Hanya Membaca Buku Tidak Membuat Kita Langsung Pintar

 

via: unsplash

Jika dahulu buku adalah jendela dunia, maka membaca buku saja tidak serta merta membaut kita menjadi orang yang pintar. 

Buku membuat kita banyak tahu, banyak belajar dari sudut pandang si penulis. Akan tetapi kita sebagai pembaca akan mendapatkan inside, dan inside inilah yang menentukan apakah akan di pergunakan atau hanya sekedar mengetahuinya saja.

Banyak orang tahu cara mengoperasikan komputer tapi ia tidak dari membaca buku. Ada orang tahu cara mengoperasikan komputer namun hanya sekedar text book dan tidak pernah memegang komputer yang asli sama sekali.

Jadi disini, buku itu penting untuk kita mendapatkan inside namun kembali lagi setelah mengetahuinya, akan kita apakan? Apakah dipergunakan untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari atau tidak?

Sama halnya kita kuliah, kuliah mengambil jurusan yang tidak kita minati dan akhirnya ilmu hanya menjadi nilai di selembar kertas.

Ilmu yang di dapat dari otodidak atau pengalaman itulah cara belajar yang terbaik. Jika ingin mendalami bidang baru apapun itu, kita harus kecemplung dahulu di dalam lingkungannya dan pelan-pelan kita belajar banyak saat berada di dalamnya.

Ibarat berenang ya kita harus nyebur, tidak ada orang yang bisa berenang tanpa nyebur dan menyelam.

Comments