5 Alasan udah jarang ngeblog dan solusinya agar saya kembali produktif


Di tahun 2024 ini, gak kerasa sudah bulan Mei. Dan kalau dilihat-lihat saya udah agak jarang menulis atau update blog. Ada banyak alasan sih sebenernya tapi ada solusi jika saya ingin kembali lagi produktif untuk menulis dan update blog.

1.  Waktu terbatas
Untuk menghasilkan sebuah tulisan, biasanya saya membutuhkan  waktu untuk fokus dan waktu untuk fokus menulis ini agak kurang bila memiliki banyak kesibukan. Sebenarnya waktu bisa di atur misalnya saya bisa fokus 30 menit hingga satu jam sehari untuk menulis di pagi atau malam hari.

2. Kebanyakan  scroll instagram dan sosmed
Sharing saat ini tidak hanya dalam media blog. Media seperti instagram bisa mnenjadi tempat kita ngeblog dan sharing. Jika saya punya waktu untuk scroll social media dalam satu hari sekitar 1-1.5 jam berarti artinya saya bisa fokus untuk menulis dan membuat content tulisan. 

3. Merasa blog sudah sepi pengunjung
Ini yang saya rasakan, pengunjung blog saya sudah mulai sepi. Tapi jika dilihat dari judul-judul tertentu. Masih banyak dicari oleh orang. Itu artinya masih banyak yang membca tulisan saya walaupun tidak seramai dulu.

4. Terlalu banyak terpapar konten video
Bagi orang Indonesia kebiasa Nonton dengan membaca saja sudah kalah. Menonton lebih digemari jika kita lihat dari hasil survei. Apalagi disuruh menulis? Rasanya lebih sulit. 

Nah, buat orang yang kayak saya yang udah asik dengan menikmati content video, seharusnya jangan menonton video terus. Sekali-kali blog walking lagi sambil saling berkunjung dan bersilaturahmi dengan para blogger.


5.  Tidak punya topik untuk di bahas
Sebenarnya kadang bingung genre blog saya ini gado-gado. Jadi tidak ada topik khusus yang mau di bahas. Semuanya suka-suka. Kayaknya saya harus membuat content pilar untuk beberapa topik misalnya saya suka dengan makanan, cafe, review tempat, lifestyle, dan juga sharing seputar dunia digital, dan lainnya. Nanti akan saya buat jadi lebih terarah.

Oke segitu dulu, saya udah merasa hebat bisa meluangkan waktu untuk menulis ini sekitar 30 menit. 

Setelah sekian lama vakum. Entah ini tulisan ke berapa buat saya untuk membangkitkan semangat didiri saya sendiri untuk bisa sharing dan menulis

Comments