Tips Buat Pejuang Content dan Alogaritma yang Selalu Berubah-Ubah

Perkembangan dunia content saat ini semakin pesat. Banyak orang berlomba-lomba membuat content yang semenarik mungkin agar bisa banyak dilihat orang dan akhirnya viral.

Namun baik Instagram, Tiktok, Google saat ini selalu mengupdate alogaritmanya sehingga banyak orang ada yang mudah trending atau FYP tapi ada juga yang biasa-biasa saja dan akhirnya tenggelam hingga susah naik kepermukaan.

Tenang! Membuat content tidak sesusah itu kok asalkan kamu sudah melakukan beberapa hal ini :

1. Melakukan Riset
Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan cara mengamati. Coba lihat content seperti apa sih yang memiliki banyak view, yang FYP atay yang viral? Kita harus tahu selera masyarakat ketika menikmati konten saat ini. 

Misalnya content yang ringan, menghibur, bermanfaat atau yang bisa membuat audience tertawa dan akhirnya content tersebut sharable dan memiliki banyak viewers.

2. Coba Amati Tiru dan Modifikasi
Cara termudah untuk membuat content kamu bisa melakukan cara ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Namun yang tidak boleh adalah PLAGIAT yang benar-benar plek ketiplek sama. Jika kamu ingin melakukan cara ATM coba cari angle yang berbeda misalnya angle yang sesuai dengan audience kamu. 

Misalnya aja nih, kamu terinspirasi membuat content menggunakan skincare merek A. Mungkin dengan skincare yang sama kamu bisa menggunakan angle yang berbeda misalnya cara menggunakan skincare A sambil rebahan.

Pokoknya kamu bisa cari angle yang sesuai dengan kamu dan audience kamu banget atau se-kreatif mungkin.

3. Jangan Bikin Dengan template atau formula yang sama terus-menerus
Ingat audience itu butuh penyegaran dan sesuatu yang sedikit berbeda. Kamu memang boleh meiliki ciri khas, tapi bukan berarti kamu menggunakan template atau treatment yang sama untuk setiap contentnya ya. Karena yang namanya social media itu trend nya cepat berubah-ubah dan kita tidak boleh terus menerus berada di zona nyaman.

4. Keluar dari Zona Nyaman Kamu
Misalnya kamu pembuat content musik pop, bisa loh sekali-kali kamu membuat lagu pop dengan aransemen yang berbeda misalnya jadi di dangdutin, di sindenin, atau lainnya. Dengan mencoba keluar dari zona nyaman kamu, maka kamu bisa mengeksplor kemampuan kamu lebih luas lagi.

5. Update Skill Kamu Terus
Content digital itu berkembang mulai dari tulisan, desain, infografis, editing foto, dan sekarang sedang booming content video.  Maka mau gak mau kita harus update skill kita agar terus sesuai dengan perkembangan zaman. 

Untugnyanya sekarang banyak aplikasi video editing yang mudah dan simpel bahkan kita bisa mengedit langsung dari perangkat smartphone. Paling tidak dengan kita sering mengedit video,  skill dan kreativitas kita lebih terasah. 

Setelah mengerti konsep dan cara editing video, bukan tidak mungkin kedepannya kita mencoba aplikasi lain yang lebih profesional karena konsep aplikasinya pasti tidak jauh berbeda.

6. Membuat Content Dari Hati
Setiap membuat content, buatlah dari hati. Buatlah content baik itu tulisan, foto, video, desain dan lainnya untuk kepuasan diri sendiri dahulu.

Dengan kita merasa puas dan senang. Maka content tersebut pastinya dapat dinikmati juga oleh orang lain. Sesuatu yang dibuat dari hati pasti akan lebih punya hati di mata audience.



Comments