Friday, 4 March 2011

Asyiknya jadi Freelancer !



Kemarin hari kamis tanggal 3 Maret 2011 saya main ke kantor detik.com untuk menghadiri acara akademi berbagi , dan tema kali ini adalah apa asyiknya Freelancer dengan narasumber pembicara Bpk Glenn Marsalim beliau dulunya adalah seorang creative director bekerja disebuah agency periklanan dan sekarang memutuskan untuk menjadi seorang freelancer.

cerita-cerita yang ia share merupakan ide-ide yang menurut saya sangat-sangat gilaaaaaa dan nekat! sebelumnya di pelajaran mata kuliah change management dosen saya juga bercerita kalau trend pekerjaan kedepan adalah orang-orang yang bekerja Freelancer dan yang mempunyai ide gila yang kreatif yang bisa bertahan di era persaingan globalisasi seperti sekarang.

Asyiknya bekerja menjadi freelancer karena :
1. kita bisa lebih menikmati hidup kita karena kita mempunyai quality time yang baikdari pegawai biasa misalnya pegawai biasa pergi macet pulang macet, bangun anak sudah berangkat ke sekolah dan kita pulang anak sudah tertidur..semua itu tidak akan sering terjadi jika kita menjadi freelancer!

2. kita dapat memilih pekerjaan dari client yang sesuai dengan kemauan kita, (tergantung cocok atau tidak kita bekerja sama dengan client kita) dan semua itu harus terjadi kata sepakat dan menguntungkan kedua belah pihak, sebelum kita memutuskan menerima bekerja sama dengan client dan pihak-pihak lainnya yang terkait.

3. Freelancer membangun mentalitas kita menghadapi segala resiko yang ada. Menjadikan diri kita lebih kreatif dan mandiri. Karena sebelum kita memutuskan menjadi freelancer kita harus kreatif melakukan planing-planing dan pertimbangan yang matang agar disuatu hari kelak kita dapat mengatasi atau meminimalisir segala sesuatu hal yang tidak kita inginkan.



Pesan dan hal yang dapat saya ambil dari diskusi malam itu adalah :
1. Jadi lah orang gilaaa yang mempunya ide kreatif yang tidak biasa dan berbeda dari orang lain, dan mulailah membuat analisis swot dari diri kita sendiri untuk mengukur kekuatan diri kita sendiri, kelemahan kita , peluang, serta ancaman yang timbul dari dalam maupun luar.

2. Konsistenlah kalau bekerja di sebuah perusahaan, Jangan sekali-kali menerima side job dari orang lain disuatu perusahaan (ibaratnya menyerobot client perusahaan) karena suatu saat itu akan menjadi ancaman buat kita dan merusak reputasi kita jika sampai ketahuan kita menerima side job dan bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di luar yang kita bayangkan. Namun lain ceritanya jika perusahaan tersebut membolehkan kita menerima side job , misalnya banyak dosen saya yang mengajar merupakan side jobnya karena disiang hari ia bekerja di kantor. atau dosen-dosen design grafis saya yang pekerjaan tetapnya mengajar dan side jobnya menerima job-job design grafis dari perusahaan-perusahaan/ client-clientnya.

3. Jadi freelancer hal yang mempunyai banyak tantangan dan semua itu dibutuhkan kenekatan dan keberanian. Keluarlah dari Zona aman kita karena zona aman hanya membuat siklus hidup kita tidak berkembang dan menjadi statisss.. Jika kita berada di zona yang tidak aman Sejatuh-jatuhnya kita akan berada di tempat yang paling bawah namun pada akhirnya jika kita berjuang dan tidak menyerah kepada keadaan pasti kita akan bangkit dan akhirnya naik keatas. Namun apabila kita tetap saja berada di zona aman aman saja (diposisi atas) siap-siaplah cepat atau lambat kita akan terjun kebawah dan perlu waktu lebih lama untuk bangkit lagi ke atas karena tidak terbiasa menghadapi zona-zona yang tidak aman.

4. Semua pekerjaan sekali lagi adalah sebuah pilihan : ingin menjadi pegawai, enterpreneur, free lancer, atau pegawai yang mempunya side job? semua kembali kepada pilihan anda. Asalkan semua pekerjaan itu anda lakukan dengan profesional dan tidak merusak atau mengorbankan pekerjaan lain yag akan membuat semua pekerjaan anda berantakan. Mulailah bekerja melakukannya dengan sepenuh hati bahkan mencintai pekerjaan anda!! apapun itu.. asalkan baik bagi diri kita sendiri dan bermanfaat bagi orang lain!

Semua pekerjaan pasti ada resikonya setiap keputusan yang diambil pasti ada konsekuensinya, semua itu tergantung pilihan anda...Karena hidup adalah sebuah pilihan! kita tidak pernah tahu nasib seseorang di dunia ini...tetapi Tuhan tidak akan pernah mengecewakan orang yang sudah mau berusaha...

SEMANGAT!!

akademi berbagi

No comments:

Post a Comment