Friday, 25 February 2011

Terlambat yang membawa Keberuntungan


Siti Schafaria,21 tahun Sekrertaris Kepala Sekolah Yayasan Santo Fransiskus Jakarta. Yang baru saja diwisuda Sarjana pada bulan Januari 2011 kemarin mempunyai pengalaman yang menarik yang pernah ia ceritakan kepada saya akan pengalamannya di dunia kerja saat ia masih berstatuskan mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi GICI Business School.

Waktu pertama awal kuliah (2007) ia pernah melamar bekerja disebuah restaurant fastfood yaitu Mcdonald. Dan pada saat panggilan untuk interview diperusahaan tersebut ia datang terlambat dan semua para pelamar sudah selesai dinterview.

Namun keterlambatan ia datang ketempat interview malahan membawa berkah tersendiri. Mungkin karena kasihan sudah datang jauh-jauh atau memang perusahaan tersebut sedang butuh banyak karyawan. Akhirnya sang HRD berkata : "yah sudah kamu saya terima saja, nanti saya tempatkan dibagian yang masih kosong"

Dan ternyata bagian yang kosong yang diberikan untuknya saat itu adalah posisi STAR dikarenakan karyawan yang berada diposisi tersebut sedang diberikan pelatihan di Singapura maka ia ditugaskan untuk menggantikannya. Di Mcdonald posisi STAR merupakan posisi yang sudah mempunyai tingkatan jenjang karier (part time, pegawai,star, manager) dan warna seragam yang dikenakan juga berbeda warna dari pegawai-pegawai lain dibawahnya.

Saat bekerja di McDonald ia ditempatkan di daerah Cikini. Dicabang tersebut ia juga bekerja merangkap sebaga MC pada saat acara ulang tahun anak-anak. Dan iapun membawakan acara tersebut dengan sangat meriah dan seru. Terkadang tidak hanya MC ia pun harus mengirim atau mengantar barang, bertanggung jawab kepada atasannya seperti membuat laporan, menghitung jumlah penjualan, persedian barang dan menyerahkan semua laporan tersebut ke managernya. Pernah suatu ketika ada pesanan banyak untuk sebuah perusahaan. ia pun harus menggoreng ayam dalam jumlah sangat banyak. Sampai-sampai bajunya putih semua karena banyak terkena tepung ayam. Semua itu ia lakukan agar pesanan perusahaan tersebut datang tepat waktu.

Terlambat merupakan hal yang negatif namun keterlambatan bisa saja menjadi sebuah keberuntungan. Karena sesuatu yang negatif dapat berubah menjadi positif dan sebaliknya sesuatu yang positif bisa berubah menjadi negatif. lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali karena segala sesuatu di dunia ini kita tidak pernah tahu kapan peluang dan keberuntungan seseorang.


by:
Riza 25/02/2011
6:00

No comments:

Post a Comment