  11. Saya sudah mengikuti langkah2nya, tapi kok gak bisa dan pas dicek malah "The DNS server isnt responding". terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DNS nya jgn dikutak katik
      tadinya saya jg gk bisa..bisa..
      coba dimatiin aja dulu..

      Delete
    2. sudah bisa. terima kasih infonya

      Delete
  12. First media pake modem? Bukannya pake internet kabel yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai cabel modem... tapi untuk me share nya pake tp link

      Delete
    2. setiap kamu pasang baru pasti ada kabel ke tv dan kabel ke internet
      kalau tv dari kabel dicolok ke dekordernya
      kalau ke internet ya dari kabel ke modem cable nya (bedakan modem cable dengan modem usb ya beda loh)

      Delete
  13. hai riza,

    thanks banget untuk sharing cara milih router untuk first media. anyway aku kan masih kurang paham ya sama apa yang kamu jelasin.

    aku baru banget neh pakai first media, nah kamu kan pakenya modem ya, kalo aku di kasih nya LAN. cara pengoperasionalannya antara modem dan LAN sama gak ya untuk ke router tp-link yang kamu rekomendasiin.

    please advise

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari modem firstmedia aku makenya itu modem motorolla (cable modem) yang warna hitam dari dianya.. nah itu kan cuma buat satu aja tuh satu komputer nah sekarang aku gk colokin cable modem motorolla ku ke laptop/pc tapi aku colok ke tp link yg aku beli buat di share ke beberapa gadget..

      Delete
    2. setiap kamu pasang baru pasti ada kabel ke tv dan kabel ke internet
      kalau tv ada dekordernya
      kalau ke internet ya ada modem cable nya (bedakan modem cable dengan modem usb ya beda loh)

      Delete
    3. maksimal brp port yang bisa dipake di tplink yg agan pake

      Delete
    4. pake cuma 1 port aja cm di situ line LAN nya ada 4 deh...!

      Delete
  14. Ka, itu kalo udh di setting, hape bisa connect, tpi laptop gabisa connect. Tulisannya "windows was unable to connect to ....." Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ip di laptopnya mungkin mesti dikosongin :D
      atau ada masalah di setingan wifi laptopnya

      Delete
  15. ane kan ada warnet gan tp ane share nya pake hub..detail nya bgini dari modem ke pc dari pc ke hub ( yng pc server nya ane pasangin 2 land card ) ..pertanyaan nya bisa ngk yah router nya ane ngambil koneksinya dari hub?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih bisa,. kan kabel rg 45 dari hub itu dicolok ke kabel lan si routernya..tapi belum pernah coba sih,, soalnya saya langsung dari sumber kabel internet cable modemnya


      Delete
  16. kalau routernya di lantai 2, bisa ke detect- di lantai satu ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih, tp signal nya kecil
      ini kemaren nyoba make bb or android diluar rumah di jalan 2 rumah dari rumah saya masih nge detek kok

      Delete
    2. katanya sih di akalin make kaleng antenanya bekas kaleng minuman bisa nambah jangkauan or kecepatannya gitu

      Delete
  17. Terima kasih atas penjelasannya
    Btw, modem firstmedia ane merk Cisco 2100 gan! yg ane mo tanya :
    1. Cara masangnya tetap sama khan?
    2. Bisa pakai router wifi merk lain ga?
    3. Kalau master laptop (sbg server) dimatikan dan hanya router wife yg on, apa masih bisa memakai wifinya utk tab atau blacberry?
    thanks b4 for your kindness..

    ReplyDelete
    Replies
    1. modem nya atau wifi routernya merek cisco?
      kalau pake merek lain bisa sih..orang ini wifi routerny saya make tp link
      kalau master laptop sebagai server dimatiin ya bisa tetep jalan.. asal wifi router nya gk dimatiin sama modem firstmedianya.. laptop awal cuma konfigurasi aja..

      ia saya make bb, trus android bisa kok..:)

      Delete
  18. Hai riiza. Aku mau tanya, kalo misalnya kita udh pake tplink terus mau balik lg pake internetnya di laptop aja(tanpa router) tinggal cabut utp di tp link terus dicolok kembali ke laptop ya? Atau gmn? Thank you ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kalau kamu udah pake tp link... terus mau ke semula lagi ya.. gk make router
      iyaa,, bisa kok tinggal cabut aja kabel rg 45 yg dari modem ke router colok ke laptop atau komputernya .. bisa kok!

