Saturday, 31 January 2009

Sebanyak 33 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia masuk kelompok 5.000 PT terbaik dunia

berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Webometrics yang berkantor pusat di Madrid, Spanyol.Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dikeluarkan Januari 2009 pada situs www.webometrics.info kemarin, tiga perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka menempati posisi teratas untuk lingkup Indonesia, yakni UGM, ITB, dan Universitas Indonesia (UI). UGM berada di posisi ke-623 disusul ITB di urutan 676, kemudian UI di posisi 906.

Perguruan tinggi swasta (PTS) Universitas Gunadarma Jakarta berada di posisi ke-4 secara nasional dengan peringkat Webometrics di urutan 1.604. Capaian Gunadarma ini cukup mengejutkan karena posisinya jauh melampaui capaian PTN terkemuka seperti IPB yang berada di urutan 2.063, ITS (1.762), Universitas Brawijaya (2.152), dan Universitas Airlangga (2.672), yang selama ini dianggap sebagai PT papan atas.

Sementara itu, 50 perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics diborong PT Amerika Serikat (AS). Bahkan mulai peringkat 1-23 ditempati PT terkemuka negara yang dipimpin Barack Obama itu. Massachusetts Institute of Technology (MIT) berada di posisi 1, disusul Stanford University (2), Harvard University (3).

Di bawahnya University of California Berkeley Cornell University, University of Michigan, California Institute of Technology, dan PT terkemuka di AS lainnya. Kepala Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Nugroho Trisnu Brata mengatakan, Unnes pada 2009 masuk peringkat ke-4.800 berdasarkan pemeringkatan Webometrics.

“Hasil ini jauh lebih baik karena pada tahun-tahun sebelumnya Unnes tidak masuk 5.000 PT terbaik versi Webometrics,” paparnya di Semarang kemarin. Direktur Institute for Education Reform (IER) Universitas Paramadina Utomo Dananjaya mengatakan peringkat perguruan tinggi Indonesia termasuk rendah jika dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura, Hong Kong, India, dan China.

“Kita masih kalah jauh dibanding mereka. Perguruan tinggi kita belum mampu bersaing,” ujarnya. Menurut Utomo, hal ini akibat ketidakpedulian pemerintah terhadap pendidikan tinggi. Terlebih dengan disahkannya Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) yang memperlihatkan pelepasan tanggung jawab pemerintah untuk membiayai perguruan tinggi.

“Saya pikir untuk tahun-tahun mendatang peringkat perguruan tinggi kita akan semakin merosot ke level rendah,” katanya. Dalam UU BHP, lanjut Utomo, perguruan tinggi malah diberikan keleluasaan untuk mencari modal.Sementara pemerintah diberikan porsi yang lebih ringan dalam pembiayaan pendidikan tinggi.

Utomo berharap pemerintah yang memiliki anggaran besar dapat lebih bijaksana dan mau berkorban membiayai pendidikan tinggi. “Mengembangkan ilmu dan pendidikan memang butuh biaya besar. Siapa lagi yang memiliki uang kalau bukan pemerintah,” tandasnya.

Friday, 16 January 2009

Bunga Cempaka Savira awalnya cuma coba-coba


Bunga Cempaka Savira cewek kelahiran 31 Desember 1988 merupakan mahasiswi semester 5 di Fikom Moestopo selain kesibukannya sebagai mahasiswi. Ia juga mempunyai kegiatan sambilan seperti main Film layar lebar, modeling, dan juga menjadi wartawan lepas disebuah majalah. Bayank sekali kegiatan yang ia coba untuk menambah pengalamannya dan kali ini saya berkesempatan bertemu dengannya beberapa hari yang lalu di Senayan City untuk sekedar hangout bareng. Dulu sering sekali kita ingin jalan bareng tapi selalu saja susah mengatur waktunya tapi kemarin kita bertemu sama sekali enggak direncanain. Jadi waktu saat berada di sana awalnya saya hanya berdua dengan teman saya (vhiea) dan akhirnya saya menelepon Bunga untuk mengajak dia suruh kesini dan kebetulan dia kuliah hari itu pada sore hari. Jadi sebelum kuliah dimulai ia sempet mampir dulu ke Senayan City yang gak jauh dari tempatnya kuliah.

