Alasan Kenapa Lebih Memilih Blogspot Ketimbang Wordpress

source: Akoeng97

Membuat blog sejak 2008, saya pernah mencoba beberapa platform mulai dari blog friendster, blogpsot, kompasiana,  multiply, tumblr, wordpress, dan medium.

Namun saya tetap menggunakan blogspot sebagai platform utama, karena sudah terlanjur dan akun blogspot lebih mudah terintegrasi dengan produk google lainnya secara otomatis.

Memang untuk masalah custom, wordpress lebih terlihat premium dan bisa di custom dengan plugin-plugin di dalamnya sehingga bentuk web blog kita terlihat ciamik.

Saya juga menyayangkan kenapa google tidak rutin melakukan pembaruan pada blogspot. Padahal jika google ingin serius mengembangkan blogspot, bukan tidak mungkin custom seperti wordpress menjadi lebih mudah dan akan banyak digunakan oleh pengguna tidak hanya seorang blogger. 

Buat yang mau membuat website seperti company profile dan landing page. Google juga memiliki fitur lainnya yaitu Google Site.

Berdasarkan halaman Wikipedia, dijelaskan kalau Google Site adalah aplikasi wiki terstuktur untuk membuat web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun corporate. Aplikasi ini ternyata sudah lama loh dan semula bernama jotSpot yang diperutnukan untuk perusahaan kecil dan menengah. Google pun sudah mengakuisisinya sejak Oktober 2006 silam.

Balik lagi soal, kenapa saya lebih memilih blogspot selanjutnya karena saya sudah terlalu nyaman di platform ini. Sayapun sudah banyak gonta-ganti template dari pihak ke-3, dari yang gratis sampai yang premium hingga akhirnya 2-3 tahun terakhir saya menggunakan template bawaan dari blogspot lagi agar lebih simple.

Sebab menurut saya saat tampilan di mobile, template premium saya juga terasa sama saja tidak jauh beda. Dan setelah saya kembali menggunakan template dari bawaan blogspot, akun google ads saya telah di approve.

Alasan terakhir saya lebih memilih blogspot, mungkin belum ada platform atau cms lain yang lebih aman. Sebab beberapa kali teman dan client saya menggunakan wordpress ada saja hacker yang mendapatkan celah merusak tampilan website kita lantaran template yang dibeli (meskipun premium), ada celah yang bisa disusupi oleh hacker.

Oke itulah alasan saya kenapa masih betah menggunakan blogspot.



Comments