Sunday, 13 April 2014

Pemilu 2014 Pilihnya Cap Cip Cup...

Gak kerasa ya 2014 tahun ini, tahunnya Pemilu! Perasaan 5 tahun lalu baru aja bikin tugas dari dosen di kampus buat ngamatin pergerakan harga saham sebelum dan sesudah pemilu. "Pengaruh Pilpres Terhadap Harga Saham 

yang kira-kira ini dulu hasilnya :


oke fine! rasanya udah males buat mikirin angka-angka dan ngomongin harga saham yang biki tambah pusing. Oke kembali ke Pemilu 2014, di Pemilu 2014 khususnya di Pemilu Legislatif 9 April kemarin ada banyak banget kertas suara yakni 3 kertas suara. Terdiri dari 15 Partai (3 diantaranya partai daerah Aceh) yang pasti gak akan ada di Jakarta.

gambar : http://www.ayovote.com/

Rabu, 9 April hari itu  pastinya jadi hari libur bersama, pagi-pagi udah mandi dan tepat setengah 8 dateng ke TPS untuk nyoblos. Gak lupa sebelum nyoblos liat contoh kertas suara yang dipajang di TPS. Satupun dari nama-nama tersebut gak ada yang dikenal! Tapi ya karena saya merupakan orang yang berkarya makanya milih Golkar (golonga karya) Partai yang diketuai Aburizal Bakrie. Meski gak tau juga visi da misi Golkar itu apa, dan catatan prestasi atau korupsiya gimana? 

Ya, yang namanya Politik gak ada yang bersih itu wajar karena ini Indonesia. Susah banget mau idealis toh Partai PKS saya sebagai orang awam anggap itu bersih tapi kena kasus daging impor sapi yang menyeret wanita-wanita sexy seperti mahasiswa Moestopo Maharani Suciono dan model majalah dewasa Vitalia Sesya.

Detik-detik kampanye juga menyeret Aburizal Bakrie dengan 2 artis kakak beradik Olivia Zalianty dan Marcella Zalianty yang berlibur kepulau Maladewa atau Maldives. Ya namanya juga manusia sering hilaf gak luput dari kesalahan. Dan kita juga gak bisa ngejudge seseorang sih karena hanya Tuhan yang boleh ngejudge manusia.

Saat milih nama calon DPR DPRD DPD jujur aja sih capcipcup karena cuma ada satu kertas suara kan yang ada fotonya. Yang ada fotonya pun cuma 1 yang kayaknya ngeh pernah liat yaitu caleg yang namaya Rommy yang  di bannernya ada bacaan 'anak kampung Jakarta'. Kalau gak salah sih pernah inget, liat beberapa kali di angkot  sama di jalan daerah Tebet. Kalau caleg yang lain pernah liat di daerah Slipi Tantowi Yahya selebihnya muka-muka caleg banyak tapi gak ada slogan, tagline yang ngena dan design yang mudah diinget.

Kalau caleg yang paling riza kenal baik, sayagnya ada di Dapil I Bandung Cimahi Jawa Barat yaitu siapa lagi kalau bukan kang Eggi Hamzah Golkar no.3 yang tahun ini passs banget dia udah 3 kali ikutan caleg. Semoga aja sih tahun ini menang ya secara udah tiga kali kan. 

Sebenarnya siapa aja yang kepilih nanti pastinya harus bisa membawa aspirasi rakyat, yang pro lah sama rakyat.Bisa membawa perubahan biar sama sama enak!
 

Resign dari Batavianet Digital Agency


 

Hallo semua kayaknya sejak seneng main tumblr atau path yang dikonfersi ke tumblr jadi jarang banget update blog rizafirli.com ini. Sebenernya bulan Desember kemarin, di tanggal 30 Desember 2013 adalah hari terakhir saya berada di kantor tercinta yaitu Batavianet Digital Agency.

Sebelum tanggal 30 Desember 2013 tepatnya kurang lebih 2 minggu sebelum hari H. Saya sudah serah terima pekerjaan saya sebagai Social Media Specialist di Batavianet.Banyak sekali kesan-kesan,  pengalaman berharga yang saya dapat selama kurang lebih 1 tahun 2 bulan. (1 nov '12 s/d 30 des '13)Bersama tim dan rekan kerja yang sangat solid, kompak dengan lingkungan kerja yang penuh keakraban dan sangat kekeluargaan.

