Thursday, 21 November 2013

Google bukan lagi mesin pencari, tapi mesin pencari iklan

Tahun 2002-2003 saat duduk dibangku SMP. Secara pribadi saya senang menggunakan layanan pencarian yahoo untuk mencari tugas. Dulu saya tidak suka dengan mesin pencari google karena menurut saya google cuma kosongan gak ada apa-apanya. Websitenya cuma buat search engine doang! apa menariknya?

Baru setelah orang-orang ramai, dan lebih recomend menggunakan google saya mencari sesuatu apapun di google. Google banyak sekali membantu kita dalam mencari apapun di internet. Baru setelah saya mengetahui SEO dan Google Adv. menurut saya mesin pencarian google di halaman utama lama-lama sudah tidak relevan dengan apa yang mau kita cari.


Mengapa...Search Engine Google tidak relevan lagi?

karena menurut saya Google bukan lagi  mesin pencari, tapi mesin pencari iklan! 

mengapa demikian? 

karena Google sudah dikacaukan dengan orang-orang yang menggunakan SEO. Dimana jika kamu mengetikan sesuatu yang muncul dihalaman-halaman pertama adalah sebuah brand

tidak percaya...?

 coba ketikan kata "cokelat" 






memang sih yang keluar pertama adalah wikipedia, namun dibawahnya adalah sebuah toko cokelat yang juga merupakan tempat favorit saya yaitu Dapur Cokelat


tidak relevan bukan? ketik cokelat tapi yang keluar adalah toko cokelat, yang cabangnya cuma ada di Jakarta. Lalu kemana cokelat-cokelat yang lain seperti silverqueen, toblerone, cadburry atau toko-toko yang lainnya diluar Jakarta? Ya tentu saja pasti mereka belum menggunakan teknik SEO dan produk pay per click dari Google


coba lagi ketikan temannya cokelat yaitu "Keju" memang sih yang keluar pertama adalah wikipedia, tapi siapa yang ada di posisi kedua teratas?


Keju apaan ini? kayaknya saya baru pertama kali sih lihat dan dengar merek keju ini? soalnya brand awareness saya kalau ingat tentang keju yaitu keju Kraft atau kejunya Farah Quinn yang bermerek ProChiz. Lalu kemana ya keju-keju mereka? Padahal iklannya sering ada dilayar kaca, tapi kok gak ada di layar google? 

Jadi masih maukah anda percaya dengan google atau mengandalkan google sebagai satu-satunya tempat mencari informasi di internet? 

Kalau saya pribadi tidak mau, apa-apa selalu mengandalkan google. Karena hasil pencarian dihalaman utamannya belum tentu relevan.

No comments:

Post a Comment