Pasti Dikasih Lebih Jika Membeli Produk Asuransi Plus Investasi

image: pexels
Setelah sebelumnya saya menulis mengenai 6 Kesalahan millenial yang membuatnya sulit menabung dan pentingnya memiliki kesadaran asuransi”. Ternyata, cukup banyak animo pembaca dari blog saya yang meninggalkan jejak di kolom komentar untuk berdiskusi. View pada artikel tersebut, juga lumayan besar selama kurang lebih 1-2 minggu terakhir.

Oleh karena itu, saya kembali tertarik untuk membahas soal financial atau keuangan dari sudut pandang saya sebagai generasi millenial.

Pelajaran investasi, asuransi dan keuangan. Sebenarnya, sudah saya dapatkan dari bangku kuliah beberapa tahun silam saat kuliah di jurusan Bisnis Manajemen. Dan waktu skripsi saya pun melakukan penelitian di perusahaan asuransi kredit.

Setelah beberapa tahun bekerja di dunia digital, saya sempat menjadi pengisi content keuangan/bisnis/marketing untuk anak muda pada sebuah web media edukasi yang dimiliki salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, menjelang akhir 2014.

Terakhir, dari November 2016.  Saya dipercaya menjadi contributor, editor,  sekaligus moderator forum bisnis online nasabah prioritas pada bank swasta tersebut, selama kurang lebih 1,5 tahun.

Secara pribadi, menurut saya berinvestasi itu lebih menguntungkan. Sebab, jika kita hanya menabung jumlah uang kita akan terus berkurang termakan oleh inflasi setiap tahunnya. Angka inflasi Indonesia tercatat dalam situs Bank Indonesia berdasarkan perhitungan inflasi tahunan di Agustus 2018 sebesar 3.2%

Jika kita lihat pergerakan inflasi sejak 2017-2018, angka inflasi Indonesia naik turun dan terbilang masih rendah jika dibanding Argentina yang memiliki angka inflasi hingga 30%.

Meski demikian, dampak dari inflasi sering kali membuat orang-orang khawatir. Bagaimana tidak, jika dulu kita bisa membeli telur dengan harga Rp12.000/kg. Sekarang harga telur mencapai Rp 23.000,-

Sekitar 10 tahun lalu, mungkin saya cukup dengan uang jajan saat kuliah Rp 25.000/hari. Tapi sekarang, ketika adik saya yang kecil masuk kuliah tahun ini. Paling sedikit ia menghabiskan Rp. 50.000,- bahkan lebih, karena banyak kegiatan diluar kampus seperti les bahasa dan mengikuti club olahraga.

Lalu, produk investasi apa sih yang cocok untuk para milenial ?
Himawan Purnama -AVP Head of Product Development- Prudential Indonesia

Saat ini saya sudah memiliki beberapa produk investasi seperti reksadana, saham, emas dan tak lupa asuransi jiwa beserta produk tambahannya. Sebab saya sadar betul, kesehatan itu mahal harganya dan kesehatan merupakan investasi kita jangka panjang.

Coba bayangkan apabila kita sakit, berapa besar biaya yang nantinya akan keluarkan  untuk membayar rumah sakit, membeli obat dan lainnya? 

Maka, investasi dan asuransi menurut saya  dua hal yang cukup penting dimiliki oleh kita sebagai anak generasi milenial.

Tetapi, bagi mereka yang belum melek dengan literasi keuangan. Pastinya akan cukup sulit memahami berbagai macam produk keuangan dan manfaatnya.


Oleh karena itu, saat ini hadir produk asuransi plus investasi yang bernama unit link. Produk ini, dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dan menjadi  produk yang semakin diminati masyarakat karena beragam kelebihan dan manfaatnya.


Selain mendapatkan proteksi jiwa, uang yang kita taruh pada unit link  jumlahnya bisa terus berkembang karena produk ini memiliki instrument investasi di dalamnya.

Gampangnya, produk unit link adalah inovasi produk yang ciptakan perusahaan asuransi untuk menjawab kebutuhan kita yang tidak ingin ribet atau pusing memiliki asuransi dan investasi sekaligus.

Produk unit link juga transparan dan sangat fleksibel. Bahkan, produk ini cukup memudahkan nasabah untuk mengalokasikan uang mereka. Berapa persen untuk asuransi dan berapa persen untuk investasi, semuanya bisa kita atur  sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita di masa depan.

Sedangkan untuk instrumen investasi dalam produk unit link,  bisa kamu pilih sendiri.Apakah mau di pasar uang, saham, campuran dan lainnya. Tentunya, agent asuransi akan membantu kamu dalam menghitung dan menyesuaikan produk yang cocok berdasarkan profile resiko masing-masing nasabah.

