Pengalaman membeli iphone 13 pro max online di Eraspace.com



Sudah 1,5 tahun ini saya hidup tanpa google, maksudnya tanpa google di Smartphone Android saya. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena 1-2 hari setelah saya membeli hape Huawei p40pro saya juga membeli hp xiaomi note 9pro dari teman kantor lama saya dengan harga lebih miring di banding harga toko.

Alasan saya menggunakan hp dua selama kira-kira 1,5 tahun  ini karena ya itu tadi, tidak ada google play dan akun grab saya tidak ada peta (Gmap). Jadi ceritanya waktu itu, saya gak bisa lihat si abang Grab udah ada dimana.

Bahkan akun saya sempat ke band  2x oleh pihak aplikasi Grab dikarenakan mungkin

1. saya tidak menggunakan aplikasi Grab yang dari Playstore 

2. saya menggunakan 2 nomor dan dianggap akun yang mencurigakan. Pernah band terbuka sekali dan akhirnya di band dua kali.

3. Hp lama saya yang Huawei nova 3i yang menang dari lomba blog di penghujung 2018. Di jambret saat memesan Grab oleh anak abege yang naik motor tanpa helem. Persis di depan lampu merah Pluit Juntion. Untungnya hp baru saya p40 pro yang dibeli pada Juli 2020 tidak kena jambret karena ada di tas.

Jujurly, membeli iphone 13 pro max sebenarnya tidak terlalu niat dibenak saya. Saat itu, 1 hari sebelumnya saya memang melihat iklan di instagram ataupun postingan instagram dari Ibox atau digimap mengenai woro-woro beberapa hari lagi akan launching iPhone 13 pro. 

Saat hari H, saya juga gak ngeh itu adalah hari dimana iphone launching dan udah bisa dipesan online. Saat WhatsApp chitchat.masuk dari nyokap, yang saya lupa intinya saya nyeletuk "Mah beliin iphone 13 dong" *asli becanda

Si mamah pun menjawab emang berapa? 

Saya pun menjawab Rp 18,5 juta yang iPhone 13 pro 128GB. 

Sengaja juga jawab yang 13 pro, karena pasti (ya  udah pasti) gak bakal dibeliin. Orang harganya lumayan mahal.

 Tapi entah kenapa, hari itu mamah saya malah menjawab kalau mau pre-order pesen aja. Nanti mamah kasih uangnya.

What ?? Kok nyokap gak bilang mahal sih?? Heran!

Bak petir di siang bolong sore itu, saya langsung membuka official store Shopee mall untuk memesan tapi sayang hp sudah terjual habis (terpesan) dalam beberapa jam.

Gila pikir saya antusias orang-orang  Indonesia terhadap iPhone baru. Bahkan nyokap saya bilang udah kayak kacang goreng cepet banget.

Sekitar hampir satu bulan iphone 13 pro kosong di dua tempat digimap dan juga ibox. Untuk penjual di Tokped yang menjual garansi internasional malah harganya mahal, apalagi yang garansi ibox bisa selisih 1,5-2juta. Eh gile, ketika high demand dan barang sedikit disitulah ada prinsip ekonomi.

Memasuki Awal Desember minggu pertama, sekitar di hari Kamis tiba-tiba mamah saya menanyakan kamu kapan pulang? 

Sayapun membalasnya dengan becanda "nanti mah kalau udah ada iPhone 13 nya". Mama pun balas sambil becanda "Dasar Cowok Matre" hahhaha becanda juga.

 "Eh nomor rekening BCA kamu yang ini masih aktif gak?" (ternyata mama saya masih menyimpan rekening saya di handphonenya) dan sayapun menjawab "yang itu udah enggak aktif" karena udah ganti ke tahapan expressi yang  biaya admin lebih murah hanya Rp 7000,-




Dan mamah saya pun kembali menjawab "ya udah nanti mamah transfer kesana". 

Sehari setelahnya, di siang hari mamah saya WhatsApp kembali dengan foto bukti transfer dari struk ATM dan bilang "nih ya udah mama transfer buat beli iPhone"

Sambil tersenyum-senyum senang, dan bilang "tapi iphone 13 pro lagi pada abis mah adanya 13 biasa" dan mamah pun menjawab yah udah tunggu aja nanti juga ada lagi.

Sekitar 2 minggu kemudian, barang dimana-mana juga lagi masih pada kosong terutama di toko offline yang ada di mall.

Serasa kena php juga saat instagram Ibox bilang re-stock kembali dengan stock terbatas. Saya sudah ke AEON mall, Grand Indonesia, SDC Serpong semua sedang tidak ada barang. 

Pramuniaga iBox SDC Serpong pernah bilang sempat ada 3 pcs iPhone pro max tapi langsung dibawa ke mall Summarecon Serpong (SMS). Kita masih kosong belum tahu ada lagi kapan, bisa bisa mungkin Januari tapi belum pasti.

Disini saya jadi banyak belajar dan banyak pelajaran yang bisa saya petik yaitu :

Uang bukanlah segalanya..uang tidak bisa membeli kebahagiaan karena ketika ada uangnya belum tentu ada barangnya.

Sayapun banyak bersabar hingga suatu pagi, saya iseng aja lagi buka shopee dan cek iPhone 13 dan yang ready adalah iPhone 13 pro saya berpikir "apa beli iphone 13 pro aja ya?" tapi beda 1,5 jutaan, tapi selain lebih mahal kegedean juga dan pasti berat. 

Sambil mikir, sambil mikir dan balik lagi ke keranjang dan yang di add to chart sudah ada bacaan Stock habis. Gila baru aja ditinggal mikir udah abis lagi ini iPhone sierra blue inceran.

Yah, udah akhirnya saya pun ya udah lah ya..gapapa lagian iseng juga nyarinya gak niat.

Sehabis dari Shopee official store Era/Ibox saya pun view view story iseng dan ada iklan iPhone yang keluar dari akun Eraspace.com apaan ini? Groupnya eraphone online versi baru pikir saya dan ke klik juga sama iklan grafisnya yang bertemakan belanja hp cuma dari rumah.

Kebuka dong websitenya dan kepencet halaman iPhone. Pikir saya ah palingan juga gak ada stock. Tuh kan 13 pro abis. Eh tapi tunggu dulu yang max kayaknya tapi ini ready ya? Beneran gak sih ini? Apa jangan-jangan ini akun phising ya? Saya balik lagi ke instagramnya untuk memastikan ini beneran akun asli (bener), dan akhirnya ter add to chart iphone 13 pro max dan saya pun berpikir "udah lah gak usah mikir-mikir nanti abis lagi" dan melanjutkan pembayaran.

Saat pembayaran "ini bener gak ya akun asli"? 



oh ada pilihan virtual akun BCA. Sayapun memilihnya dan memastikan akun virtualnya beneran ada nama saya dengan total tagihannya otomatis. 

Setelah selesai akhirnya sayapun ya udah, toh ini hari Minggu saya pikir pasti akan di prosesnya di hari kerja. Tapi ternyata tidak! Era Space memperbarui status pesanan sudah dikirim pada Minggu pagi pukul 10.00.

Pengiriman paket menggunakan JNE saat itu, membutuhkan waktu dua hari. Sehingga pada hari selasa iPhone 13 pro max saya akhirnya sampai dengan selamat. Sayapun membuka paket sambil di video kan karena syarat claim jika terjadi sesuatu harus mencantumkan video saat unboxing.

 



Comments