Bergabung di Batavianet awalnya saya melamar dari Jobstreet yang kebetulan waktu itu iseng-iseng saya apply. Saat ditelepon  panggilan interview oleh HRD saya diundang ke Batavianet yang beralamat di Ruko Mutiara Taman Palem blok A19 no. 6 Cengkareng Jakarta Barat pada pukul 13.30 (sehabis makan siang)
Awal dari situlah saya berkenalan dan di interview dengan Amel (HRD), mba Asih (manager FA & HR GA) dilanjut Mirfagah (manager internet marketig). Pertanyaan dan suasana interview yang rasanya nyambung banget 'nge click' karena background saya sebelumnya memang di dunia e-commerce 'web sales' dan social media. Banyak sharing dan cerita seputar tetang dunia online.

Pertanyaan yang masih saya ingat dari Aga, waktu itu adalah " jika ada perusahaan dengan produk permen,strategi marketing apa yang akan dilakukan disocial media?
Dan mendengar jawaban saya waktu itu mungkin cukup memuaskan, sampai amel dan aga cukup tersenyum puas akan jawaban saya.

Lalu jika produknya adalah sebuah 'LINGERIE' ide dan strategi marketing apa yang akan kamu lakukan untuk mempopulerkan brandnya tersebut baik online maupun offline!?

Dan saya kembali menjawab panjang lebar hingga berdiskusi dengan Aga membahas itu semua baik ide dari saya dan ide dia. Interview dari pukul 2.00 sampai tak terasa pukul 5.00 sore banyak sekali pengalaman-pengalaman yang saya ceritakan. Hingga sore itu juga saya di interview oleh Ci Henny salah satu Direktur di Batavianet yang cukup ramah, lemah lembut dan sedang hamil besar.

Lalu sore itu juga saya diterima ! wahh dengan senang hati saya pun menerima pekerjaan tersebut dan banyak pengalaman menarik, kisah sukses yang membuat saya selalu semangat berawal dari Batavianet diantaranya:

Pengalaman 1:


Pengalaman yang tidak terlupakan selama bekerja di Batavianet itu saat acara Sensasi Oli Daihatsu di PRJ Kemayoran. Kita menjaga booth Narcizz salah satu produk dari Batavianet berupa RFID yang terhubung dengan social media seperti facebook dan twitter. Banyak orang-orang yang mengantri panjang untuk berfoto di booth kami tersebut karena mendapatkan sebuah toy car (miniatur mobil) Daihatsu Sirion.

Keributan dan agak sedikit rusuh terjadi ketika antrian sudah membludak, banyak bapak-bapak terutama yang tidak sabaran bahkan sedikit anarkis merebut mobil-mobilan yang akhirnya sempat di bagikan. Dan mereka pun berebutan namun ditangkis oleh Zu (Calzulina Widodo) wanita perkasa yang sangat macho memarahi bapak-bapak tersebut hingga akhirnya banyak satpam petugas yang menjaga agar booth kami agar tidak kembali rusuh.

Yang lebih parah dan kasian adalah para SPG yang sudah dandan cantik-cantik akhirnya kepanasan di siang hari bolong, ditenda yang sedikit gersang. Keringatnya sudah sebesar jagung ditambah tadi banyak yang rusuh sampai-sampai ia mengangkat kaos yang kegombrongan itu sebatas pusar. Tim SPG juga sangat membantu kami dalam menertibkan para peserta Sensasi Oli terutama leadernya yang bernama Keke.

Dan kesimpulannya terbukti benar kalau orang Indonesia itu senang yang ramai-ramai, walau belum tahu apaan tapi udah ikut-ikutan , seneng sama yang GRATISAN dan rela bela-belain antri bersama keluarganya walau panas-panasan dan antirannya panjang.

Pengalaman 2:



Ketika kuis campaign Daihatsu It's My Dream Car, ketika para kuis hunter Indonesia menyerbu apps kami tersebut. Banyak voter dan like yang sedikit agak tidak wajar karena baru saja main tapi votenya sudah tinggi. Banyak para pengadu-pengadu dari kuis hunter yang ternyata melaporkan sesama kuis hunter yang curang. Kami pun akhirnya mendapatkan laporan dan bukti capturean orang-orang yang curang. Ternyata ada 1 facebook group kuis-kuis hunter yang juga saya ikut menyusup kesana.

Tim kami menemukan hal yang agak paling menyakitkan di wall group para kuis hunter tersebut berupa kata-kata "ini adminnya Daihatsu oon" saya mesen ya min  like yang banyak biar saya menang! pokoknya saya mau diposisi satu! **terus apus ya abis ini comment saya biar gak ada yang liat.

Eitts dia pikir dia bakal menang gitu dengan memesan vote banyak ke admin kuis hunter ? dan orang itu langsung deh kita black list itu mahluk yang gak penting dan licik  kayak gini mau jadi pemenang, NO!

Dia pikir kita Social Media Specialist, dan Internet Marketing yang oon kali ya. Dia gak tau saya ini orang yang cukup keppo, karena saya pribadi sudah main internet dari SD kelas 6 tahun 2000an, main social media dari 2004 hingga saat ini yang udah cukup tau banget dengan mahluk-mahluk dan tipe-tipe pengguna social media.

