Nostalgia Smartphone Era 2000an, Hp Sultan di Masanya!

Devinisi Smartphone buat saya di era 2000-an adalah hp yang memiliki kamera, bisa kirim mengirim pesan multimedia baik melalui bluetooth ataupun email, memiliki fungsi internet yang sudah mirip dengan PC desktop atau laptop dan memiliki notes dan calender untuk mengingat pintar layaknya asisten pribadi.

Untuk ukuran, ponsel pintar menurut saya kala itu adalah hp-hp berukuran besar yang memiliki teknologi layar sentuh serta memiliki slot kartu memory yang dapat diganti atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi walau hp future phone sudah memiliki beberapa fungsi tersebut, tetapi bentuk hp nya masih kecil. Menurut saya itu bukanlah kategori ponsel pintar.

Tapi di era 2008 keatas, menurut saya smartphone akan menajadi telepon yang smart apabila ia terhubung 24 jam dengan layanan data internet sehingga kita bisa chating, browsing, kirim email, bersosial media kapanpun tanpa batas.

Smartphone sebenarnya bukanlah barang atau teknologi baru, semuanya sudah ada sejak dulu dan teknologi yang sekarang hanyalah pengembangannya saja seperti software, aplikasi, kamera yang semakin mendekati kamera SLR atau Mirrorless dan memori sudah menyaingi komputer atau laptop.

Sejak kemunculan early smartphone di era 2000-an saat saya SMP-SMA. Saya juga sudah tertarik dengan perkembangan teknologi ponsel. Berikut nostalgia smartphone era 2000-an yang pernah saya gunakan:

1. Sony Ericsson P800



Smartphone model pertama yang saya pakai adalah Sony Ericsson P800, dimana HP ini adalah hp idaman saya sejak kelas 2 SMP sekitar (2003). Saya cukup terinfluence karena ada di film James Bond Die another day dan digunakan oleh artis remaja Idola saya yaitu Marshanda.  Saat kemunculannya, P800 sangat mahal dan masih tinggi hingga setahun kemudian dan munculah penerusnya P900.

Foto ini sempat saya pajang menjadi foto primary di halaman  friendster, kala itu 2004. Dan saya upload friendster langsung dari halaman internet WAP menggunakam provider Telkomsel dengan biaya Rp. 5000,- menggunakan pulsa. 

Menurut saya, saat itu kualitas foto yang dihasilkan p800 pada kondisi agak minim cahaya dia agak sedikit berbintik-bintik. Maklum kamera P800 saat itu masih mengusung VGA yang tidak sampai 1 mega pixel. 

Jika dibanding dengan Nokia 6600, atau hp kakak saya Nokia 3660 kamera Sony Ericsson terasa kalah jauh karena lebih buram.

Namun, yang menarik dari p800 adalah kita bisa menjadikannya smartphone ini seperti PDA atau seperti hp biasa karena memiliki keypad yang bisa dilepas pasang. Kalau saya sendiri lebih senang melepaskan keypadnya agar layar lebih luas dan untuk ukuran penyimpanannya menggunakan memory stick duo 16MB yang dapat diganti (namun saat itu Memory Stick Duo cukup mahal dibanding MMC) sekitar 400-500ribuan.


2. o2 XDA II



Ini smartphone menurut saya cukup canggih, karena saat itu memiliki memory card 128Mb dan memiliki sistem operasi windows layaknya kecanggihan komputer sebesar tangan. Namun sayang untuk kameranya dia agak sangat buram dan jika digunakan untuk mengetik cepat.

Jika dibanding P800, P800 masih menyediakan keypad fisik yang sedikit lebih memudahkan kita bila mau SMS-an di jalan atau sambil tiduran. 

Untuk smartphone O2 dari bentuk dan warnanya, kala itu lebih banyak digunakan oleh bapak-bapak kantoran atau kalangan pebisnis yang membutuhkan pengingat dan jadwal layaknya komputer sebesar tangan.


3. Sony Ericsson P910i

Dari p800 ke P910i emang  jauh banget lompatannya menurut saya dia lebih keren dari segi desain dan fungsional. Misalnya layarnya udah lebih bagus, bodynya lebih keren,  pen atau grip enak digenggam dan dioperasiin. 

Selain itu, p910i memberikan dua keyboard sekaligus yakni keyboard feature phone pada bagian depan dan keyboard qwerty bada bagian belakangnya apabila dibuka.

Namun  sayangnya, keyboard ini gak bisa di lepas pasang kayak p800 serta yang bikin saya agak bingung adalah fungsi dari keyboard qwertynya kalau di operasikan. Sebab dia benar-benar ringkih dan oglek-oglek karena letaknya dibalik engselnya gitu.

Makanya saya jarang saya gunaiin deh qwerty keyboard fisiknya dan lebih nyaman menggunakan pen. Sebab kala itu skill menggunakan pen saya udah lebih cepat karena sudah terbiasa.


4. Nokia Communicator 9300 & 9500



Waktu  awal-awal launching kedua hp ini lumayan ngantri dan laris loh!! Dan ini jadi hp communicator layar depan berwarna pertama gak sih? 