Jika kamu berpikir membeli unit link akan rugi, karena lebih baik membeli asuransi dan investasi secara terpisah. Memang pendapat ini tidak salah.

Tapi coba kamu telaah, apa bisa produk investasi ‘tok’ memberikan kamu manfaat yang lebih?

Ada loh, orang yang sudah mengumpulkan uang banyak pada usaha dan investasinya, Namun tiba-tiba memiliki sakit kritis dan harus membayar pengobatan rumah sakit yang cukup mahal. 

Hal ini, mengingatkan saya dengan beberapa selebritis tanah air, ketika mereka tiba-tiba harus berjuang melawan penyakit kritis. Bayangkan, bertahun-tahun mereka bekerja siang malam, namun setelah uang mereka terkumpul, uang mereka tersedot banyak oleh biaya rumah sakit.

Memang takdir seseorang Tuhan lah yang menentukan. Tapi, paling tidak kita bisa meringankan biaya-biaya dari risiko yang tidak kita inginkan tersebut.

Mengingat, gaya hidup anak milenial saat ini kurang memerhatikan kesehatan. Saat ini banyak anak usia muda teman-teman saya sudah terkena kolesterol, asam urat,  gula, penyakit jantung, hingga kanker. Yang mungkin, akibat  dari pola konsumsi dan pola hidup yang kurang sehat.

PRUlink generasi baru dan PRUlink Syariah generasi baru Pasti Dikasih Lebih
Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia
Untuk membeli produk unit link, kamu bisa membelinya pada perusahaan asuransi jiwa yang memiliki track record baik seperti PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Perusahaan ini, merupakan bagian dari Prudential plc, London, Inggris.

Secara pribadi, saya lebih prefer merekomendasikan kalian produk asuransi asing. Sebab dalam pelayanannya, asuransi asing sudah memenuhi standard international, ditambah asuransi asing memiliki banyak rekanan rumah sakit SOS international.

Selain itu, produk unit link dari Prudential misalnya. Ada beberapa instrumen investasinya yang ditanam di luar negeri. Yang sudah pasti kamu bakal Pasti Dikasih Lebih karena investasi di luar itu menggunakan kurs dollar.

Pada 20 September 2018 lalu, Prudential meluncurkan produk  terbarunya yaitu PRUlink  Generasi  Baru dan PRUlink Syariah Generasi  Baru. Produk baru ini, merupakan  hasil  dari  mendengarkan dan memahami beragam kebutuhan nasabah serta kebutuhan masyarakat di Indonesia akan perlindungan yang mencukupi.

Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan, tren di industri asuransi menunjukkan produk unit link terus diminati masyarakat dan menjadi pendorong pertumbuhan industri asuransi jiwa.

“Kami  bersyukur  Prudential  terus  dipercaya  sebagai  pemimpin  pasar  melalui  produk-produk asuransi jiwa unit link kami. Kami terus meningkatkan keahlian kami, dan kali ini menawarkan kepada para nasabah dua inovasi produk unit link terbaru Prudential, yaitu PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru,” ungkap Jens di Jakarta, Kamis (20/09/2018).

Berdasarkan hasil survei, Prudential melihat mayoritas konsumen menekankan kebutuhan mereka untuk memersiapkan masa pensiun, biaya rumah sakit, pendidikan anak, serta perlindungan sakit kritis sebagai alasan utama dalam memilih produk unit link.

“Masyarakat perlu memahami betul apa kebutuhan masa depan mereka, rencana keuangan jangka panjang dan toleransi mereka terhadap risiko, serta mempelajari jenis-jenis produk asuransi jiwa mana yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan mereka sebelum memilih. Produk unit link dengan ragam manfaat tambahan serta potensi hasil investasi jangka panjangnya dapat menjadi solusi tepat dalam memenuhi kebutuhan di tiap tahapan kehidupan yang berbeda,” tambah Jens.  

Adapun PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru menawarkan beragam fitur-fitur utama yang inovatif dan menjadi unggulan sebagai berikut :



PRUlink generasi baru

adalah produk asuransi jiwa terkait unit link terbaru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayar Premi. PRUlink generasi baru memberikan perlindungan berupa Uang Pertanggungan hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi. PRUlink generasi baru juga membantu Anda untuk merencanakan warisan atas potensi hasil investasi dan memulai dengan solusi yang terjangkau sejak tahap awal kehidupan Anda.

Selain itu, melalui produk ini Prudential Indonesia menghargai setiap Rupiah yang Anda keluarkan untuk membayar Premi sejak Polis terbit dengan PRUbooster investasi. Prudential Indonesia berkomitmen untuk membantu Anda mempersiapkan masa depan dan Impian Anda.