      Delete
  19. pake tplink jg nih, udh bisa konek dari tablet n smartphone. tapi kok ga bisa konek dari laptop ya?
    fyi, laptop ini yang dipakai buat konfigurasi tplink dan juga buat konfigurasi awal modem firstmedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii ia.. kadang juga suka gitu coba liat lagi settingannya..udah beenr belom?
      laptop nya memang dipakai buat konfigurasi di awal aja..

      Delete
  20. Mau nanya, gw pake TP-Link 300Mbps Advanced Wireless N Access Point. (Model TL-WA901ND) , di setting interface nya, MAC clone address tidak ada :(
    Jadi gw tetap pilih AP mode dan kadang laptop gw bisa connect, tapi android hp nga bisa connect.
    Waktu laptop gw bisa connect dan access internet, saya melihat status ip di dapat langsung dari FirstMedia, dan ketika HP android connect, di dapat ip dari DHCP wifi router. Kalau tanpa MAC clone jadinya begini yach?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf maksud saya tadi, laptop dan hp bisa connect ke wifi router tapi cuma laptop yang bisa akses internet.

      Delete
    2. kayaknya mac clone ya, atau jangan2 gk bisa internetan karena setingan ip di chrome atau androidnya
      coba isi ip (providernya)

      Delete
  21. Rizaaa.. klo rumah 2 tingkat tp luasnya cuma 100 meter an, routernya dipasang di kamar lantai 2. Pengen wifinya menjangkau lantai lantai bawah juga ( brarti ada penghalang tembok dan beda lantai) sarannya tp link tipe apa? 2 antena lebay ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang 2 antena sih bisa, tapi yang model ini aja sampe keluar ke 2 rumah dari rumah saya masih dapet..:D
      waktu tu pake hp android jajal jajal diluar rumah masih ketangkep sinyalnya 1 bar

      Delete
  22. mau tanya, saya dirumah punya komputer(bkn laptop) pakai internet first media, mau saya jadikan wifi modem cisconya, nah kalo pake router yang agan punya itu seandainya komputer saya dimatikan wifinya ikut disconnect atau masih connect?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau setrumnya gk dimatiin masih di colokin ya, nyala sih hehee..
      enggak kok..kamu gk harus hidupkan komputer
      komputer digunakan untuk seting awalnya saja..setelahnya cukup modem dan router ini yg menyala..

      24 jam router dan modem saya dirumah gk pernah mati

      Delete
  23. wiiih,berhasil nih hehe,btw tadi inetnya sempet ga jalan kalo saran saya coba cabut cable powernya tunggu 15 menit pasang lagi,tp linknya juga begitu,ada android nggk ada wifi rasanya seret beli pulsa terus buat internet hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia emang jadi boros..pulsa klo gak make wifi dirumah

      Delete
  24. Mo nanya apakah musti pake router tipe itu ya? gw pelanggan firstmedia juga dan punya router wireless TP Link tapi beda sama punya masnya. dapet dari hadiah model TL-WR702N itu settingnya gimana ya? colokan buat kabel LAN cuma 1 jadi ga bisa dari modem ke TP Link trus TP Link ke Laptop. mohon pencerahannya secara sayang juga dapat ga kepakai mana butuh wifi buat firstmedianya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe lainnya juga bisa asal suport modem cable , ia ya liat di internet itu gambarnya cuma 1 ya, wan/lan nya nyampur cuma 1 lubang, coba aja di seting gak usah colok ke laptop langsung modem ke routernya...

      atau coba liat panduannya disitu ada

      Delete
    2. manual guidenya ada disini >> http://www.tp-link.co.id/Resources/document/TL-WR702N_V1_User_Guide.pdf

      Delete
    3. mas udh bisa blm ?.. sy jg punya router seperti itu mas . tp beda tipe .. ?

      Delete
    4. udah bisa,, dan udah setahun hampir make ini...:D

      Delete
  25. knpap ga bisa masuk ke 192.168.1.1 ya ??

