Tuesday, 8 February 2011

Kick Andy , Kumpulan Kisah Inspiratif


Judul: KICK ANDY ,KUMPULAN KISAH INSPIRATIF
Penyusun: Gantyo Koespradono
Cetakan : ke 2, April 2008
Penerbit : PT Bentang Pustaka, Yogyakarta
Penilaian : Wajib dibaca


Buku ini menceritakan tentang awal berdirinya acara TalkShow yang ditayangkan Metro Tv yang berawal dari ketidak jelasan konsep namun siapa disangka acara KICK ANDY merupakan acara yang selalu dinanti-nanti pemirsanya, mempunyai rating yang bagus dan merupakan acara televisi yang menurut saya sangat berkualitas dan berbobot dari pada acara-acara kebanyakan yang tayang di televisi kita seperti sinetron-sinetron, dan acara gosip yang menayangkan hal-hal yang kurang baik untuk perkembangan mental dan pertumbuhan anak-anak.

Keberhasilan acara ini juga berkat Tim Kreatif dan Andy F Noya sebagai si pembawa acara yang mempunyai ciri khas tersendiri saat melakukan wawancara kepada nara sumber. Acara ini juga memberikan edukasi dan pengetahuan tentang sesuatu yang kontrovesial di masyarakat dengan menyikapi hal tersebut dari kacamata dan sudut pandang yang berbeda. Sehingga pemirsa di rumah dapat melihat sesuatu dan menyikapinya secara bijaksana. Melihat secara realita yang sebenarnya melihat dari sudut pandang yang berbeda sehingga pemirsa dapat membuka mata dan hatinya dalam menyikapi berbagai hal-hal yang terjadi dalam kehidupan ini


Dalam buku ini juga menyajikan 22 kisah-kisah inspiratif yang pernah tayang di KICK ANDY. Salah satu kisah yang membuat saya sangat tergugah adalah kisah "Orang-Orang Buangan" kisah ini menceritakan tentang penderitaan sejumlah pelajar yang dikirim kuliah ke luar negeri Unisoviet/Rusia oleh Bung Karno, tetapi kemudian mereka tidak bisa kembali pulang ketika rezim orde baru memerintah. Mereka dicap sebagai komunis dan apabila mereka pulang ke Indonesia akan ditangkap dan dijebloskan ke Penjara. Adalagi episode tentang kisah wanita-wanita yang dijadikan Jugun lanfu pada masa penjajahan jepang 1942-1945 banyak gadis pribumi yang diculik dan kemudian dijadikan budak seks oleh para tentara jepang bernama Mardiyem yang sampai sekarang tidak dapat ganti rugi dan keadilan hukum sampai akhirnya perjuangan panjangnya yang melelahkan itu sia-sia dan ia meninggal pada akhir tahun 2007.

Penulisan dan gaya bahasa Gantyo Koespradono wartawan senior Media Indonesia dibuku ini cukup jelas, lugas, ringan dan enak dibaca sampai saya tidak menutup buku ini sampai halamannya selesai karena kisah-kisah yang ditulis juga memberikan inspiratif untuk saya.

No comments:

Post a Comment