Sunday, 7 October 2012

9 Summers 10 Autumns

Judul : 9 Summers 10 Autumns Dari kota Apel ke The Big Apple
Pengarang : Iwan Setiawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : ke-7 Agustus 2011
Tebal : 211 halaman (223 w/ opini)








9 Summers 10 Autumns dari kota Apel ke The Big Apple adalah sebuah novel yang di angkat dari kisah nyata sang pengarang yakni mas Iwan Setiawan seorang yang mempunyai mimpi dan perjuangan yang sangat besar dalam hidupnya untuk dari kota apel malang ia bisa ke new york city.

Buku ini menceritakan bagaimana perjuangannya dari kecil ia sudah prihatin, dan ia sangat ingin merubah hidupnya agar tidak seperti bapaknya yang hanya supir angkot dan ibunya yang tidak taman SD. Semangat Iwan sangatlah besar untuk sekolah dan akhirnya saat lulus SMA ia lolos seleksi jalur PMDK di Institut Pertanian Bogor. Semua itu tak lain adalah buah hasil kerja keras dan giatnya Iwan belajar serta doa sang ibu yang selalu mendukung semua yang terbaik untuk anaknya walau keluarga mereka sangat sederhana dan penuh keterbatasan namun setiap usaha pasti ada jalannya.

Dan bagaimanakah Iwan Setiawan menghadapai semua tantangan, rintangan dan kendala dalam perjuangan hidupnya? sampai akhirnya ia bisa pergi ke New york city selama 10 tahun bahkan menjadi seorang director disebuah perusahaan yang terkemuka di beberapa negara. Semua terangkum dan diceritakan dalam novel ini.


Pendapat saya mengenai novel ini :
novel ini sangat sederhana namun penuh makna kehidupan yang sangat menggugah hati saya, gaya bahasa dan pendeliveran buku ini memang tidak terlalu menarik buat saya karena saya menghabiskan buku yang cuma setebal 223 halaman memakan waktu dari hari senin hingga hari Jumat hal itu dikarenakan tidak adanya stoping power yang kuat ketika saya membaca buku ini sehingga saya sering menutup buku ini dan meninggalkannya. Tetapi di tengah-tengah saya sangat serius membacanya.

Kalau menurut saya buku ini terlalu singkat sehingga hal-hal lebih mengenai perjuangan dan kisahnya tidak terlalu diulas lebih dalam. Tidak adanya unsur kisah percintaan juga membuat buku ini sedikit agak kurang menarik bagi saya. Karena biasanya kisah SMA dan Perkuliahan atau masa-masa sekolah adalah kisah dimana remaja mengukir kenangan indahnya yang memberikan cinta sebagai warna dalam hidupnya.

Namun secara garis besar novel ini sangat bagus karena novel ini mampu memberian contoh kesederhanaan yang dapat memberikan energi tersendiri buat orang-orang diluar sana yang selalu mengalaskan kemiskinan dan masalah ekonomi sebagai kendala meraihnya pendidikan dalam mewujudkan mimpi  dan cita-citanya. Karena menurut saya setiap ada niat yang kuat serta bersungguh-sungguh pasti Tuhan akan menjamin kita, dan memberikan jalannya agar kita dapat menuntut ilmu.

 Belajar dan menuntut ilmu adalah ibadah dan kewajiban bagi setiap umat manusia sepanjang hidupnya. Karena hidup kita sendiri sebenarnya adalah proses pembelajaran tanpa henti 



Salam Membaca

Banyak membaca banyak tahu

12 comments:

  1. Iya, emang bagus sih novelnya :)

    Novelnya dijadiin film kan ya..
    Pemeran Iwan-nya Ihsan Tarore >,<
    Pasti keren...

    ReplyDelete
  2. katanya buku ini keren. ampe mau difilmkan juga. jd pngn baca bukunya jg

    ReplyDelete
  3. gue udah nonton pilemnya doong x)

    ReplyDelete
  4. emang judul filmnya apa? saya jarang baca novel, kayanya lebih asik liat filmnya

    ReplyDelete
  5. Belum pernah baca bukunya jadi penasaran.. apalagi tidak sedikit orang-orang yang sering mengkambing-hitamkan kemiskinan dan masalah ekonomi untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.. kalau aku sih yakin insya Allah akan selalu ada jalan bagi para penuntut ilmu^^

    ia ada filmnya tuh tapi belum sempat juga nonton^^ Like baxk membaca baxk tahu:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia..kemiskinan sepertinya menjadi kendala dalam pendidikan :D bagi mindset kebanyakan orang..

      Delete
  6. gue baru baca novelnya setengah, bang.... belom khatam bacanya gue.
    dan gue baru sadar, klo buku ini udah dijadiin film -__________-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gimana sih kok setengah doang:D

      Delete
  7. buku ini keren banget dan sekarang emang udah dijadiin film, dan gue masih belum nonton filmnya ('-')/||||

    ReplyDelete
  8. waaaaaaaa... aku malah baru tau buku ini. tapi emang baru hangat diperbincangkan sih
    semoga aja aku bisa nnton filmnya, kyknya keren

    ReplyDelete