    ReplyDelete
  26. mohon bantuan mas….
    saya menggunakan tp link wa5210g sebagai client dari AP utama yang menggunakan suser name, password yang selama ini saya gunakan via pc. maksud saya saya mau bikin hotspot sendiri dari wa5210g ( secondary AP ) menggunakan tambahan Asus RT-N10 untuk nyebarin signal wifi, tapi setelah saya coba kok gak bisa ya ? mohon bantuannya langkah2 settingnya step by step berhubung saya masih AWAM pada jaringan.
    -Terima Kasih-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kayaknya susah juga ya..permasalahannya.
      tipenya tp link wa 5210g ya... itu klo gk salah wifi buat di outdoor deh tipe itu

      gimana ya? saya juga belum terlalu paham paham banget sih, untuk tipe lainnya

      Delete
  27. dari semalam saya berkutak-katik ga bisa-bisa sampe ketiduran,..pas baca artikel bang riza langsung ok,... makasih bang riza ilmunya bermanfaat bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama sama.. selamat ya udah bisa..:)
      makasih klo udah merasa jadi manfaat artikel ini

      Delete
  28. mas riza, mau nanya deh. itu yang di connect-in dari modem first media nya ke wifi routernya via kabel usb atau label LAN nya yaah?? thankyou..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai kabel yg ada rg 45 nya.. itu yg kayak kabel telepon !

      Delete
  29. kak riza tlong bantuin dong .. ak udh setting menurut petunjuk tp msih ga bisa kak .. TP link ku versi tl-mr3020 .. tlong apa yg harus dilakuin kak.. ak baru jg pake firstnet ..

    ya.siregar@gmail.com

    thanks kak riza

    ReplyDelete
    Replies
    1. settinggannya ko minta SSID sama BSSID .. BSSID itu apa ya kak .. ? tlong bgt ya kak riza .. makasih

      Delete
    2. kak adez .. tp link yang seharga 150rb itu tipe apa ya ?

      Delete
    3. coba kamu matiin modemnya cabut trus nyalaiin lagi..

      klo gk bisa biasanya awalnya itu, kamu harus pastiin komputer/ laptop sebelum make router udah nyala internetnya di laptop.. baru pindahin ke router ,

      atau

      kabel dari router colok dulu ke laptop baru abis itu di lepas..
      setelah setting

      Delete
    4. mas riza apakah semua modem tp link bisa buat modem first media yg motorola sb1501u ? trus ane cuma punya badget sekitar 150rb, wifi router apa yg cocok utk di pake ke modem motorola sb1501u itu ya mas ? terima kasih , mohon bimbingannya :)

      Delete
    5. oh teman saya sih coba pake tp link yang 150rb an ada..memang bisa..
      bahkan rumahnya 2 lantai gitu dan masih nyampe sih kata dia wifi nya

      tipe TP-LINK Wireless-N Router [TL-WR740N] >> http://www.bhinneka.com/products/sku00206755/tp-link_wireless-n_router__tl-wr740n_.aspx

      Delete
  30. gan nanya dong, klo misal putus nyambung terus itu kenapa ya? gw pake tp link 3220. IP di WAN nya ilang terus, jd harus restart routernya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang IP nya di kosongin aja sih...:D

      klo putus nyambung kayaknya dari routernya deh coba aja reset dulu

      Delete
  31. maslahnya sama nihhhh,, lupa cabut adapter kalo pindahin pernagkat laptop/pc
    ngomongya gimana yaa ke CS nya kalo mau restar MAC adress, ganti MAC adress baru yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bilang aja mau di reset dong mas dari sana..:D saya gk bisa konek nih..

      Delete
  32. Gan itu yg bisa connect wifi'ny aja apa sm lan'ny jg ? Cz ane mau shared internet via wifi & lan jg

    ReplyDelete
  33. gan, untuk ane persis banget modemnya kyk agan item gitu. tapi ane pake pc, bukan laptop. jadinya gimana tuh ya kalo mau dibikin wifi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja...tinggal beli wireless routernya aja gan

      Delete
  34. baca buku panduan tuh wkwwk

    ReplyDelete
  35. tau perbedaan modem router TL-WR841HP dengan modem router TL-WR841N? kalo tau tolong dijelaskan, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu..coba liat di web nya bhinneka..
      yaa :D

      Delete
  36. Mas, mac adressnya liat darimana ya?

