Apakah Kita Harus Membuat Tiktok dan Berjoget-joget di Era Digital Saat ini?


Ada teman yang bertanya kepada saya. Apakah membuat Tiktok, Mengedit Video, berjoget-joget adalah sebuah keharusan di era digital saat ini?

Saya pun menjawab tentu saja tidak! 

Kita tidak perlu berjoget-joget, kita tidak perlu bisa membuat dan mengedit video. Jika semua itu tujuannya hanyalah untuk menyenangkan orang lain.

Bila berjoget-joget bukan value dari hidup kita, maka kita tidak usah melakukannya. Membuat dan mengedit video juga bukan sebuah keharusan karena tidak semua orang itu harus menjadi seorang content creator.

Namun, membuat dan mengedit video, memasukan narasi atau bercerita lalu membagikannya ke media sosial mau itu Tiktok ataupun Instagram yang dilakukan demi kesenangan diri sendiri itu boleh dilakukan. 

Bersosial media intinya itu untuk bersenang-senang. Kita tidak perlu memaksakan diri jika belum bisa.

Tetapi kita bisa mulai mencobanya dari hal yang simple dan sederhana. Ketika membuat video kita tidak perlu berjoget-joget.

Saya sendiri sudah mulai serius untuk mengasah kemampuan untuk membuat dan  mengedit video kurang lebih selama 1 tahun ini. Hal tersebut lantaran content instagram dengan reelsnya, saat ini lebih memiliki views dan jangkauan yang lebih luas. Kedua, ya karena pekerjaan saya menuntut saya untuk mau tidak mau membuatnya.

Lalu apakah kegiatan menulis ini saya tinggalkan? Tentu saja tidak!

Karena buat saya menulis itu sebagai obat dan ketenangan jiwa. Menulis atau jurnaling di blog itu sudah menjadi bagian dari hidup saya. Saya tetap menulis walaupun tidak menghasilkan uang sekalipun. 

Karena menulis di blog ini, buat saya adalah berbagi atau lebih tepatnya berbagi pengalaman dan rasa. Sambil bisa menjalin networking dengan sesama para blogger atau pun para pembaca.

Kalaupun blog sudah tidak ada, blog hanyalah platform dan saya tetap bisa menggunakan platform lain untuk berbagi inspirasi.

Comments