Monday, 23 July 2012

Kedai 1001 Mimpi

Judul : kedai 1001 mimpi
Pengarang : Valiant Budi Yogi
Penerbit : Gagas Media
Jumlah hal : 443 hal
cetakan: ke 1 2011








Buku ini menceritakan tentang kisah nyata seorang TKI Indonesia bernama Valiant Budi semasa ia menjadi barista di sebuah coffee shop di Arab saudi. Dalam buku ini valiant banyak menceritakan seluk beluk kehidupan saudi arabia yang sangat keras akan peraturan dan syariat Islamnya. Misalnya kita tidak boleh berjalan dengan yang bukan muhrimnya karena Polisi Syariah bisa saja tiba-tiba datang memeriksa apakah benar kalian pasangan yang bukan muhrimnya atau tidak, Toko-toko menjelang adzan harus tutup tidak boleh ada pengunjung karena mereka diwajibkan untuk melaksanakan sholat.

Kejadian di Arab saudi semasa ia menjadi TKI yang paling lucu adalah ketika vabyo ini menceritakan bahwa dirinya selalu disangka orang philiphina. Dimana rata-rata orang-orang arab suka mengincar dia namun yang mengincar bukanlah lawan jenis atau perempuan tetapi yang mengincarnya adalah pria-pria arab yang sangat menakutkan yang tiba-tiba saja bisa mengejarnya sampai ke tempat dimana ia tinggal. 

Sangat seru cerita yang ia ceritakan mengenai pengalamannya di negeri timur tengah tersebut. Karena ada begitu banyak shock cultur dan tindak tanduk orang arab yang kurang berattitude. Mungkin mereka bisa mempunyai banyak uang karena negara mereka kaya rayadan sejahtera namun apabila tidakdi imbangi dengan pendidikan dan attitude yang baik.  Hal itu sama saja seperti manusia bodoh yang membuat orang lain tidak akan respek kepadanya.

Dan hal yang sangat mengejutkan buat saya saat membaca buku ini adalah saat kejadian dimana coffee shop tempat ia bekerja kekurangan stock bahan-bahan pembut makanan dan minuman dan juga perlengkapan pendukungnya seperti sedotan, gelas kertas dan tissue. Terpaksa Vabyo menuruti perintah untuk mencuci kembali gelas-gelas kertas, sedotan agar bisa dipakai kembali, bahkan tissu yang kira-kira masih belum digunakan atau belum terpakai dimasukan kembali. Bahkan ia pun harus mencampurkan minuman dengan susu yang sudah basi karena mengirit persediaan susu dikala itu. demi mendapatkan keuntungan yang lebih dari penjualan. 

Sungguh luar biasa kehidupan yang sangat keras disana, ada begitu banyak hal-hal yang kita tidak ketahui dari sebuah pekerjaan. Memang hal-hal licik dan kecurangan itu tidak hanya terjadi di luar sana namun di negeri kita sendiri seperti Indonesia, banyak juga penjual-penjual nakal yang sering menggunakan bahan-bahan makanan yang tidak layak untuk di konsumsi seperti penggunaan sepuhan untuk makanan namun yang digunakan adalah sepuhan baju, menggunakan bahan-bahan pengawet, dan bahan-bahan berbaya seperti borax juga sering kita jumpai di reportase investigasi yang di tayangkan trans tv.

Pendapat saya mengenai buku kedai 1001 mimpi:
Buku ini sangat menarik, buku genre yang merupakan kisah nyata, dimana ketika saya sedang bosan membaca novel atau buku-buku fiksi yang selalu menceritakan kisah cinta. Buku ini menjadikan suatu bacaan yang membawa kesegaran. Dimana dapat memberikan inspirasi yang begitu nyata karena memang buku ini ditulis berdasarkan dari pengalaman dan kisah si penulis. Pesan moral dan pembelajaran yang saya dapat dari buku ini juga banyak sekali salah satunya yaitu: dimanapun kita berada, apapun pekerjaan kita hal yang paling utama adalah kita harus nyaman dengan tempat dimana kita bekerja dalam artian jiwa kita harus berada disitu. Karena jika hati kita tidak menyatu dengan pekerjaan dan tempat dimana kita bekerja hal itu akan mengakibatkan gejolak, konflik dan hal-hal yang tidak sesuai dengan pikiran dan hati kita.

No comments:

Post a Comment