Jangan Hanya Gelapnya, Yuk Bahas Sisi Terang Dunia Model

Model itu makan kapas om kapas, kapas ! itulah yang dikatan oleh Galatia Gea Amanda Laurence Lim 'Gala Gea' juara 1st Runner-up Indonesia's Next Top Model.

Sontak sepenggalan video reels instagram tersebut mendapat banyak komentar dari para model senior seperti Kelly Tandiono dan juga Wita Juwita. 

Namun kegaduhan tersebut, ternyata usut-punya usut hanyalah demi content (angle content). Hmmmm kok miris juga ya membuat konten yang membuat orang-orang takut jadi model? Padahal dunia model gak seperti yang ia katakan apalagi harus makan kapas. 

Saya pun jika disuruh makan kapas basah "mana mau" dan apa rasanya coba ? Ada-ada aja.

Padahal ada banyak sisi terang dunia model yang bisa kita lihat seperti berikut ini :

1. Dunia Modeling adalah gerbang seseroang untuk memasuki dunia entertainment 

Dahulu, sebelum ada sosial media seperti Instagram, Tiktok dan lainnya. Untuk menjadi terkenal itu tidak mudah. Maka pemilihan model di majalah, pemilihan model di mall, pemilihan model dari sebuah brand menjadi jalur percepatan untuk memasukinya. Namun bedanya, pemilihan model ini tak sembarang memilih kandidat sebab mereka sudah diseleksi, bahkan ada proses karantina dan disana mereka diberikan pembekalan dari modeling, acting dan public speaking oleh para mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Banyak yang berawal dari modeling lalu merambah dunia presenter, acting dan lainnya.

Baca juga: Pemilihan Model Majalah Mungkin Suatu Saat Tinggal Cerita 


2. Menyandang gelar "Model" atau "Super Model" menjadi nilai tambah dan meningkatkan kepercayaan diri

Saat memasuki ke dunia profesional, baik itu dunia karier, bisnis dan lainnya. Jika kamu memiliki title "Model" atau bahkan "Super Model" maka itu menjadi nilai tambah yang memudahkan kamu untuk bekerjasama dengan banyak pihak. Bahkan dunia modeling ini adalah dunia kolaborasi seorang model itu secara tidak langsung sudah otomatis bekerjasama dan menjalin koneksinya dengan makeup artist, designer, fashion stylist, koreografer, music director, brand, hingga fotografer dan lainnya. 

Dunia model adalah dunia kolaborasi dimana kamu bisa menjalin networking yang sangat mudah.


3. Dunia model memang ada sisi gelap tapi tergantung kita membawanya

Jangankan di dunia model, di setiap dunia pekerjaan pasti ada sisi gelap dan sisi terang. Sisi gelap atau sisi negatif itu bisa kok kita meminimalisir asalkan kita bisa menjaga diri, tahu batasan, dan takut akan Tuhan. Misalnya dunia model identik dengan glamour, party, dugem, pergaulan bebas. Ya semua tergantung lagi kalian mau bawanya ke arah mana.

Banyak kok yang dugem tapi minumnya orange juice tidak mau minuman beralkohol. Atau sekedar minum tapi tidak mabuk-mabukan. Ya, semuanya pilihan karena balik lagi kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita pilih.

4. Jenjang karir model dan honor yang mengikuti

Setiap pekerjaan tak terkecuali seorang model juga memiliki jenjang karir. Dari model new bie, model daerah, model nasional, hingga model yang sudah go internasional. Untuk rate card model juga berbagai macam tergantung nilai project yang ditawarkan maupun yang kita tawarkan. 

Misalnya contoh untuk iklan bisa  Rp5-10 juta, tapi untuk pemotretan majalah bisa under Rp1 juta. Ya, semuanya tergantung dari projectnya mau kamu ambil atau enggak. 

Kadang gini, pemotretan biasa memang harganya bisa under Rp1 juta. Saat si pemberi project suka dan besok ada project yang lebih besar. Bisa saja nanti kita dihubungi kembali, karena kita memiliki ettitude yang baik, "nerimo", menghargai sekecil apapun nilai project yang diberikan dengan profesional.

Jadi sebaiknya jangan lihat dahulu dari nilai project tapi nilai peluangnya dimasa depan. Untuk mengerjakan hal besar pasti dimulai dari hal kecil bukan?


5. Hidup lebih disiplin dan teratur

 

Menjadi seorang model sudah pasti memiliki kedisiplinan yang tinggi, bagaimana tidak? Saat ada fashion show baik itu fashion show kecil di mall atau fashion week berskala nasional. Setiap model sudah di GR dari pagi, bahkan saat mall atau gedung tersebut masih belum dibuka untuk umum. 

Hidup disiplin atau terorganisir ini menjadi kebiasaan diri, belum lagi mereka harus menjaga pola makan dan juga olahraga teratur untuk menjaga badan dan juga stamina saat bekerja.

Oke itulah sisi terang dunia model yang setidaknya bisa kita ambil positifnya. Dan buat kamu yang mau menekuni dunia model, ingat setiap pekerjaan itu pasti ada resikonya. Setiap keputusan yang diambil pasti ada konsekuensinya...

Comments

  1. Udah mati lama kalo model makannya cuma kapas 🤣. Atau yg dia maksud arum manis gulali kali ya mas 😄

    Aku suka sih ngeliat postur dari para model, tinggi, langsung.. tau diri aja badanku pendek, ga mungkin bisa kayak gitu. Makanya aku suka ngikutin acara Asia next top model dulu. Walo yg dijagoin selalu dari Indonesia, tapi kadang ngeliat model dr negara lain yg lebih tinggi langsung kagum aja gitu 😁. Dan bener sih mas, JD model itu disiplin harus kuat Yaa. Orang mungkin mengira ya kerja gampang cuma lenggang lenggok. Padahal, perjuangan utk menjaga badan, dan belajar teknik2 modelling aja udah nguras tenaga banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kayak gak mungkin sih mereka dikasih makannya kapas..hahahaa

      postur model memang memiliki kriteria yang bisa dibilang perfect untuk komersial, pemotretan dll..

      aku jg suka dulu nonton asia's next top model tapi cuma cycle 4 terakhir abis itu gk ngikutin lagi

      Delete
  2. Inilah kehidupan, hanya ada 2 pilihan, gelap atau terang, kanan atau kiri, bagus atau jelek 😁

    ReplyDelete

Post a Comment