Thursday, 2 February 2012

Diary Pramugari

Jingga adalah seorang gadis asal solo yang pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan dan pelatihan khusus, untuk menjadi seorang pramugari. Selama pendidikan di Jakarta menjadi pramugari ia mendapatkan seorang sahabat bernama Anya dan juga Puri. Mereka bertiga bersahabat.

Anya menjadi teman sekaligus sahabat bagi Jingga baik suka maupun duka. Meskipun Anya berasal dari keluarga berada yang memiliki harta yang berlimpah namun kehidupannya biasa saja. Karena ia menganggap kekayaan orang tua bukanlah hal yang patut di banggakan karena itu bukanlah miliknya. Anya merupakan orang yang mandiri dan mempunyai prinsip yang kuat dimana ia tidak percaya dengan agama namun percaya kepada Tuhan. Karena menurutnya dewasa ini banyak perang antar umat beragama yang pada intinya mereka berebut umat atau pengikut.

Bahkan tak jarang tokoh agama yang tidak sesuai dengan syariat agamanya. Agama hanya menjadi sebuah pelengkap, ibadah hanya sebuah rutinitas serta formalitas belaka dikarenakan seseorang melakukannya hanya karena tuntutan dari sebuah kewajiban, takut dosa, dan takut akan siksa neraka. Belum menjalankan ibadah yang berjiwa.

Cara pandang Anya akan seks juga sangat berbeda, menurutnya jika seks dilakukan atas dasar komitmen yang kuat dan tidak merugikan satu dengan yang lain itu sah-sah saja dilakukan atas dasar cinta. Cara pandang anya mengenai dosa adalah sebuah perbuatan dimana suatu perbuatan tersebut merugikan orang lain dan merusak diri sendiri. Contohnya merokok jika kita merokok selain mengganggu kesehatan, merokok juga dapat merugikan orang lain yang tidak merokok jika berada di dekatnya.

Banyak hal dan sudut pandang yang berbeda dari si pengarang dalam menyikapi problematika seks, cinta dan kehidupan. Seks Sesuatu yang dianggap tabu namun diulas dengan cara yang sopan dengan gaya bahasa  yang berbeda, tidak vulgar.

Buku ini mengajak kita untuk  tidak berpandangan sempit. Dalam menyikapi berbagai hal dalam hidup ini. Pesan moral yang disampaikan sungguh bermanfaat sekali untuk kita sebagai generasi muda. Agar  tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, rokok, alkohol, perpecahan antar umat beragama. Dan segala hal yang dapat merusak diri sendiri ataupun merugikan orang lain.

19 comments:

  1. wah kayaknya bukunya bagus, tokoh anya nya apa jadi tokoh utama, pas lo ceritain jadi suka ama tokoh anya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mereka berdua sih , tp yang tokoh utamanya ya jingga..

      Delete
  2. ngeliat kata seks nya pasti banyak yang mau beli nih buku. ue yakin, apalagi cowo-cowo SMU ulalala

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ternyata , buku ini gk ngebahas dengan vulgar..cara pengemasannya beda..! hahaa :D

      Delete
  3. Ohhhh... gue bakalan cari buku ini.. akan gue cariii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. best seller kok bukunya :)
      ada di gramed

      Delete
  4. waw adkah di malang , itu mah ceritanya kereeeen bangett :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok di toko buku, ini kan best seller ..ada di gramedia ;X

      Delete
  5. uih, mantep nih buat referensi buku buat dibeli. catet ah.. makasih ya rekomendasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sama sama..:)
      coba deh baca..apa mau di pinjemin :)

      Delete
  6. jadi pingin beli juga mau liat liat ceritanya kek apaaa...tapi agak janggal juga sih kalau bilang seks nggak papa kalau sama sama suka, tapi abis itu kalau putus gimana? pasti ntar nyesel -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pesan moralnya sih.. jadi kita bisa menyikapi dan membedakan mana yg salah dan benar. karena yg benar belum tentu benar yang salah belum tentu salah..,

      Delete
  7. Setiap tulisan memberikan beberapa argumen. Dan kita harus bisa memilah mana bacaan yang baik dan tidak untuk kita sendiri.

    Buku ini referensi yang bagus untuk memaknai hidup, bukan hanya daru satu sisi saja. Thanks sharingnya, Risal:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia..sama sama..ia buku ini bagus kok, yaa gmn kita memfilter diri kita aja. sih, memaknai nya

      Delete
  8. yang paling hot tetep pramugarinya lion air haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha nyebut merk maskapai nih :) wkkk
      tmn aku ada yg pramugara lion dan pramugari wings air grup lion jg :D

      Delete
  9. em,,kagak ribet juga,,,
    dalam satu sisi emang bagus..cuman beberapa sisi ada yang saya tidak setuju...
    dan,,sebelum saya tidak setuju
    sebaiknya saya cari dulu bukunya..mungkin mau dipinjami :)

    ReplyDelete
  10. tokoh utamanya jingga atau anya?

    ReplyDelete