Selamat Berbuka Puasa Bahasa Inggrisnya Apa? Yuk Belajar Sama-sama


Bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris, jangan lupa untuk mempelajari berbagai istilah kalimat, salah satunya untuk mengucapkan selamat berbuka puasa. Pasti banyak yang bertanya-tanya selamat berbuka puasa bahasa Inggrisnya apa, agar tidak salah pengucapan. Nah, berikut pembahasan mengenai bahasa Inggris dari kalimat selamat berbuka puasa.

Bagaimana Ucapan Selamat Berbuka Puasa Bahasa Inggris yang Tepat?

Banyak orang yang menggunakan kalimat "Happy breakfasting" atau juga "Happy fast-breaking!" untuk mengucapkan selamat berbuka puasa dalam bahasa Inggris. Hal inj dikarenakan bahasa Inggris puasa Ramadhan adalah Ramadan fasting. Namun, ternyata pengucapan kalimat selamat berbuka puasa tersebut belum tepat dengan aturan bahasa Inggris.

Sebenarnya secara gramatikal, fast-breaking bisa saja digunakan dan benar bila berfungsi sebagai frasa benda. Contohnya pada kalimat "How was your fast-breaking?" di mana buka puasa menjadi objeknya. 

Namun, dalam aturan bahasa Inggris pengucapan selamat berbuka puasa dari kamus besar Oxford dan Cambridge tidaklah begitu. Istilah yang digunakan untuk menyebut berbuka puasa adalah iftar. Kata ini memiliki arti Ramadhan dinner atau makan malam di bulan Ramadhan. Sehingga kata ini bisa digunakan untuk menyebut aktivitas berbuka puasa dalam bahasa Inggris.

Contoh-Contoh Ucapan Selamat Berbuka Puasa Bahasa Inggris

Dari penjelasan mengenai pengucapan selamat berbuka puasa di atas, Anda dapat mengucapkan selamat berbuka puasa dengan kalimat "Happy iftar!"  atau "Enjoy your iftar meal". Agar ucapannya lebih bermakna, maka Anda bisa menambahkan kalimat doa untuk orang yang sedang berpuasa. Berikut beberapa contoh kalimatnya.

Happy iftar! may Allah bless your family and accept your fast! 

(Selamat berbuka puasa! semoga Allah memberikan berkah untuk keluargamu dan menerima puasamu!)

Have a happy iftar with your family! May Allah bless your life in this month of Ramadan. 

(Selamat berbuka puasa dengan keluargamu! Semoga Allah memberikan berkah kepadamu di bulan Ramadan ini.)

Happy Ramadan Iftar for you and your family! I pray that you always happy and healthy! 

(Selamat berbuka puasa Ramadan untuk dan keluargamu! Aku berdoa agar kamu bahagia dan sehat selalu!)

Itulah pembahasan bagi Anda yang bertanya-tanya selamat berbuka puasa bahasa Inggrisnya apa. Kalimat ini akan sering digunakan ketika bulan puasa atau Ramadhan tiba yakni untuk mengucapkannya kepada orang terdekat. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris lebih mendalam, maka bisa daftar ke program EF Adults untuk orang 


Comments

  1. Dulu temen2 kampusku yg sesama orang asing di Malaysia juga pakai kata iftar, drpd fast breaking. Malah seingetku ga ada yg pake Kata2 itu selain temen yg orang Indonesia 😅. Makanya aku jadi kebawa pake iftar juga .

    ReplyDelete

Post a Comment