Agar Tidak Menyesal, Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli AC

source :buckleyhc 
Air Conditioner atau yang sering disebut dengan AC. Merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia di kota-kota besar apalagi kota yang panas seperti Djakarta.

Bayangin dong gimana kalau kantor kamu AC centralnya mati selama satu minggu? Atau bayangin gimana rasanya gak bisa tidur karena kepanasan di malam hari? Pasti riweh kan bawaannya jengkel dan gatel lengket pengen mandi ?

Atau bayangin deh AC di busway lagi mati atau di commueter line Jabodetabek yang sedang penuh sesak itu mati? Gerahh banget bukan? Pastinya!

So.. Jadi gapapa dong kalau gue bilang AC itu adalah kebutuhan pokok manusia khususnya manusia yang tinggal perkotaan dan yang daerahnya panas gersang ?

Oke, saya lanjutkan buat kamu yang setuju. kalau yang gak setuju mungkin kata "yang" akan gue ganti dengan kata beb.. "gue lanjutin ya beb jika setuju" hahaha..

Sebenernya gue mau cerita pengalaman gue dulu nih gue punya AC merek P  dan yang satu lagi merek S. Perbedaan merek ini adalah beda hurufnya, eh beda harga, beda kualitasnya dan tingkat kecepatan kedinginannya dan terakhir tingkat kelistrikannya.

Ada yang agak lebih boros karena nyedot listrik pertamanya tinggi, ada yang hemat tapi agak lama dinginnya.

Jadi gimana dong? Nah, buat kamu kamu yang bingung. Perhatiin nih tip  membeli AC agar kamu tidak terjebak atau nyesel karena salah memilih :

1. Daya Watt
Sebenernya sih saya gak gitu ngerti tentang kelistrikan, tapi paling gak kamu harus cari tahu dulu berapa watt listrik PLN dirumah. Ini berpengaruh loh, karena kalau watt kamu kurang. AC gak bakal nyala, atau jika listriknya mepet ketika kamu nyalain beberapa elektronik listrik bisa kejepret tegangan listrik. Maka sesuaiin aja ketika  membeli AC dengan daya watt yang sesuai

2. Luas ruangan
Yang saya tahu, sebelum membeli AC itu selalu ditanyaiin PK. Mau berapa PK?
sebagai gambarannya untuk ruangan 10m  1/2 Pk, 14m 3/4, 18m 1Pk, 24m 1.5 PK, 36m 2PK

Berhubung dirumah nyalain AC buat dikamar dan kamar juga gak terlalu besar. Saya menggunakan AC 1/2 PK dan satu lagi kayaknya 3/4 PK. Makanya saya gak gitu ngeluh kalau AC yang satu cepet dingin dan satu lama dinginnya, lah wong PK nya aja udah beda, wattnya pun beda. Jadi paham ya, sesuaiin aja kebutuhannya sebab ini berpengaruh juga sama tagihan listrik tiap bulannya.

Untuk solusinya, jika daya listrik kurang. Kamu  bisa menambah daya listrik terlebih dahulu sebelum membeli AC. Namun katanya, kalau  nambah daya listrik saat ini otomatis kamu akan menjadi pelanggan listrik PLN prabayar yang berarti harus mengisi pulsa / token tiap kali habis.

Kebayang dong, kalau kehabisan listrik malem-malem? Kamu harus buka situs e-commerce kayak Tokopedia atau Bukalapak di hp buat isi token listrik. Terus, apesnya pas mau bayar smartphone kamu  lowbatt, atau kuotanya abis. *kelar sih

Mau  pakai telepon rumah buat telepon temen minta tolong. Sekarang pun, telepon rumah sudah diganti  fiber optik. Yang dimana, telepon baru bisa nyala dan akan tersambung kalau terhubung dengan modem, yang modemnya pun juga harus pakai listrik. *duhh segitu ribetnya hidup hahahha

3. Tipe AC
Nah, ada tiga tipe AC yang biasanya sering ditawarkan yaitu low watt (cocok bagi yang memiliki listrik dengan daya watt rendah). Ada pula tipe standart dan inverter (ini hampir mirip tapi tetap ada bedanya).

Kasarnya Inverter itu adalah sebuah alat atau teknologi yang disematkan di AC untuk mengubah arus DC (searah) menjadi AC (bolak balik). Digunakan untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik atau converter drive. Sehingga AC yang menggunakan teknologi ini bisa nyala lebih lama dengan biaya listrik yang lebih hemat hingga 26%.