Perjalanan awal mula karier kamu gimana sih di dunia Entertain?
oh awalnya aku model avon waktu jaman-jaman masih SMA, terus aku ikutan model aneka tahun 2004 dan sempet menjadi favorit pembaca.

Awal mula kamu terjun film layar lebar gimana ceritanya?
waktu itu awalnya aku hanya mengantar temanku untuk ikutan casting. Pada saat dilokasi casting orang kru disana bilang "ini temennya gak sekalian aja ikutan
masuk?" terus akhirnya aku ikutan casting juga disana. Padahal waktu itu aku sama sekali gak ada niat untuk ikutan karena aku cuma mengantar temanku doang dan aku juga enggak membawa foto sama sekali saat casting tersebut tetapi ternyata akhirnya malah aku yang lolos casting. film genderuwo the movie itulah yang menjadi film pertamaku.

selanjutnya aku main film kedua "Puber" ceritanya waktu itu aku lagi jalan di mall saat aku sedang makan bersama bundaku. Lalu ada yang nyamperin gitu dan dia memberikan kartu nama lalu aku disuruh dateng untuk ikutan casting dikantornya.
Dan besoknya aku mendatangi PH tersebut bersama bundaku untuk ikutan casting. Aku gak muluk deh apalagi berharap buat lolos. Setelah casting selesai orang disana bilang " Nanti kita akan pertimbangkan lagi yah" Kalau cocok nanti kita hubungi lagi tapi akhirnya keputusan diambil hari itu juga dan lagi-lagi aku lolos casting.
Di Film Puber aku sama sekali enggak baca dulu naskahnya aku kebagian peran apa? Semua aku serahin sama Bunda dan saat waktu latihan reading aku bingung! kok Andika Gumilang kayak mau nyium aku dan ternyata aku baru tau kalau peranku di film itu emang ada adegan ciumannya dan Bundaku sama sekali sengaja gak ngasih tahu aku (mungkin ini pelajaran buat aku supaya membaca naskah sebelum menerima peran) Kupikir tadinyakan aku cuma dapet peran yang biasa-bisa aja yang enggak mesti latihan atau ngafalin naskah banget jadi aku nyantai aja. Tapi ternyata disitu ada adegan ciumannya dan parahnya lagi aku baru ketemu Andika hanya di lokasi syuting doang. Dan gimana caranya aku harus dapet feel memerankannya. Itu merupakan tantangan banget buat aku. Waktu take ambil adegan itu aku sempet diulang 5 kali take dan ciumannya sekitar 3 menitan. Tapi sayangnya karena film ini segmentasinya untuk remaja SMP jadi adegan ini dipotong oleh lembaga sensor Film dan pihak Rumah Produksi meminta maaf karena bukan maksud mereka untuk memotong adegan tersebut tetapi hal ini dilakukan oleh lemb aga sensor film.



Kamu juga sempet m
enjadi wartawan sekaligus modelnya ya?
oh ia waktu itu ceritanya aku magang di sebuah majalah khusus untuk Ibu Hamil. Jadi aku magang disitu karena ada tanteku yang bekerja disana. Pada saat ada sebuah acara aku kebagian untuk meliput acara tersebut disana ada banyak teman-teman wartawan dari majalah lain dan mereka pada menanyakan "ini bener wartawannya kalian?" kesannya mereka pada enggak percaya aku ini wartawannya mungkin karena aku masih muda Junior banget. Terus aku bilang kalau aku cuma magang di majalah ini dan mereka menawarkan aku unutuk menjadi model di majalah mereka dan aku bilang kalau dulu saya juga dari Aneka. Akhirnya aku mengisi rubrik fashion di majalah mereka dan aku juga ditawarin untuk magang disana setelah selesai aku magang disini.
Denger-denger kamu lagi main film yang ke-3 Premiernya kapan nih?
aduh jang
an ngomongin premiernya dulu! ini aja belum selesai masih dalam proses pembuatan udah lama proyeknya diundur-undur sampe Januari. Sekarang aja malah aku minta waktu buat kempesin ada satu jerawat dipipiku nih sebel deh he:)
Judul film ke-3 kamu apa sih? Sebenernya belum boleh dikasih tahu yah judulnya apa. Tapi nih sedikit bocorannya Filmnya masih betema-tema remaja gitu. Disitu aku bermain bersama Vino aku berperan sebagai gadis Bali dan aku disuruh menghitamkan kulitku supaya benar-benar mirip gadis Bali. Sayang banget nih susah nanti putihinnya lagi he:) makanya aku minta waktu lagi untuk ini.
Kamu suka dengan pekerjaan yang mana?
sebenernya sih aku suka semua main film, model, menjadi reporter tapi sekarang aku pinginnya nanti kerjakantoran, pingin banget kerja jadi sekertaris.

