Saturday, 17 September 2011

Teliti sebelum membeli di Shoping Online


Online shoping atau berbelanja melalui internet dewasa ini marak sekali dilakukan banyak orang . Hal itu terjadi semenjak layanan social media seperti  facebook, twitter, multiply, forum jual beli dan lain sebagainya memberikan fasilitas yang mudah, cepat dan dapat digunakan oleh siapapun dengan syarat hanya membuat akun mendaftar gratis tanpa batas dimanapun dan kapanpun dengan hanya mengandalkan koneksi internet. Bahkan dengan memiliki smart phone seperti blackberry kita dapat terhubung langsung setiap saat  dengan social media seperti facebook, twitter, ym, bbm, dan aplikasi-aplikasi dari web  yang bekerjasama dengan pengembang konten blackberry.

Dengan kemudahan kecanggihan teknologi  hal itu membuka peluang bisnis yang sangat besar baik bagi individu atau perusahaan untuk mengembangkan usaha dari bisnisnya. Social media juga sebagai ajang promosi agar sebuah perusahaan dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat. Karena saat ini Indonesia tercatat sebagi pengguna Facebook no. 2 terbesar di dunia dengan jumlah pengguna 30,1 juta dan pengguna twitter no. 3 terbesar di Asia sebanyak 6,2 jutan dan di dunia (global) Indonesia merupakan aktivitas pengguna twitter teraktiv 20,8% dibanding brazil 20,5% dan Amerika yang hanya sebesar 11,9%. Bahkan pengguna facebook di Indonesia sama dengan jumlah populasi penduduk di Canada dan jumlah pengguna twitter di Indonesia sama dengan populasi jumlah penduduk di Singapura. 

 foto shoping online di facebook
 yang album fotonnya di copy paste dari web lain

Online shoping yang marak ada di dunia maya sekarang ini. Kita sebagai pembeli harus lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk di Online shop. Sebagai contoh yang dialami oleh teman saya ia membeli blackberry dari sebuah foto di facebook yang di tag oleh sebuah Toko Online shop. Sehingga ia menerima foto tersebut di dalam tautan wall profilenya. Karena tergiur dengan harga yang murah ia pun memesannya namun setelah barang tersebut sampai ternyata Blackberry yang ia beli tidak dapat digunakan di Indonesia. Bahkan tak sedikit teman saya yang mendapatkan barang yang ternyata lebih mahal dengan kualitas yang mengecewakan entah barang rusak saat pengiriman atau mungkin barang tersebut memang dijual oleh si penjual dengan kondisi yang sebenarnya tidak layak jual. Bahkan setelah itu tidak ada pertanggung jawaban dari si penjual karena tiba-tiba si akun toko online tersebut sudah non aktiv dari facebook. Nomor contact personnya pun sudah tidak dapat di hubungi.

Sebagai konsumen sebaiknya kitalah yang berhati-hati dengan modus atau oknum orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya si akun penjual di facebook  menjual produk tertentu seperi elektronik namun  gambar dari barang elektronik tersebut bukan barang milik dari si penjual melainkan hasil gambar yang di search melalui  google, web atau penjual di toko online lain. 

Salah satu contoh shoping online (d'sister butik) adalah shoping online  yang si owner sendiri mempraktekan barang barang yang dijualnya

Yang perlu diperhatikan lagi adalah coba dilihat komunikasi dari barang-barang foto yang ia jual. Apakah banyak dari mereka yang memberikan comment, memberikan respon testimoni yang baik atau tidak?  Setelah para buyer membeli dari toko online tersebut. 

Ada beberapa pemilik toko Online yang dapat dipercaya misalnya si penjual Online tersebut memasang Album foto pribadi, foto kegiatannya diluar jualan online, info profile lengkap, bahkan memfoto  toko yang ia miliki sebagai bukti bahwa online shoping tersebut memang benar-benar nyata. Bahkan ada shoping online di facebook yang si owner sendiri yang mempraktekan atau mengenakan barang-barang yang dijualnya agar meyakinkan si calon pembelinya. 

Oktagon salah satu toko kamera yang mempunyai
reputasi baik berada diposisi teratas di mesin pencari
Saat ini  kebutalan saya sedang ingin mencari kamera tapi entah  bingung kamera apa? Karena saya juga sangat awam dengan barang tersebut. Seperti biasa saya mensearch melalui google dengan kata kunci 'Toko Kamera' dan ternyata yang muncul di rating pertama teratas mesin pencari adalah Oktagon. 

Saya pun penasaran mengklik web site tersebut dan ternyata Oktagon  sebuah perusahaan yang bergerak dibidang photography perusahaan tersebut menyediakan segala macam alat dan kebutuhan photography yang dapat dibeli langsung di showroom yang terletak dibilangan Gn. Sahari dan Kemang. Atau Kitapun juga dapat membeli secara online yang bebas ongkos kirim keseluruh Indonesia. Selain itu saya juga mendapatkan informasi dari web oktagon.co.id tersebut ternyata perusahaan ini tidak hanya menjual kamera. Juga ada sekolah photography bernama numatt, Oktarent untuk penyewaan alat photography, dan Oktacare untuk perbaikan, perawatan kamera. 

isi web oktagon.co.id setelah saya buka 

Menurut saya web dari Toko Online penyedia kebutuhan Photography ini sudah dapat dipercaya karena saat saya  mengunjungi web tersebut pertama domain tersebut sudah terdaftar dengan co.id yang berarti perusahaan tersebut sudah terdaftar di Indonesia, ada contact person, alamat lengkap beserta denah lokasi, sales suport dengan Ym , dan ada fans page Facebook dan Twitternya.

So...guys..! berhati-hatilah sekarang sebelum berbelanja online melalui Internet maupun social media. Karena  dari diri kita sendirilah yang dapat meminimalisirkan segala resiko tersebut jika kita teliti.

1 comment:

  1. Mempelajari testimoni menurut aq cara yg paling ampuh dalam transaksi online.. Identitas penjual memang harus gamblang dan jelas. Namun kalo produknya affiliasi dari toko online ternama misal : Amazon.com identitas publisher tidak gamblang tidak masalah karena kita akan redirect ke web toko online-nya. thanks :D

    ReplyDelete