Friday, 26 October 2012

iklan di internet yang mengganggu


Kadang-kadang saya merasa muak dengan iklan di internet, lama-lama iklan di internet itu sudah mengganggu, contohnya iklan diatas sebuah situs blog yang isi kontennya di dominasi dengan iklan. Namun iklannya adalah gak jauh-jauh dari memperbesar, viagra, dan iklan-iklan berbumbu sex seperti di koran-koran yang beraliran jurnalisme lehr.

Memang sih iklan adalah salah satu penghasilan dari sebuah website, namun terkadang banyak iklan di sebuah web  bukannya membuat web tersebut menjadi menarik tetapi menjadi tidak keruan dan mengganggu pemandangan. Bahkan tak jarang sebuah iklan yang muncul dari kotak dialog lalu sangat sekali susah di close karena otomatis harus kita baca. Untuk mengeluarkan iklan tanda (x) closenya sangat kecil dan ditaruh di tempat yang tidak mudah terlihat, Juga tak jarang tanda close atau iklan baru bisa dikeluarkan setelah setelah beberapa detik.

Pemaksaan iklan juga terjadi di youtube, banyak iklan yang tiba-tiba muncul lalu sulit untuk di skip advertising, bahkan jika iklannya pendek sengaja tidak dimunculkan tanda skip adv.

Dimana-mana kayaknya saya sangat bosan melihat iklan, di jalan terlebih lagi banyak papan billboard terlalu dekat-dekat jaraknya, belum lagi iklan yang berbentuk neon box yang terpasang diatas halte, poster-poster yang tertempel di jalan-jalan, iklan-iklan yang di bawah jembatan layang. Semua kayaknya hidup ini di jejali dengan iklan-iklan.

Kadang menurut saya itu sangat mengganggu keindahan dan kenyamanan kita baik dalam berinternet atau saat kita berada dijalan saat kita berkendaraan. 

Sebenarnya sih tidak masalah ya,tapi....

Terutama buat iklan di dunia digital dan internetsebaiknya diatur sedemikian rupa demi menjaga estetika, keindahan, dan kenyamanan kita sebagai pengguna internet.

Harusnya pihak pengiklan lebih creative lagi dalam beriklan di dunia digital. Jangan terlalu hard dalam memasukan materi promosinya. Sehingga hal itu bukan membuat iklannya menarik tetapi malah mengganggu kita.

Menurut saya iklan digital yang di buat haruslah semenarik mungkin atau paling tidak harus mempunyai stoping power yang membuat rasa penasaran seseorang. Sehingga pesan atau gambar yang menjadi materi iklan digital tersebut dapat tersampaikan dan ter klik oleh pengguna karena rasa penasaran. 

Jujur saja selama ini saya tidak pernah tertarik untuk mengklik iklan di internet karena menurut saya advertising sangat mengganggu pemandangan saya dalam berselancar di internet. Seharusnya iklan di internet itu jangan sampai seperti iklan dikoran-koran apa lagi seperti koran lampu kuning. seharusnya mereka bisa membuat iklan lebih elegan lagi layaknya iklan-iklan di majalah-majalah fashion atau majalah untuk kalangan high yang membuat iklan lebih minimalis dan mempunyai usur  seni dan keindahan yang sangat tinggi bahkan tak jarang sebuah iklan yang menarik mengajak kita berfikir lebih cerdas apa makna di balik gambar dan pesan yang disampaikan.

contoh iklan yang menurut saya cukup creative

2 comments:

  1. sepertinya pengiklan internet perlu belajar DKV atau pun periklanan efektif kaya di tv yg kian hari semakin bagus.

    Kalo saya pake adblocker, jadi jumlah iklan yg muncul bisa berkurang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tuh harus belajar design grafis minimal tau iklan yang bagus ya :)
      ohh pake adb locker ,, baru pernah denger sih..itu software apa?

      Delete