Bunga banyak membagi cerita dan sharing tentang pengalaman-pengalamannya dan tanpa sengaja tasnya tiba-tiba terjatuh dan saya membantu memasukan handphonenya yang terjatuh kedalam tas dan ternyata didalam tasnya saya tidak sengaja melihat sebuah mukena kecil (peralatan untuk sholat) yang ia sering bawa kemana-mana. Tak lama Bundanya menelepon dan mengingatkannya untuk sholat dan akhirnya saya mengantar dia untuk mencari musholla untuk melaksanakan Sholat Ashar sebelum ia berangkat kuliah. Salut banget untuk Bunga yang kemana-mana tak lupa melakukan sholat dia bilang "yah gimana lagi kan kita udah dikasih kenikmatan jadi yah sholat harus dong jangan lupa, rasanya udah tenang ,gak ada beban lagi kalau udah sholat.





Sunday, 4 January 2009

Friday, 2 January 2009

M. Eggi Hamzah SH, MH


Kini saatnya yang muda untuk tampil dan membawa perubahan bagi bangsa karena pemimpin yang muda itu ibarat kertas putih yang dapat digoretkan dengan tinta dan kita dapat membuat hal-hal yang baru dengan memulai dari hal-hal yang kecil untuk membawa sebuah perubahan. Golongan muda atau kaum muda juga masih mempunyai pemikiran yang fresh dan saat ini yang muda dapat membawa inspirasi serta hal-hal baru yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman saat ini. Menurut saya yang membedakan senior junior, profesional dan amatir hanyalah jam terbang dan banyaknya pengalaman. Dan kali ini seorang yang membawa inspirasi bagi kita kaum muda datang dari kota Bandung M. Eggi Hamzah SH, MH beliau adalah Caleg DPR RI no. urut 4 Dapil kota Bandung dan Cimahi Jawa Barat dari partai Golkar. Tapi saya disini bukan kampanye terselubung atau ajang promosi loh hehe. Saya sendiri aja bingung sebenernya tentang Pemilu karena baru tahun ini saya baru akan ikutan Pemilu. Banyaknya partai dan calon-calonnya membuat saya jadi bingung harus pilih yang mana? Ditambah lagi sistem dan prosedur Pemilu 2009 yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.


M. Eggi Hamzah pria kelahiran Bandung 28 Agustus 1978 ini selain sekarang sibuk mempersiapkan diri dalam pemilihan calon legislatif pemilu 2009 mendatang. Ia seorang yang sangat aktif dalam organisasi sekarang ia menjabat sebagai ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat dan jabatan tersebut sudah dua periode disandangnya dari tahun 2003-2006 dan 2006-2009. Selain itu ia juga sibuk melanjutkan kuliah s3 program Pasca Sarjana di Universitas Padjajaran ditengah-tengah kesibukannya yang juga sebagai Direktur utama PT. Karsa Prima Niaga dan PT. Laju Mandiri Prima





Banyak orang bilang kalau kita mau sukses itu belajarlah dari orang sukses. Apa sih kiat-kiat kunci sukses aa’?

Kiat Sukses..jujur dan kerja keras untuk memperoleh ide

serta dipercaya orang lain



Pendidikan itu mempengaruhi atau tidak sih dengan pekerjaan orang nantinya?