Untuk kamera 9500 saya suka banget, megapixelnya memang belum terlalu gede tapi kalau foto selfie muka kita jadi keliatan cakep banget karena warna kameranya terang gitu. Apalagi kalau lampu-lampu kamar tidur saya berwarna kuning.





Untuk Nokia 9300  tidak berkamera dengan ukuran yang lebih compact, dua-duanya sama-sama bagus. Fitur dari 9300 atau 9500 yang saya suka banget adalah fitur recordingnya yang kala itu lumayan jelas dan digunakan untuk merekam berita untuk tugas sekolah yang kemudian saya tulis kembali scriptnya dari recording tersebut.


5. HP IPAQ 


Ini foto sekitar 2006, dimana saya masih duduk di kelas 3SMA. Kala itu saya sudah bisa edit foto tapi bukan menggunakan photoshop! Kalau gak salah menggunakan paint dan microsoft photo editor lalu di blur. Ditambah satu software (saya lupa) logonya berwarna orange ada di komputer dia bisa kasih efek hue dan mix color seperti adobe lightroom versi serderhana untuk mix color. Ini kameranya juga lumayan bagus kala itu karena kalau gak salah sudah 2 mega pixel.

Tampilan softwarenya pun sudah modern, mobile windows dan ada MSN atau aplikasi chatnya gitu.


6. DOPOD




Ini laptop mini kalau saya boleh bilang ketimbang smartphone, karena DOPOD sudah memiliki sistem wifi yang lumayan kencang dan seting-setingnya mirip banget di laptop. Bahkan tampilan browsernya mirip banget seperti di laptop, misalnya saat membuka website-website ia  menampilkannya full utuh seperti kita menggunakan mode website view bukan mode mobile yang responsif.

Kalau dulu kalian sering main friendster,  di hp Dopod sudah bisa menampilkan foto slide yang berjalan di halaman profile Friendster.  Namun ada beberapa website yang jadinya gak responsif karena maksaiin di layarnya yang mini ini.

Foto ini diambil tahun 2007, saat awal saya belajar photosop CS2 awal-awal kuliah.

Oke segitu dulu ya nostalgia smartphone era-2000an nya. Semoga terhibur dan bisa bernostalgia plus bonusnya bisa melihat foto saya zaman-zaman alay masih ABG belia berumur belasan tahun yang sekarang udah 31 hehehe.

Comments

  1. Jadi ingat dulu pertama kali ternganga melihat hape sultan milik si pacar, waktu itu tahun 2001 ya kalau nggak salah, dan hapenya Sony Ericson apa Ericson atau apa gitu, dia dikasih ama kakaknya katanya.

    Emang bener sultan banget dulu ya, bahkan perdana aja, mihilnya minta ampun.
    Saya sendiri, punya hape ketika tahun 2003an atau 2004 ya, dan hape pertama saya Nokia ofkors hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia Sony Ericsson sebelumnya Ericsson aja trus bergabung trus pisah lagi sekarang Sony doang hehehe..

      Hp hp sultan di masanyaa, sekarang klo di cek di tokped buklapak paling dibawah sejuta dapat..wkkkk

      Delete
  2. Ciyeeeeee, ketahuan yaaaaa, mas. Kalau dulu Mas Riza ngefans sama Marshanda. Ciyeeeeee ciyeeeee.🤭

    Ngomong-ngomong masa remajaku kayaknya kurang update banget dulu, Mas. Pas temen-temen udah pada pake BB, aku baru bisa update dikit jadi pake hape Sony Ericsson lawas yang ada kamera belakangnya. Jangan tanya tipe berapa, aku sudah lupa.🤣🤣🤣

    Dulu sebenarnya punya cita-cita bisa memiliki Nokia, mas. Tapi apa daya, gak mampu beli 😭. Setelah sekarang bisa beli sendiri, eh lha dalah Nokia udah gak se-hits dulu 🙈. Eh, Nokia masih ada gak se, mas? Hehehe. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia suka Marshanda dulu idola waktu sd-smp kan dari bidadari sampe kisah sedih di hari minggu wkkk..

      Jaman dulu blm ada sosmed dll.. jadi terinfluence produk or brand itu dari sinetron

      Delete
  3. Zaman dulu aku pkai Nokia 3330 deh yang ndut itu. Lucu ya mengenang hp jadoel, nih masih aku simpan buat kenangan hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia aku dulu juga pernah pakai 3315, dulu padahal pinginnya 3330 biar screen sever nya itu bisa animasi..ih kangen jaman dulu ya cuma liatin bacaiin sms sama main uler udah seneng

      Delete
  4. Aku pertama kali kenal dengan hape Sony Ericsson itu jaman kelas enam SD di tahun 2008. Karena saat itu temen-temen sekelasku hapenya kebanyakan Sony Ericsson.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu kebanyakan nokia, sony ericsson kayak pilihan ke-2
      sekarang udah almarhum sony ericsson tinggal sony dan untuk smartphone udah hengkang juga dari Indonesia..

      Delete

Post a Comment