Cara Atur Gaji Kecil untuk Investasi Reksadana Pasar Uang

Semakin banyaknya informasi tentang manfaat investasi membuat banyak orang tertarik untuk membelinya, namun tidak sedikit yang terkendala dengan minimnya dana yang dimiliki. Anggapan bahwa investasi hanya bisa dimiliki oleh orang berpenghasilan besar tidak benar. Semua bisa memiliki produk yang cuan, seperti reksadana pasar uang

Fakta saat ini, banyak produk investasi dengan harga terjangkau, bahkan di bawah Rp 1 juta sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa membelinya. Keuntungan reksadana pasar uang sebagai salah satu instrumen investasi adalah tersedia dengan harga terjangkau dan terbukti bisa memberikan keuntungan maksimal. 

Cara Kelola Pendapatan Rp. 1 juta untuk Investasi Reksadana Pasar Uang
Dalam memulai berinvestasi, modal pertama adalah niat. Sebagai contoh jika ingin mempunyai reksadana pasar uang, maka harus bertekad untuk menyisihkan uang agar bisa membelinya. Tanpa tekad yang kuat, maka keinginan tersebut tidak akan pernah terwujud. Meski mempunyai gaji yang terbatas, namun selama bisa mengelola dengan baik pasti dapat menyisihkan untuk membeli produk investasi. 

Dalam berinvestasi, salah satu yang tidak kalah penting adalah menentukan kapan dana dan keuntungannya akan digunakan. Ini berkaitan dengan jenis produk yang paling tepat. Bagi yang mempunyai tujuan ekonomi jangka pendek, reksadana jenis pasar uang bisa menjadi pilihan. Salah satu keuntungan reksadana pasar uang adalah jangka investasi pendek. Bagaimana cara mengelola gaji Rp. 1 juta agar bisa berinvestasi? 

#1 Rencanakan keuangan dengan cermat
Dalam mengelola uang, berapapun jumlahnya tidak akan pernah cukup jika tidak diatur dengan benar. Karena itu perlu mengetahui bagaimana cara agar pendapatan yang ada bisa untuk memenuhi semua kebutuhan dan bisa menabung serta berinvestasi. 

Perencanaan yang cermat merupakan kunci agar bisa memiliki investasi reksadana pasar uang. Jangan menunggu uang sisa untuk bisa berinvestasi karena pada kenyataannya tidak pernah bisa. Tabungan dan investasi harus masuk dalam anggaran sehingga sudah diagendakan sejak awal menerima gaji atau mendapat penghasilan. 

Meski jumlah pendapatan dalam kisaran Rp 1 juta, tetap bisa mempunyai produk investasi yang cuan. Keuntungan reksadana pasar uang, investasi ini tersedia mulai dari nominal kecil sehingga siapa saja bisa membelinya tanpa harus mengganggu pemenuhan kebutuhan utama.

#2 Biasakan untuk berhemat
Berikutnya, harus membiasakan diri untuk berhemat. Hemat tidak sama dengan pelit pada diri sendiri. Dengan berhemat justru menghargai uang yang kita miliki. Pemanfaatan uang dengan tepat justru akan mendatangkan kesejahteraan sehingga bisa bebas finansial. Banyak cara untuk berhemat yang bisa dilakukan seperti membeli barang seperlunya saja, mematikan listrik jika tidak diperlukan dan lainnya. 

Meski dengan beberapa langkah tersebut hanya bisa sedikit menekan pengeluaran namun jika dikumpulkan jumlahnya bisa lumayan. Penghematan bukan hanya dapat menekan pengeluaran namun juga bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik karena tidak perlu khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup.

#3 Buat proporsi pengeluaran dengan skala prioritas 
Berikutnya, dalam mengelola pendapatan kecil agar bisa memiliki produk investasi reksadana pasar modal adalah dengan membuat proporsi pengeluaran berdasarkan skala kebutuhan. Idealnya dari total pendapatan 50% untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk memenuhi keinginan dan 20% untuk tabungan dan investasi. 

Dengan membuat planning pengeluaran berdasarkan skala prioritas tersebut maka penggunaan uang akan lebih maksimal.  Cara ini membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja karena hasilnya terlihat, yaitu ada tabungan atau produk investasi. 

#4 Jadikan investasi sebagai kebutuhan
Terakhir adalah menjadikan investasi sebagai kebutuhan. Anggapan bahwa hanya orang dengan pendapatan besar yang pantas mempunyai produk investasi sangat keliru. Justru semua orang, termasuk yang berpendapatan kecil perlu mempunyai produk investasi. Tujuannya agar bisa mendapatkan keuntungan reksadana pasar uang yang terbukti cuan sehingga bisa menambah pemasukan secara pasif. 

Dengan membeli produk investasi sebenarnya merupakan langkah untuk meningkatkan kesejahteraan karena bisa mendapatkan tambahan pemasukan. Saat ini untuk membeli produk investasi lebih mudah dan fleksibel karena banyak bank yang menyediakan dalam bentuk aplikasi sehingga mudah untuk mengaksesnya. 

Ketika menyusun anggaran pengeluaran jangan lupa untuk memasukkan investasi. Besarnya dana yang dialokasikan bisa menyesuaikan dengan pendapatan yang ada, yang penting berinvestasi secara konsisten. 

Investasi Reksadana Pasar Uang Makin Untung Melalui Aplikasi digibank by DBS
Semua orang membeli produk investasi tujuannya untuk mendapat keuntungan. Namun investasi merupakan instrumen yang mempunyai dua potensi, yaitu menguntungkan atau merugikan. Oleh karena itu, agar Anda bisa mendapatkan untung dan passive income, pilihlah produk yang terpercaya, seperti reksadana pasar uang. 

Investasi reksadana pasar uang memang cenderung minim risiko. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk mencoba memulainya, sekalipun gaji yang Anda miliki tidak berjumlah besar. Selain itu, supaya lebih aman dan terjamin, Anda bisa memilih Aplikasi digibank by DBS sebagai aplikasi investasi yang terpercaya.  

Sudah banyak investor yang membuktikan kinerja dari digibank by DBS. Yang mana fitur-fiturnya user friendly, sehingga pemula pun bisa mencobanya. Adapun beberapa keunggulan jika berinvestasi reksadana pasar uang di Aplikasi digibank by DBS, antara lain: 
  • Ada lebih dari 50 jenis produk investasi

  • Tersedia jenis investasi yang bisa dipilih menggunakan 3 fitur kategori yaitu: kinerja terbaik, terpopuler serta scoring terbaik.

  • Dapat memulai investasi dengan dengan modal terjangkau yaitu Rp 100.000

  • Bisa membeli produk secara berkala dan fleksibel


Semua transaksi mulai dari daftar SID (Single Investor Identification) jual beli dan switch produk dapat dilakukan dalam satu aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses dari smartphone

Penghasilan yang terbatas, seperti kisaran jumlah Rp. 1 juta sebulan bukan hambatan untuk mempunyai produk investasi yang menguntungkan. Salah satu pilihannya adalah reksadana pasar uang dari digibank by DBS yang aman dan membantu untuk meraih keuntungan. Ketahui informasi lengkap dari produk digibank by DBS pada link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana

Comments