    ReplyDelete
  37. Perlu install CD installer TP - Link nya gak ???
    Soalnya Cable Modem motorolla nya aja gak perlu di install

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu di install kok..udah langsung otomatis ke install nanti pas tp link nya nyambung wifi laptop kita

      Delete
  38. trims gan buat info nya .baru mau nyoba nich pasang wifi ..selama ini udah pakai first media yg ada layanan tv dan internet 1 paket ..cuma pakai koneksi internet nya saya menggunakan laptop mini ..bisa ga yah laptop mini itu melakukan konfigurasi awal untuk pemasangan wifi ..sy mau order router wifi seperti mas Riza punya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa..pake laptop kecil asal laptop kamu bisa nyolok kabel lan nya aja..:D
      karena notebook yg tipis bgt itu sekarang gk ada kabel lan jadi harus beli port gitu..:D kayak usb

      Delete
  39. http://firstmediafreeinstal.blogspot.com agan riza nitip lapak ya buat yg mau pasang firstmedia smoga bermanfaat. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sih bermanfaat..amin..:D ya rabal alamin

      Delete
  40. gan thx banget, akhirnya working juga nih wifi + firstmedia nya setalah 1 jam gw otak atik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat :) behasil behasil hore...

      Delete
  41. Mas Riza,
    TP Link wifi aku uda detect + connect ke laptop, tapi.. tidak ke BB + Android, hanya detect saja tidak bisa connect (alamat IP Failed). Mohon sarannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh oprek setingan di hp,, klo udah connect ke laptop biasanya sih udah bisa..

      Delete
  42. Mas saya mau tanya, kalau kita sudah berhasil setting first media pakai router wifi. apakah tetap bisa dipakai sharing walaupun komputer/laptop tidak menyala. jadi yang dinyalakan hanya modem dr firstmedia dan router wifi saja ( (untuk sambung ke smartphone aja). terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, laptop digunakan hanya untuk setingan di awalnya aja :) selanjutnya gak usah nyalain laptop lagi ..yg nyala hanya modem firstmedia dan wifi routernya aja

      Delete
    2. Oh ok kalau gitu, Thank u atas pencerahannya :)

      Delete
  43. gan, mau tanya kalau lapto sy udah connect dr wifi, trus mau dibagi2kan ke router TPLink, gimana cara nya ya gan?
    mohon info nya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak ambigu pertanyaannya. maksudnya gmn ya, sorry?

      udah connect dari wifi trus mau di bagi2kan ke router TP Link.
      setau saya router TP Link yang nge bagiin wifi ke komputer2 gadget2

      coba baca dari awal artikel saya, semoga dapet pencerahannya :D thx u gan..

      Delete
  44. info yang menarik mas..abis ini mau cari wifi router tp link trus pasang di rumah dah... kebetulan di rumah udah pasang fm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sama sama...:D makasih udah baca..dengan seksama..jika kurang paham bisa ikuti lagi petunjuknya

      Delete
  45. Mohon info lebih jelasnya mas, cara mengetahui router TP-Link MR3220 nya udah connect dari mana yaa? soalnya ane pake modem bawaan dari first media CISCO yang udah bisa wifi juga. nah kan ane bingung nih gimana cara ngebedainnya karena sama-sama wifi itu routernya.. ane udah ikutin tutorial yang ente kasih diatas dan berhasil. tapi kenapa sekarang ngga bisa connect 192.168.1.1 yah? mohon pencerahannya mas..
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  46. Ane nyoba 192.168.0.1 malah ke CISCO nya mas, bukan ke TP-Link nya..

