Friday, 7 January 2011

Kejadian Aneh saat tidur

beberapa hari ini setiap tidur beberapa menit saat saya sudah tidur semakin dalam. Saya selalu merasa rep-rep an rasanya seperti di tindih badan semua serasa lumpuh, secara sadar saya berteriak namun susah untuk mengeluarkan suara. Yang paling berasa itu hari pertama saat saya setelah bangun malam untuk pipis dan saat ingin tidur kembali saya terjadi rep-repan itu dimulai. Rasanya seperti ada bayangan putih lalu memukul pipi muka saya secara sadar saya merasakannya walau masih tertidur dan semua itu selesai ketika saya sudah baca doa surat-surat pendek dan ay
at kursi


Setelah baca surat-surat pendek saya mendengar ada yang membantu saya untuk bangun yaitu seperti suara mamah saya tapi sepertinya bukan dan ia berkata ayo kalau sholat tarawih di masjid dan saya pun akhirnya bangun dan setelah bangun waktu masih pukul 2.30 malam.

Hari kedua waktu masih pukul jam 9 kurang. Sayapun tidur bersama adik saya di kamar dan sayapun tidur di pojok menggunakan selimut selang beberapa menit setelah saya terlelap hal serupa seperti kemarin datang lagi kali ini suasananya seperti gelap dan lebih gelap dari biasanya seperti mati lampu lalu ada asap bayangan-
bayangan putih. Saya terasa takut sekali melihatnya dan asap itu seperti berbicara kepada saya.

Lalu saya seperti di kerjai saya merasa mau di putar-putar badan saya. Dan badan saya pun terasa bergerak lalu badan saya seperti di bangunkan seperti konsidsi sit up dari tidut lalu bangun. Lalu saya
membaca doa kembali surat-surat pendek, Ayat kursi, dan mengucapkan Allahuakbar 3x dalam hati menjerit! saya seperti ditolong seseorang bapak lalu ia ada di belakang saya untuk menidurkan badan saya ke kasur. Sayapun memanggil adik saya namun terasa susah terucap dan
saya hanya berteriak namun yang keluar hanya dengkuran nafas suara tenggorokan saya. lalu setelah itu saya tersadar tersentak bangun!

Sayapun masih hafal persis dan kaget kejadian tadi seperti benar-benar terjadi bukan hanya mimpi. Dan kebetulan saat itu adik saya yang berada di sebelah saya masih belum tertidur. Dan saya bilang ke adik saya kalau saya tadi rep-repan manggil-manggil tapi suaranya gak bisa keluar cuma dengkuran dan dehekan doang ya? Dan untuk memastikan apa yang saya rasakan kalau saya terban
gun saya tanya ke adik saya lagi apa saya tadi pas tidur badannya terbangun? Dan adik sayapun bilang "Ya" tadi tubuh saya memang terbangun posisinya lalu tidur lagi dan ada suara dengkuran suara tenggorokan dan dengkuran. Ternyata hal itu memang benar-benar terjadi bukan perasaan atau mimpi seperti ada yang menarik tubuh saya secara paksa untuk bangun lalu saya di bantu ditidurkan oleh seseorang yang menolong saya sesaat setelah saya membaca doa tsb.(namun kondisi saya masih tertidur)Dan saya memanggil-manggil adik saya namun yang saya rasakan dan sadar tidak bisa terucap namun hanya teriakan yang meninmbulkan dengkuran dan suara dari kerongkongan!Entahlah apa yang terjadi dengan saya. apakah nanti mal
am saya akan terjadi rep-repan lagi?




Secara ilmi
ah sih saya sudah menemukan penyebabnya melalui website
http://www.apakabardunia.com/post/sains/pernah-tidur-seperti-di-tindih-setan-berikut-penjelasanya . Dan berikut penjelasannya :
Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? dont worry, anda tidak sedang diganggu makhluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya. Pada saat mengalami ini biasanya kita akan sulit sekali bergerak dan kemudian ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali,biasanya disertai juga dengan munculnya bayangan kegelapan. Hal inilah yang diasumsikan "ketindihan" makhluk halus orang sebagian besar orang.

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit.

Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis. Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien.

Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.


Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM). Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan.

Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi. Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.



Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.


Dan itu semua menyebabkan saya tidak khawatir lagi dan merasa tenang. Semoga nanti malam saya dapat tidur dengan nyenyak !


2 comments:

  1. wakakakakak ini mah bukan hantu kale...... ga usah sampe lebay berdoa2 gitu seakan2 ada hantu....

    nih gw jelasin.. di otak kita ada sistem yg akan melumpuhkan kita saat kita tidur, tujuannya supaya waktu kita mimpi (misalnya kita mimpi lagi lari) badan kita tetep kondisi tidur, bukannya ikut lari sambil tidur!

    nah, waktu lo bangun tengah malam itu kondisi lo pasti capek dan ngantuk soalnya lo bangun pas ditengah2 tidur.. waktu lo balik buat tidur, otak lo masih cape tapi lo masih sadar, soo otak lo udah ada di "dunia mimpi" dan otak lo udah mulai melumpuhkan tubuh.... tapi lo masih sadar..

    itu biasanya dinamakan: "ketindihan hantu"


    dan kenapa lo ngeliat bayangan putih atau berasa di cekik atau ditampar??

    jawabannya:
    soalnya otak lo udah ada di dunia mimpi, karena lo merasa takut yg sangat2 takut, maka muncullah bayangan yg lo takutin itu, makanya lo kalo mimpi jangan mikir yg macem2 wakakak malah kejadian beneran kalo di mimpi.. bahkan waktu lo melek pun bayangan itu bisa muncul, tapi itu sebenernya cuma pikiran kita, bukan hantu!!

    hehe gw mau share pengalaman nih, gw biasanya pas mimpi dan kalo gw sadar gw lagi mimpi.... gw mikir "ini kesempatan gw buat ngelakuin apa yg gw mau, dan apa yg ga boleh dilakuin di dunia!!"
    trus gw langsung munculin bayangan cewe dan sex deh..... akhirnya tau juga rasanya....

    ReplyDelete
  2. thx yah komentarnya
    panjang..
    ia kok udah tau..kan wkt itu kan pas blom tau..:)

    tp ada temen yg punya kekuatan supranatural gitu.. emang klo dijelasin secara ilmiah kayak gitu
    tp bisa jugaaa emang jin atau korin kita..:)

    ReplyDelete