Tuesday, 12 July 2011

DIGITAL FORTRESS

Judul : DIGITAL FORTRESS
Pengarang:  Dan Brown
Edisi Hard Cover
Cetakan ke III : Juli 2006
Penerjemah : Ferry Halim











Sinopsis :
National Security Agency (NSA) adalah lembaga paling rahasia dan bernilai miliaran dolar. Ketika mesin pemecah kode NSA yang sudah teruji keandalannya menghadapi sebuah kode misterius yang tidak dapat dipecahkan, badan rahasia itu mengundang kepala kriptografernya, Susan Fletcher, seorang ahli matematika yang cantik dan cerdas. Hasil temuan Susan memunculkan gelombang yang mengguncang para pemangku kekuasaan. NSA tersandera ... bukan oleh bom atau senjata, tetapi oleh kode yang begitu kompleks sehingga, jika diedarkan, akan melumpuhkan dinas intelijen Amerika. Terjebak dalam badai-kencang dusta dan rahasia, Susan Fletcher berjuang menyelematkan perusahaan yang dipercayainya. Terjegal dari segala sisi, ia mendapati dirinya tidak hanya berperang demi negaranya, tetapi juga hidupnya dan pada akhirnya, hidup lelaki yang dicintainya. Dari kekuatan ruang bawah tanah ke gedung pencakar langit di Tokyo sampai katedral yang menjulang tinggi di Spanyol, sebuah pertarungan hebat terbentang. Digital Fortress - Benteng Digital Kode Pamungkas, Kuat, Berbahaya dan Tidak Terpecahkan
(sinopsis dikutip dari  http://www.bukukita.com/infodetailbuku.php?idBook=1396)



Salah satu kode  yang ditemukan di dalam novel ini
PFEESESMRETMMFHAIRWEOOIGMEENRMA
ENETSHASDCNSIIAAIEERBRNKFBLELODI

jika dikutak katik ini ada 64 huruf 
64= 8x8 (8 baris , 8 kolam) susunannya menjadi 
dibaca dari atas kebawah seperti
huruf jepang dan sisipkan spasi












PRIME DIFFERENCE BETWEEN ELEMENTS
RESPONSIBLE
FOR HIROSHIMA AND NAGASAKI


maka jika ditelaah pesan tersebut mengingatkan kita pada perang dunia ke 2 saat Jepang di bom dengan bom atom dikota hiroshima dan nagasaki.
bahan dasar pembuat bom atom hiroshima dan nagasaki ada perbedaan yaitu berbahan uranium dan plutonium dimana perbedaannya U-235, U-238 perbandigan antara angka ini adalah 3. dan angka 3 merupakan bilangan prima (prime) itulah angka sandi pemecah benteng digital tersebut

Komentar tentang buku ini :
buku ini tebalnya sekitar 500 halaman awal baca buku ini sih seru tapi ditengah-tengah cerita agak sedikit bosan mungkin karena pengarang menjelaskan ceritanya terlalu detail bermain kata-katanya tetapi di akhir-akhir seru banget. Ternayata benteng digital sandi kode pemecahannya ribet banget di sandi huruf tersebut ada kode terselubung yang harus disusun menjadi sebuah kalimat dan berakhir dengan perbandingan unsur kimia dari bom atom. Dan tau-taunya sandinya cuma satu angka yaitu 3.


Seruu ...seruu seruuu... yang bikin seru dan deg-degan itu karena waktu yang disediakan sudah hampir habis tapi si tokoh yang bernama susan tetap tenang dan mencoba berfikir sampai akhirnya terpecahkan sandi benteng digitalnya. Buku ini mengajarkan saya tentang pentingnya ilmu matematika karena ternyata matematika dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sampai di dunia digital untuk memecahkan sebuah sandi.


Salam Membaca
banyak membaca banyak tahu ^_^

19 comments:

  1. kayaknya bukunya keren\(^^)/ mau bacaaaaaa

    ReplyDelete
  2. Agak mirip sama petualangan Robert Langdon dan seorang ahli simbol wanita di The Da Vinci code kayaknya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ini pengarangnya adalah dan brown yg ngarang buku davinci juga..:D

      Delete
  3. akhir-akhir ini pstingan nya tentang buku semua fir... lagi rajin ngereview ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak juga postingan lama , baru di promo aja..:D

      Delete
  4. NICE INFO GAN!! Kunjungan balik ditunggu ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan..sama sama udah ngunjungin blog ane..!

      Delete
  5. lumayan buat referensi baru nih hehe, sip thanks bro tulisannya kayaknya berguna nih ;)

    ReplyDelete
  6. wah tidak.....matematika.... hehehe....
    Harus belajar Matematika nih biar bisa pecahkan berbagai kode hhihihi

    *lanjutgambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. matematikanya matematika sederhana , kok lebih ke logika..:D
      aku jg ndak suka matmatika..males

      Delete
  7. ada mtmtikanya jd pnsaran deh.. 500 huruf woww

    ReplyDelete
  8. Pasti seru banget tuh bukunnya, sayangnya kapan kelarnya baca buku setebal itu. Ditambah buku itu kayanya nuntut pembacanya buat berfikir juga. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia seru dong...:) kelar klo lagi liburan tau hehee

      Delete
  9. seru ya kayaknya, gue juga suka buku atau film2 yang bercerita tentang misteri gini, misteri ilmiah loh bukan yang misteri hantu :D.


    kalau kode-kode di dunia digital perasaan namanya algoritma ya ?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia cukup seru bikin penasaran tau! :)

      Delete