    ReplyDelete
  47. mas riza, kenapa klo konek lgsg ke pc internet bisa, sdgkan kalo konek ke router, internet g bisa?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  48. Mas saya br brrp bln pk wifi first media,awalnya setiap browsing/buka youtube lancar tp udah seminggu ini klo browsing/buka youtube suka disconec tiba2 dan susah buat nyambung lg jd hrs matiin wifi nya dlu br bs.tp itu terjadinya d bb dan android saya klo lwt laptop normal2 aja. Mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. setingan di android n bb nya itu biasanya gitu.. :D ip kamu ngacak

      Delete
  49. Permisi mas riza mau numpang tanya.. kebetulan saya dirumah menggunakan first media saya juga memiliki tp link tl-wr740n dan rencananya saya ingin mebuat hotspot dia area rumah, saya sudah mengikuti tutor yang seperti mas riza berikan tetapi hasilnya nihil.. pada saat quick setupnya selesai seharusnya keluar notifikasi " The router is now connecting you to the internet " tetapi yang keluar malah " The device is now connecting you to the internet " dan alhasil ketika saya mencoba menyangbukan ke wifi tersebut hasilnya tetap tidak bisa.. tolong pencerahanya mas terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh terus gimana sekarang? bisa gk??

      Delete
  50. Gan ini masalah ane. Kan ane pakek Cisco 2100 cablemodem firstmedia terus ane beli TP-Link Model No. TL-MR3040. Nah terus ane conect in tu pertamaa gabisa.akhirnya ane nelpon cs firstmedia, mereka ngereset terus ane sekalian nyobanyoba ke andro ane tu ke conect atau gak. Akhirnya ke conect. Terus adek ane marahmarah kan garagara dia kagak ke conect terus pakek gadget lain juga kagak bisa cuman ane doang yg bisa. Nah ane mau nanyak Apakah harus diseting awal pakek laptop/pc tapi buktinya ane bisa langsung on ke andro ane tapi ke gadget lain kagak bisa. Tolong bantuim yaa gan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia awalnya make laptop dulu... :D ikutin aja cara-cara nya...kan udah jelas...dibuku panduan jg ada..

      Delete
  51. Gan bedanya TP-LINK Wireless-N Router [TL-WR841N] sama TP-LINK 3G/3.75G Wireless-N Router [TL-MR3220] apa ya? Bingung mau beli yang mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan bisa baca kan? tolong di baca dulu sebelum bertanya

      Delete
  52. Gan riza, ane udah setting sesuai tutor ente. Kenapa setelah selesai, tidak ada proses restarting yah seperti langkah tutor terakhir. Mohon jawabannya. Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. reebort system... ada kok... cari aja.. ada bacaan rebort

      Delete
  53. postingan yg sangat bagus gan, kunjungi juga
    cara setting wireless n access point tp-link tl-wa901nd
    sebagai access point portofolio arga yudha adhiprama,
    kunjungan baliknya gan trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia terimakasih banyak sudah berbagi :D

      Delete
  54. gan tau gk penyebab knp rouuter first media klo di colokin ke router tp-link itu gk bisa konek, tapi klo langsung dari router first media ke laptop bisa gan, mohon bantuannya gan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mencoba update firmware terbaru dari router tp link nya? saya jg sering mengalami gagal koneksi (alias terputus) dan setelah sekian kali akhirnya saya mencoba untuk mengupdate firmware bawaannya di situsnya..

      Delete
  55. Kalo tipe tp link wr740n bisa gak?

    ReplyDelete
  56. mas riza kalo itu bayar wifinya perbulannya berapa dan sama siapa kita membayarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk provider yang aku gunakan adalah firstmedia jadi aku bayar ke firstmedia, untuk perbulannya saat ini aku berlanganan yang 380rban perbulan.. untuk pemabayaran aku menggunakan ATM bca atau klik bca :)

      Delete
  57. permisi mas reza, saya mau membeli router tp link secara online. trus klo bayaran perbulannya gimana ya ? apa langsung ada internet/blum. saya masih awam klo soal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ini hanya router saja. Jika sudah langganan internet dan berniat membagi ke berbagai pengguna lainnya di rumah bisa beli router. tapi sekarang udah ada modem sekaligus router yg bisa dibawa kmn mana kayak smartfren andromax router.

      Delete
  58. Bang bisa ga 2 router 1 antena ? Apa ngaruh ke koneksinya? , Soalnya router Nya beda rumah

    ReplyDelete