4. Jangan yang abal
Ya ia dong! AC itu harus bermerek, masa ia kamu mau beli AC  merek abal-abal yang kurang terpercaya? Belum lagi kalau  sulit service dan sparepartnya. So..Lebih baik keluar uang lebih di awal tapi barang yang kamu beli bisa awet hingga 10-15 tahun. Dari pada murah, tapi 2 tahun  cepet rusak dan ribet untuk services dan ganti sparepartnya. Yang dimana biaya tersebut juga tidak murah.

5. Apakah harus merek luar negeri?
Sebenarnya ini pilihan ya, mau merek apa dan buatan mana. Tetapi kalau produk-produk yang menggunakan teknologi Jepang nampaknya saya lebih yakin. Misalnya aja pompa air SANYO yang digunakan oleh keluarga saya dirumah.

 Pompa air tersebut, sudah ada sejak saya kelas 2 SD kia-kira tahun 1997 dan sekarang 2018. Mesin airnya baru pernah rusak karena kabelnya digigit tikus doang. Tapi mesinnya belum pernah rusak dan pernah rusak lagi  karena sakelar otomatisnya rusak dan lagi-lagi itu bukan kerusakan  pada mesin.

Dari 1997 ke 2018 berarti berapa tahun ya? Iya benar sekali, sudah 21 Tahun mesin pompa air SANYO saya telah mengabdi tanpa pernah mengeluh meski saya mandinya sering lama.

Lalu, kemana sekarang merek SANYO? 

Kalau kamu ngeh, 2-3 tahun terakhir ini. SANYO di Indonesia sudah  re-branding menjadi AQUA Japan (bukan AQUA DANONE yahh!).

Pernah ingat dengan  iklan AQUA Japan yang dibintangi Andre Taulani ?



Pasca SANYO diakuisisi oleh Haier (perusahaan elektronik Tiongkok yang sudah mengglobal dan produknyabanyak digunakan di Eropa hingga Amerika). SANYO di Indonesia melakukan re-branding menjadi AQUA Japan.

Dan tahukah kamu? Merek SANYO sudah ada di negeri ini sejak 1970.  Setelah berusia 45 tahun, tepatnya sejak November 2015 nama AQUA Japan mulai diperkenalkan di Indonesia.

Jadi ingat ya saudara-saudara, kita  harus bisa move on dan sudah tidak boleh panggil  SANYO lagi. Tapi memanggilnya dengan AQUA Japan.


6. AC AQUA Japan

Selain memproduksi lemari es, TV, water heater dll. AQUA Japan juga mengeluarkan AC. Nah, saya kan jadi penasaran nih sama produk AC yang dikeluarkan AQUA Japan. Apa sih bedanya? dengan merek-merek lain?

Menjawab rasa penasaran tersebut. Akhirnya saya datang ke acara launching AQUA Japan untuk AC Nebula Series yang diselenggarakan di Lucy In The Sky, SCBD (24/4/2018). Tempatnya tidak jauh dari Pacific Place.

Ternyata oh ternyata..!

Nebula Inverter Series AQUA Japan memiliki berbagai teknologi yang disematkan kedalam produknya.




Self Cleaning 
AC yang bisa mencuci dirinya sendiri (self cleaning). Nah, di Nebula Series AQUA Japan sudah punya nih teknologi tersebut. Jadi kamu gak perlu repot membersihkannya karena nantinya dia bisa beku otomatis gitu.

Nano Aqua Generator
Sering mengalami kulit kering karena terlalu lama di ruangan ber AC? Tenang! AC AQUA Japan Nebula Inverter memiliki teknologi Nano Aqua Generator. Dimana, ia dapat meng-ionisasi molekul air di udara. Sehingga mampu memurnikan udara dan menjaga kelembapan kulit. Teknologi nano ini juga dapat menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri.

Wifi
Zaman now, kayaknya kurang lengkap kalau tidak IOT (internet of things). AC Nebula Series, sudah bisa terhubung dengan smartphone. Dan nantinya, kamu tinggal meng-install aplikasi di smartphone dan kamu dapat mengatur AC dari jarak jauh. Keren kan?

Air Fragrance
Essential oil aroma teraphy, sekarang emang lagi hits banget kan dijual di mall-mall gitu. Nah, buat kamu yang hobi dengan essential oil. AC Nebula Series ini memiliki sebuah kotak penyimpanan khusus untuk essential oil di dalamnya.

Jadi, kamu gak perlu lagi beli diffuser. Oh ya, Selain memberikan keharuman,  essential oil memiliki berbagai fungsi seperti memberikan ketenangan, menjaga imunitas serta mengurangi stress.
Agar Tidak Menyesal, Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli AC Agar Tidak Menyesal, Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli AC Reviewed by Riza Firli on April 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.