Manfaat:

  1. Tambahan Alokasi Investasi yang diberikan sejak polis terbit sebesar 5% dari Premi Berkala untuk 10 tahun pertama, dan untuk tahun polis selanjutnya akan diberikan sebesar 10% dari Premi Berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk PRUbooster investasi.
  2. Pilihan untuk meningkatkan Uang Pertanggungan (UP) Asuransi Dasar dan Asuransi Tambahan PRUlink term (jika ada) sebesar 5% setiap tahunnya secara otomatis tanpa seleksi risiko kembali sampai dengan Tertanggung berusia 55 tahun atau 10 tahun sebelum Tanggal Akhir Pertanggungan, mana yang lebih dulu terjadi dengan PRUbooster proteksi
  3. Untuk Polis dengan UP minimum Rp 200 juta akan mendapatkan tambahan sebesar 100% UP Asuransi Dasar PRUlink generasi baru apabila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan sebelum berusia 70 tahun.
  4. Alokasi Investasi positif sejak Tahun Pertama
  5. UP Asuransi Dasar akan tetap dibayarkan apabila Tertanggung hidup sampai dengan usia 99 tahun.
  6. Pilihan Manfaat Asuransi Tambahan yang komprehensif.
  7. Adanya fleksibilitas untuk Pemegang Polis untuk mengatur pilihan investasi sesuai dengan profil dan tujuan keuangan Pemegang Polis.



PRUlink syariah generasi baru

adalah inovasi produk asuransi jiwa dengan prinsip syariah terkait unit link terbaru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayar kontribusi. PRUlink syariah generasi baru memberikan perlindungan berupa Santunan Asuransi hingga usia 99 tahun dan juga membantu Anda untuk merencanakan warisan atas potensi hasil investasi Anda dengan PRUbooster proteksi.

Selain itu, melalui produk ini Prudential Indonesia menghargai setiap Rupiah yang Anda keluarkan untuk membayar Kontribusi sejak Polis terbit dengan PRUbooster investasi. Prudential Indonesia berkomitmen untuk membantu Anda mempersiapkan masa depan dan Impian Anda.


Manfaat:
  1. Tambahan Alokasi Investasi yang dibayarkan sejak polis terbit sebesar 5% dari Kontribusi Berkala untuk 10 tahun pertama, dan untuk tahun polis selanjutnya akan diberikan sebesar 10% dari Kontribusi Berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk PRUbooster investasi.
  2. Pilihan untuk meningkatkan Santunan Asuransi atas Asuransi Dasar dan Asuransi PRUlink term syariah (jika ada) sebesar 5% setiap tahunnya secara otomatis tanpa seleksi risiko kembali sampai dengan Peserta Yang Diasuransikan berusia 55 tahun atau 10 tahun sebelum Tanggal Akhir Kepesertaan, mana yang lebih dulu terjadi dengan fitur PRUbooster proteksi.
  3. Untuk Polis dengan Santunan Asuransi atas Asuransi Dasar minimum Rp 200 juta akan mendapatkan tambahan 100%. Santunan Asuransi atas Asuransi Dasar PRUlink syariah generasi baru apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia akibat kecelakaan sebelum berusia 70 tahun.
  4. Alokasi Investasi positif sejak Tahun Pertama
  5. Santunan Asuransi atas Asuransi Dasar akan tetap dibayarkan apabila Peserta Yang Diasuransikan hidup sampai dengan usia 99 tahun.
  6. Pilihan Manfaat Asuransi Tambahan yang komprehensif.
  7. Adanya fleksibilitas untuk Pemegang Polis untuk mengatur pilihan investasi sesuai dengan profil dan tujuan keuangan Pemegang Polis
  8. Surplus Underwriting, dana yang akan diberikan kepada Pemegang Polis yang berhak bila terdapat kelebihan dana dari rekening Tabarru’. Pembagian Surplus Underwriting sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
65% dibagikan kepada seluruh Pemegang Polis;
20% dari kelebihan tersebut akan tetap disimpan dalam Dana Tabarru’; dan
15% merupakan hak dan diserahkan kepada Pengelola Ketentuan yang rinci mengacu pada Polis.
#PRUlinkGenerasiBaru #PRUlinkSyariahGenerasiBaru #PastiDikasihLebih

Pasti Dikasih Lebih Jika Membeli Produk Asuransi Plus Investasi Pasti Dikasih Lebih Jika Membeli Produk Asuransi Plus Investasi Reviewed by Riza Firli on September 26, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. saya membeli prulink syariah sejak 2016, dari sekilas tulisan diatas memang ada beberapa perbedaan dengan yang lama seperti pembagian persentase surplus underwriting, tahun pertama alokasi investasi ada, kalau yang lama 0% alias akuisisi hingga 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bang sabda kan generasi baru jadi #PastiDikasihLebih

      Delete

Powered by Blogger.