Untungnya di Term and Condition permainan ada tulisan yang menyatakan kalau juri dapat membatalkan pemenang apabila ada indikasi kecurangan, dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat! Dan yang lebih miris adalah saya membungkus hadiah-hadiah mereka berupa gadget-gadget yang lalu saya kirim sendiri ke para pemenang melalui JNE.

Diluar hadiah gadget-gadget untungnya ada 100 hadiah hiburan berupa toy car yang bisa dibagikan ke kuis hunter yang sudah berusaha mencari vote tinggi-tinggi agar tidak kecewa kalau dia gak menang!

Pengalaman 3 :
http://www.commlife.co.id/seo_contest/blog-contest/
 
Yang namanya divisi internet marketing tak terlepas dari yang namanya campaign. Kebetulan rekan kerja saya semuanya yang lain adalah tim seo, seo specialist, seo master, content writer. Dan waktu itu juga pernah ada lomba seo blog contest dari salah satu perusahaan asuransi yang bernuansa kuning yaitu Commonwealth life. Setelah contest sudah berjalan dan para tim batavianet melakukan penjurian saya juga diminta untuk memilih beberapa finalis  yang masuk kategori best blog. Saya pun blog walking ke beberapa peserta dan disitu saya jadi tahu berbagai macam tipe blog.

1. blog Dummy , yaitu blog yang dibuat hanya untuk menautkan link. Biasanya isi dari blog dummy tampilannya kurang menarik dan isinya terlalu kosong karena tergolong blog yang dibuat agak baru

2. blog lomba , blog yang isinya diikuti peserta untuk mengikuti kontes aja

3. blog gak bener yang isinya iklan-iklan obat kuat,viagra, rada porno dan semacamnya tak jarang iklannya susah di close ,juga ditemui iklan judi bola atau tebak score.

4. Blog pure SEO. Blog ini tampilannya kurang menarik. isinya kebanyakan TIPS dan TRIK SEO sendiri dan bahkan tak jarang si pemilik blog membuka layanan jasa SEO. Isi darini i konten blog biasa aja

5. Blog kombinasi SEO biasanya blog ini adalah blog yang sangat menarik, lebih profesional, baik dari gaya bahasa, content, tips dan trik bermanfaat, isinya banyak juga tentang ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Rating alexa dan kunjungan sangat bagus.

6. Blog Personal dimana isinya adalah personal blog. Biasanya tulisan dan tampilannya lebih ekspresif dari design dan templete yang dibuat. Isinya kebanyakan tentang pengalaman pribadi dengan gaya bahasa sehari-hari.


Pengalaman 4: 
kopi susu emagazine
 Bergabung di Batavianet juga tak lepas dari kegiatan menulis mulai dari nulis blog, menulis artikel untuk  untuk batavianet blog, maricari, dan juga menulis untuk beberapa e-magazine.


Pengalaman 5:

Sharing knowledge yaitu kegiatan yang dilakukan setiap hari jum'at, seperti kelas kuliah cuma lebih santai tapi tergantung materinya juga sih.  Kalau materinya berbau akuntansi pajak dan programer banget saya gak ikutan :), Selain sharing knowledge yang diadakan oleh kantor jauh sebelumnya di divisi saya sendiri ada meeting dan sharing seputar pekerjaan tapi beberapa bulan terakhir semenjak pindah kantor dan mas Sigit resign jarang diadakan kembali. Dan baru setelah detik-detik saya mau resign forum perdivisi tersebut aktif kembali tiap minggunya.

Itulah kira-kira kesan-kesan, serta pengalaman yang cukup berkesan buat saya selama di Batavianet yang mungkin belum tentu saya temui di tempat lain. Suasana kekeluargaan, keakraban, dan sering banget bercanda pas makan siang dan istirahat bahkan dulu sebelum pindah kantor. Waktu marketing masih satu lantai rasanya seru banget! Makanya tempat favorit anak-anak kayak Suwandi, Calvin, Jelly cs itu di ruang marketing buat nge ceng-cengin Nana atau Lydia.

 dan akhirnya saya lulus dari Batavianet 1 tahun 2 bulan dengan penuh kesan yang sangat menyenangkan bergabung dengan kantor yang orangnya sangat baik, seru, tidak ada jarak diantara satu sama lain bahkan atasannya sekalipun. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, semua pekerjaan pasti ada pembelajaran dan semua itu pasti ada manfaatnya buat kita dimasa mendatang sebagai proses belajar.


