Ketika Jenius sudah Ada feesible TMRW dari UOB bisa jadi alternatif

Kira-kira satu bulan sebelum Jenius memiliki feesible mulai Januari 2021 sebesar Rp 10.000,- saya pernah membuat artikel mengenai pengalaman saya menggunakan Jenius vs Digibank

Saya memberikan statement lebih bagus mana Jenius atau Digibank. Saya menjawabnya sangatlah relatif mengmengingat saya mendapatkan benefit lebih secara gratis dari keduanya. 

Baik itu tidak ada biaya bulanan, gratis transfer dan yang pasti aplikasi perbankan kekinian yang menjadi jawaban bagi saya kaum milenial yang sangat malas antri ke Bank. 

Saya baru ngeh biaya bulanan Jenius sekitar Maret 2021. Dan ketika mengulik ternyata sisa uang saya di Jenius sudah berkurang Rp 40.000,- jika dikali setahun sudah 120.000 belum lagi beberapa kali isi ulang GO-PAY kena biaya Rp2000, - 

Sebenarnya memang tidak kerasa, tapi buat saya yang sering transfer beda bank, topup gopay OVO admin Rp1000 (BCA) dan Rp2000 untuk Digibank maupun Jenius berasa juga biaya kebocoran administrasi. 

Bahkan kalau dihitung-hitung sebulan saya bisa beli kopi kekinian dari biaya-biaya siluman tersebut. 

Misalnya Bca 17.000, tambah Jenius 10.000, OVO GO-PAY isi 4-5 kali sudah Rp5000 total sebulan biaya admin Rp 32.000,- dan kalau itu di kali setahun bisa Rp384.000, - belum bocor-bocor biaya admin lainnya.

Sedangkan untuk gagal bayar dari virtual card, kamu juga bisa dikenakan denda sebesar Rp.5000,-

Hal ini awalnya saya menyadari, sejak Facebook Ads ada biaya 10% pajak secara otomatis. Maka jika kamu memasang ads Rp 1 juta,pastikan kamu memiliki dana Rp1,1 juta di virtual card. Sehingga tidak terjadi gagal pendebitan. 

Nah, untuk kamu yang males terkena biaya admin seperti saya. Atas rekomendasi dua orang teman yaitu Jessica Eveline dan Timo akhirnya saya mencoba salah satu produk terbaru dari UOB yaitu TMRW (tommorow).  

Karena untuk transfer antar bank, topup OVO ataupun GO-PAY tidak terkena biaya saat ini. Bahkan biaya-biaya lainnya seperti beli token listrik, pulsa dan lainnya juga tidak kena biaya.

Lalu setelah ada biaya admin Rp10.000/bulan dari Jenius, apakah saya tetap menggunakannya? 

Tentu, karena saya masih menyukai produk virtual card yang sangat membantu kita dalam berbelanja online di berbagai situs marketplace hingga membayar langganan aplikasi.

Nah, ini juga yang menjadi kekurangan dari TMRW menurut saya. 

TMRW memiliki kartu debit GPN, bukan kartu Visa atau Master. Sehingga tidak bisa atau belum bisa digunakan untuk berbelanja online seperti Jenius yang cukup mudah dengan dua kartunya yaitu m-card dan e-card.

Namun, buat kamu yang ingin menabung dan tidak ingin kena biaya bulanan dan admin lainnya ketika transfer antar bank maupun pembayaran tagihan. 


TMRW menjadi pilihan yang tepat saat ini. Sebab TMRW memiliki kuota transfer ataupun pembayaran tagihan sebesar Rp. 500.000.000/bulan. Jadi cukup membantu buat kebutuhan pribadi maupun mereka yang memiliki bisnis kecil dan menengah.

Sedangkan untuk menyiasati biaya admin transfer ke rekening UOB, saya menggunakan aplikasi DANA. Jadi saya transfer Dari BCA ke Dana (premium) yang bebas biaya. 

Habis saldo DANA terisi, saya memilikikuota 10x gratis transfer Bank dengan maksimal akumulasi pengisian saldo perbulan adalah Rp 20.000.000,-

Jadi, tidak kehabisan akal bukan? Pada era digital untuk menghindari biaya-biaya "administrasi" yang sering disebut biaya siluman. Tanpa kita sadari sebenarnya biaya tersebut cukup lumayan jika di akumulasikan. 

Menabung serasa bermain GAME Online di TMRW



Buat kamu yang sulit menabung saat ini, tenang! Hal itu, bukan kamu saja yang merasakan. 

Karena gaya hidup milenial dan generasi Z setidaknya ada 6 Kesalahan Milenial yang membuatnya Sulit Menabung.

Nah, di TMRW nabung itu serasa bermain Game kamu bisa membangun kota kamu di CITY of TMRW. Jadi  didalam aplikasi ada akun transksional dan tabungan yang diberi nama account TMRW saving. Dimana uang kamu akan dipisahkan dari yang bisa digunakan dan yang tidak untuk ditabung.