Pendidikan adalah basic dasar. Tapi pendidikan kan tidak hanya bisa kita dapat disekolah, sehingga banyak orang kerja diluar bidang kuliahnya



menurut aa' gimana sih salah satu cara yg efektif untuk mengatasi pengangguran di Indonesia apalagi sekarang banyak perusahaan yang terkena dampak krisis global..?

penganguran di indonesia hanya dapat di atasi dengan membudayakan cinta produk dalam negeri dan mengurangi produk impor, sehingga supply and demandnya terjaga



Kompetisi

Kompetisi menurut saya pribadi adalah ajang dimana kita menunjukan bakat dan kemampuan yang kita punya. Kompetisi itu sendiri banyak sekali jenisnya dari kompetisi pemilihan model, kompetisi sains, olahraga, kejuaraan-kejuaraan, dan masih banyak lagi. kompetisi itu sendiri merupakan ada sepanjang hidup kita karena dalam hidup ini kita harus berkompetisi misalnya saat di sekolah diadakannya ujian atau ulangan itu merupakan sebuah kompetisi kemampuan belajar siswa dimana kita harus bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal. Dari kompetisi kita juga dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan kita dan kita juga akan mendapat pengalaman dan pembelajaran dalam hidup kita agar menjadi diri yang lebih baik lagi dimasa depan. Berikut ini saya telah mewawancarai beberapa orang teman dan narasumber yang sering mengikuti berbagai kompetisi dan semoga ulasan blog ini dapat bermanfaat yah ^^

Ditasya mpok bekasi

Awal saya kenal dengan Ditasya cewek kelahiran Jakarta, 3 juni 1987 ini pada saat kami bekerjasama dalam sebuah acara amal pada bulan ramadhan 2007 saat itu ia mengisi acara sebagai MC di MGK kemayoran bersama Finalis Putri Indonesia,T2, Juliant idol dan temen-temen idolnya. Kesan pertama saat bertemu dengan ditasya orangnya supel dan friendly banget terus cantik mukanya agak-agak mirip indo jadi inget vj cathy dan badannya tinggi pula nih anak hehehe. Waktu ngobrol-ngobrol sama mahasiswi semster 5 fakultas ilmu komunikasi Y.A.I ini katanya waktu itu dia tertarik banget pengen ikutan Puteri Indonesia. Kabar terakhir yang saya dapat dia itu ikutan Abang Mpok Bekasi 2008 dan ia menjadi pemenangnya ckckck MPOK BEKASI nih sekarang dhy hehehe.. Dan beberapa bulan yang lalu ia juga sempat ikutan Mojang Jejaka(MOKA) Jawa barat.



Ditasya bersama T2 saat acara amal di MGK



Apa sih yang kamu cari dalam setiap kompetisi ?

pertama Achievment, knowledge, responsibility dan networking...

kompetisi mendapatkan teman itu pasti, pengalaman juga pasti

gak muluk za, tiap kompetisi mau mendapatkan penghargaan.apalagi menang..

setelah itu, pelajaran dari kompetisi itu. Bukan sekedar teman dan pengalaman, pasti ada pelajaran lebih..dan setelah itu, tanggung jawab sesuai kompetisi yang diikutin..



Apa sih yang kamu persiapkan ketika akan mengikuti kompetisi ?

persiapan??pada dasarnya, go ahead aja..gak ada persiapan khusus..mental dan materi yang paling penting. .



Persiapan kompetisi apa yang melelahkan buat kamu?

yang paling melelahkan..adalah karantina MOKA karna pas abang mpok, cuma outbond..pas moka, harus bawa baju banyak banget.3 koper bo'
bangun jam 5 tidur jam 2,fisik dan mentall blom lagi ngadepin senior yang sok galak.heehehehe..



Kontes lainnya yang kamu ikuti apa aja?

kontes lain..nothing.hahaha.cuma abang-mpok dan moka jabar..

lebih suka kompetisi untuk suatu tempat di organisasi..dan pekerjaan..

sering ikutan lomba band waktu sma..lomba nyanyi..

kalo presenter, gak pernah lomba..itu job.hehehhe..

pernah ikut lomba presenter sekali..kalah..hahahaha



Maanfaat yang kamu dapat dari setiap kompetisi bagi diri km sendiri apa?

networking...dan mengenal orang banyak, bahwa tak semua orang sama..
belajar menyesuaikan diri lebih baik..plus,,tetap berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap hal..



Kamu betcita-cita jadi apa?

cita-cita..jadi orang sukses disetiap bidang yang dijalani..hehehe