-Riza Firli-
31 Des 2013

Monday, 24 February 2014

Melatih Kreatifitas Anak Dengan Kracie Popin Cookin

sumber: figosy
Kracie Popin Cookin mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan Kracie Poopin Cookin, produk apa sih? kok terdengar kayak produk masak atau sejenis bumbu dapur ya?

Kracie Popin Cookin adalah sebuah permen anak-anak yang populer di Jepang.

Apa bedanya dengan permen-permen lain?
Bedanya Kracie dengan permen biasa adalah jika permen lain hanya berbentuk permen lalu kita makan. Tetapi kracie permen yang kita racik dan buat sendiri.

Lho kok buat permennya sendiri...? Susah dong...!

Permennya sih sudah jadi namun harus kita campurkan dan aduk-aduk dengan sedikit tambahan air dan dibentuk dengan cetakan yang tersedia. Tergantung jenis kracienya,ada kracie berbentuk burger, pizza, panda, sushi, dan bentuk-bentuk menarik lainnya.

Tak hanya bentuk-bentuk dan hasilnya yang lucu, namun bau dan rasa kracie mirip dengan makanan yang sesungguhnya.

Jadi...bagus atau tidak hasil kracie, tergantung dari masing-masing si pembuat. Masing-masing jenis kracie memiliki tantangan dan tingkat kesulitan tersendiri. Tetapi pada dasarnya permen ini sangat mudah dibuat karena ada panduan dan sudah tersedia cetakannya jadi kita tinggal mengikuti panduannya saja. Atau bisa cari-cari cara buatnya di youtube

sumber: figosy
Kracie Popin Cookin sangat cocok untuk anak-anak karena selain rasa permen ini yang enak. Kracie memiliki unsur edukasi,melatih kreatifitas serta keterampilan anak-anak.

Almeida Kezia - Rest of My Life Bruno Mars (covering)



sumpah ini suaranya Eda enak banget! covering lagu bruno mars yang rest of my life. Suka banget gue sampe puter 3x hari ini. Dan view lagu Rest of My Life yang dia covering di youtube channelnya udah sekitar 9000 view. Kayaknya emang niat banget ini anak buat jadi musisi handal dan makeup artist profesional :)

Thursday, 6 February 2014

Masih Maukah Jadi PNS!?




Tadi pagi gue ketemu temen di busway yang baru pindah kerja dari bank Mandiri pindah ke Bank ANZ. Di Bank Mandiri katanya abis masa kontrak, itu alasannya kenapa dia pindah. Eh ia gue juga baru pindah kok gak kerja di cengkareng lagi, sekarang lebih deket di slipi.

 Pas menuju perjalanan ke kantor kita ngobrol-ngobrol dan ada sebuah pertanyaan yang cukup mengelitik yang ditanyain ke gue.

Za, gue kemarin daftar dan ikut test CPNS loh! lo ada minat buat nyoba PNS gak sih?

singkat aja gue jawab enggak mau! MALES dan gak tertarik. Usut punya usut ternyata temen gue itu emang nyoba ikutan CPNS karena disuruh orang tuanya yang juga PNS. Sebenernya dia sendiri gak gitu mau karena juga kemarin dia harus bolos-bolos kerja buat urus sana-sini.

Emang sih kata orang jadi PNS itu enak!
 mau tau kenapa? mungkin bisa baca di artikel tulisan gue berikut >>   7 anggapan enaknya jadi PNS

Tapi buat gue jadi PNS itu bakal bosen, selain bosen mungkin karena birokrasi di negara kita ini agak ribet. Liat aja test masuknya aja bertahap-tahap, udah pasti gue gak bakalan  lolos dan bisa jawab itu test cpns. Selain test psikotes atau TPA ada juga test mata pelajaran IPS,Bahasa Indonesia, Matematika dll gitu kayak UJIAN NASIONAL. Mau jadi pegawai aja kok ribet banget!? padahal belum tentu juga tuh soal-soal bakal berhubungan dan keluar dikerjaan kita nanti.

Monday, 20 January 2014

Thursday, 2 January 2014

Loker Social Media Specialist Januari 2014




Ana Photo salah satu perusahaan dan juga selaku distributor perlengkapan fotografi dari brand-brand terkenal. Seperti Tripod Velbon, Hoya Filter, Lensa Tamron, Tas Kamera Tamrac, Flash Metz.

Membuka kesempatan berkarier untuk:



Social Media Specialist

Dengan syarat:
pria/wanita (max 30 tahun)
terbiasa menggunakan social media 
(Fb,twitter,instagram,blogger, tumblr, path, yahoo group, forum, pinterest, flickr dll)
lebih diutamakan yang memiliki pengalaman
dan mengerti camera/photography


send cv lengkap + recent photo
ke Bpk. Rizal Afif : marketing@ana-photo.com