Untuk menabungnya kamu bisa memulai dari 20ribu, 50ribu dan jumlah nominal lainnya jika ingin yang lebih besar. Mengapa sih nominal menabungnya mulai dari 20ribu? 

Pernah dengar istilah The Power of 20ribu? Nah, di TMRW kamu kamu bisa menabung mulai dari 20ribu, 50ribu, dan jumlah lainnya.

Uang yang tersimpan di City of TMRW nantinya bisa kamu tarik  ke saldo utama untuk digunakan belanja transfer dan lainnya. Jadi uang kamu terpisah  untuk transaksional dan tabungan.



Memiliki fitur QRIS hingga Smart Insight

Untuk berbelanja dengan QRIS di TMRW juga sangat mudah dan aman. Selain tinggal scan, kamu juga diharuskan memasukan password. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email mengenai detail pembayaran, merchant, data tanggal , nomor transaksi dan lainnya.

Kita juga dapat memanfaatkan fitur smart insight di akun TMRW. Sehingga pengeluaran dan pemasukan kita terlihat dengan jelas. Sebab fitur ini membantu kita dalam melacaknya dan memberikan saran berdasarkan pola transaksi sehingga kita bisa atur keuangan menjadi lebih baik.

Kekurangan

Setelah beberapa hari, saya mengecek kembali untuk pembayaran tagihan listrik prabayar maupun Pascabayar dan saat ini pembayaran PLN sedang tidak tersedia dari fitur Topup dan tagihan TMRW. 

Untuk tampilan, saat login pertama kali tampilannya menurut saya seperti kita membaca portal berita karena pada bagian tengahnya ada highlight judul besar dan deskripsi.

Meski UOB adalah salah satu bank asing di Indonesia, yang berasal dari Singapura. TMRW belum memiliki fitur pembelian dan penyimpanan mata uang asing dalam aplikasinya, seperti pada Digibank dan Jenius. 

Untuk topup e-money menggunakan NFC di aplikasi TMRW juga belum tersedia. 

Saat ingin memfavoritkan dan menjadikan pembelian pulsa XL otomatis juga belum bisadilakukan. Saat saya mencoba, tombol selanjutnya tidak bisa ditekan. Lalu saya coba dengan nomor lain seperti SimPATI ternyata tidak masalah. 

Nampaknya hal itu, tergantung dari kerjasama operatornya dengan pihak Bank apakah bisa melakukan auto bill atau tidak (CMIIW). 

Pelayanan Pelanggan

Aplikasi TMRW adalah yang paling cepat menjawab dan tanggap terhadap pertanyaan customer hanya dengan chat melalui aplikasi.

 Meski terkadang menggunakan robot, TMRW memiliki customer service yang standbye untuk pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang tidak bisa dijawab oleh robot chat. Bahkan dengan cepat kita disambungkan ke CS representatif melalui panggilan suara ataupun video hanya melalui aplikasi.

Comments

  1. Aku termasuk orang yang pindah dari Jenius ke TMRW nih, Kak 🀣. Sayangnya dia nggak bisa Visa/Mastercard sih, tapi hal ini udah teratasi dengan pakai BCA Xpresi sih hahaha. Aku suka aplikasi TMRW jika dibandingkan dengan Jenius karena aplikasi TMRW lebih ringan dan cepat saat dibuka. Kalau Jenius agak lambat, nggak bisa digunakan saat sedang ingin cepat-cepat transfer 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku sih masih butuh Jenius nih, jadi belum bisa pindah bener-bener..
      Jadi gpp deh feesible 10k/bulan ..toh aku bca nya jg udah ganti expressi jadi lebih murah juga..

      Delete
  2. Replies
    1. iya sama-sama :) yuk coba bikin juga TMRW

      Delete
  3. Belum pakai keduanya jadi belum bisa milih jadi tim yang mana πŸ˜„

    Anw, infonya jadi membantu aku yang tidak tahu apa-apa tentang ini 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ia ka Pipit.. Enak loh gk ada biaya admin dan gampang buatnya..

      Enaknya buat jajan bs QRiS tinggal scan aja deh.. ATM nya jarang jd cocok buat menabung

      Delete
  4. aku bingunggggg, jadi pas jenius kemarin memberlakukan feesible, sempat mau pindah ke tmrw atau digibank itu
    masalahnya kalau digibank untuk proses verifikasi kudu ke kota besar, dan aku stay di jember, agak susah juga
    Bolehlah aku buka dua duanya nih, TMRW boleh juga
    sama halnya kayak Lia..dicoba dulu aja ya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unutk pengganti Jenius Masih ada alternatif lain selain TMRW UOB yaitu Bank Jago

      Delete
    2. Wahhh ada bank jago ya.. Aku kemaren udah download dan apply nanti mau review juga deh..

      Delete
    3. Siap kak ditunggu reviewnya 😁

      Delete

Post a Comment