Monday, 8 July 2013

Permasalahan classic menyambut puasa

Permasalahan classic yang sering terjadi di Indonesia, khususnya di keluarga saya juga bahkan keluarga umat muslim yang ada di Indonesia saat menjelang ramadhan tiba adalah

PUASANYA HARI APA YA..?
PUASA JATUHNYA TANGGAL BERAPA YA?

haduh kayaknya penentuan tanggal di Indoensia selalu mengalami perbedaan pendapat yang sebenernya masalah tersebut sangat classic dan sangat-sangat capek banget dengernya!

Puasanya sama kok, ngajinya sama, kitabnya sama, semuanya sama kenapa harus berbeda ?
Islam yang NU dan yang Muhammdiyah, yang pemerintah! tapi giliran lebrannya sama, puasanya juga sama. Ya udah gak ada masalah kan? gak ada yang ramai gak ada yang debat

yang menjadi masalah adalah orang-orang yang mempermasalahkan aja, jika yang enggak masalahin perbedaan ya udah jalanin aja, puasa tinggal niat dan tinggal puasa!

so ikuti aja yang kamu yakini itu udah betul kok!

27 comments:

  1. Iya.. Kalo aku pribadi sih ngikutin apa kata pemerintah aja. selama gak menodai agama Allah, emang kita harus ikut apa kata pemerintah, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia , buat apa dipusing2in ya..:D hehehe

      Delete
    2. Aku juga selalu ikut pemerintah. Biar nggak ribet aja sih.

      Delete
    3. ia sih.. tapi kadang gk ikut2an pemerintah ! ikut muhammadiyah kan sekolahnya di muhammadiyah dulu wkt sd :D

      Delete
  2. bener banget! yang penting niat dan kita yakin!

    ReplyDelete
  3. jangan marah2 bang, batak puasanya ntar... sabar ntar juga makan kurma, gak nymbung ya, emang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia enggak dong :D hehe
      marah2 ntr batal lagi

      Delete
  4. yah beginilah indonesia, selalu dibikin ribet.
    kenapa gak ikut puasa orang arab aja sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ceritanya kemaren gladi bersih buat puasa hari ini..latihan dulu :D hehehe

      Delete
  5. hahaha ya inilah Indonesia, negera kita tercinta yang kekonyolannya gak abis-abis. sampe masalah puasa pun dibikin ribet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia , klo dibuat ribet ribet..klo enggak ya enggak..haha itulah indonesia :D *ehh

      Delete
  6. saya rasa indonesia udah cukup toleran kok masalah yang beginian, cuma yang kurang kerjaan aja kalo sampe dibikin ribut... dan ujung-ujungnya jadi suudzon sama orang yang berbeda,,,

    ReplyDelete
  7. Gak usah labil deh, Kalo gue dardulu ikut pemerintah.

    ReplyDelete
  8. sing penting niatnya puasa :D hehe kalo masalah waktu ya masing masing :D hehe

    ReplyDelete
  9. kita kan punya pemimpin, jadi ikuti saja pemerintah dan kepercayaan yg ada dalam diri masing-masing :)

    ReplyDelete
  10. emang gak perlu didebatin apalagi kalau emang kita gak tahu apa2,, toh para ulama juga sendiri sring berbeda pendapat tapi gak saling berselisih.. dalam menetapkan masuknya bulan ramadhan atau syawal pemerintah punya dalil dengan melihat hilal, muhammadiyah juga ada dalilnya dengan menggunakan hisab yang kedua2x bersumber dari rasulullah... so mana benar mana salah,, wlallahua'lam bisshawab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ia.. bener dua duanya bener kok yg penting niatnya..

      Delete
  11. Beda itu rahmat. Dan setiap yang berbeda pasti punya dasar masing masing. Saling menghargai pendapat masing masing saja. Yang penting tetap Indonesia:D *Bhineka Tunggal Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget...! perbedaan ada agar dunia penuh warna

      Delete
  12. jadi ingat jaman orde baru, puasanya selalu sererntak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia liburnya selama sebulan juga..!

      Delete
  13. aku puasa hari selasa. gak ngikutin pemerintah -_- sesuai niat aja sih ;D

    ReplyDelete