Monday, 15 November 2010

cara cepat saya belajar bahasa asing!

Belajar bahasa ternyata sangatlah mudah! itu yang dirasakan oleh saya ketika mencoba belajar bahasa spanish mulai dari basic, dan alfabet bahasa spanish hampir sama dengan indonesia. Pengucapan kata-kata dalam bahasa spanish juga hampir sama dengan indonesia apa yang ditulis sama dengan yang diucapkan. Bahasa spanish sangatlah mirip dengan bahasa portuguese namun menurut saya pengucapan kalimat atau kata-kata dalam bahsa portuguese sangatlah susah! ibaratnya bahasa portuguese seperti bahasa melayu atau bahasa daerah lainnya di indonesia (ada logat dan cengkok) sedangkan dalam bahasa indonesia tidak ada logat dan cenkoknya!




oh ia ada tips untuk kalian yang baru mempelajari bahasa baru atau yang ingin mempelajari sebuah bahasa asing lainnya :
1. interest dengan negara tersebut seperti tertarik dengan kultur, budaya, film, lagu bahkan tarian.
2. menghafal buat saya bukanlah yang utama tetapi lebih penting memahami sebuah arti
3. jangan dahulu belajar grammernya karena grammer akan mengikuti jika kita sering latihan berbicara dan tak perlu di hafal
4. gunakanlah otak kiri anda saat menerima apa yang disampaikan caranya jangan mencoba memikirkan arti dari bahasa yang diucapkan tersebut. Tapi cobalah ikuti dan pahami maksudnya.
5. jangan coba berusaha mengingatnya atau menghafalnya secara sadar! gunakan bawah sadar pikiran anda untuk mengingatnya
6. bacalah perlahan-lahan dan sambil mengimajinasikan atau menggambarkan arti kata tersebut dalam pikiran anda sambil memahami.
7. dengarkanlah musik dan bacalah textnya agar lebih jelas
8. dengarkanlah podcast.
9. dengarkan dan lihatlah berita atau video.



oh ia waktu saya belajar bahasa inggris juga demikian agar mengerti dengan jelas saya membuka learning english VOA dan BBC dari yang awalnya saya gak tau dia ngomong apa karena terlalu cepat namun karena ada text yang saya baca sama seperti yang pembawa acaranya ucapkan jadi saya tahu dan mengerti betul!
jika kamu baru pemula cobalah buka voa learning english karena disana anda bisa mendengarkan sambil membaca dan juga english VOA lebih mudah dipahami dan dimengerti karena penggunaan kata-katanya tidak begitu sulit dibanding BBC. Dan juga pembawa beritanya berbicara cukup jelas dan tidak terlalu cepat! Baca dan dengarkan podcast dengan judul yang sama minimal sehari 2x selama 30 menit pagi dan sebelum tidur selama 1 minggu atau dengarkanlah sampai bosan dan anda paham betul apa topic yang dibicarakan!
carilah dan tulis kata-kata vocab yang susah tapi jangan dihafal tapi di mengerti! setidaknya jika kamu nanti ketemu vocab itu lagi paling tidak kamu ingat pernah mencari di kamus dan menulisnya atau jika kamu lupaa banget arti indonesianya setidaknya kamu sudah paham apa maksud kata itu!





dan setelah anda sering membaca dan mengerti vocab dan apa yang dibicarakan cobalah test menggunakan speaking24.com dan masukan id skype anda lalu anda bisa mengobrol dengan memilih topic yang diinginkan dengan orang-orang dinegara lain yang sedang belajar bahasa inggris atau yang ingin meningkatkan skill bahkan disana kita dapat menemukan seseorang yang ingin mengajarkan kita!

oh ia untuk bahasa spanish saya mengunjungi web seperti spanishdict.com
dan menggunakan youtube! serta menonton tayangan televisi spanish

No comments:

Post a Comment