Nostalgia : Hampir 11 tahun berlalu, Karir Pertama di Oktagon Photography (Oktagon.co.id)

Oktagon Anniv. ke - 9 (2011)


Dunia digital berkembang pesat, semua cepat berubah kalau tidak mau termakan oleh zaman. 

2011 awal pertama saya bekerja di industri digital yakni perusahaan photography yang sedang masuk ke ranah online dan memiliki website belanjanya bernama Oktagon.co.id

Meskipun menjadi platform belanja online e-commerce, akan tetapi di dalamnya memiliki sistem manual layaknya sista-sista online shop yang berjualan di social media seperti facebook. Sebab semua barang yang terpajang stocknya belum tentu ada.

Jika adapun, saya yang juga merangkap sebagai mimin perlu mengkalkulasikan jumlah total belanjaan secara manual , cek ke gudang, cek ke finance jika uang sudah di transfer, dan copas status pesanan atau resi melalui email.

Meski sistem masih banyak kekurangan kala itu, tetapi saya terbantu dengan layanan chat yang bernama Yahoo Messanger (YM) yang tutup layanannya pada 17 Juli 2018.

Selang dua tahun YM tutup, Oktagon.co.id ternyata juga menutup layanannya di awal-awal pandemi 2020. (saya kurang tahu tepatnya kapan? Karena kegiatan marketing di sosial media terakhir update pada Maret 2020)


Meski sudah hampir 11 tahun berlalu namun saya masih keep contact dengan anak-anak website seperti Winda, Erna dan juga anak sales admin Mba Devi, hingga anak marketing seperti Rindu dan Tari yang sukses dengan bisnis Cimolnya yaitu Cemil Cimol.

Banyak hal yang saya pelajari mengenai digital marketing yang masih konvensional disini. Mulai web admin, sales admin, social media, forum, blog dan juga mailing list yang tentu saja semuanya dikerjakan tanpa menggunakan tools berbayar atau berlangganan.

Sedangkan untuk bisnis photography sendiri, Oktagon.co.id sekitar 2015 (CMIIW) juga memfokuskan diri sebagai platform e-commerce yang menjual barang-barang digital lainnya seperti smartphone, smartwatch, dan lainnya diluar alat-alat photography.

Saat Gajian Tiba di akhir bulan ATM Danamon Pecahan 20ribu di Golden Trully menjadi incaran

Foto webcam di sela-sela kerja (ka Puput, Mba Devi, Winda)
Erna, Sisca , Mba Devi, Mba Mila


Jadi lebih suka bawa laptop sendiri dibanding pake komputer karena udah lemot komputernya jadul 😀


Jalan-jalan mandiri solidaritas dan inisiatif para karyawan tanpa sponsor kantor (*foto anak web paling belakang dan aku ketutupan 😁)

Last day mba Anisa Gultom, teman belakang meja

Perpisahan Pak Andrew Linggar (Linggar Seni)


Dikurang lebih 1 tahun tersebut, saya pun banyak belajar di dunia photography meski tidak menyelami terlalu dalam. Paling tidak saya bisa memiliki kemampuan untuk menjual baik online maupun offline. Dizaman saya kala itu Canon DSLR merajai penjualan, disusul dengan Sony,  Nikon, Olympus dan Pentax.

Untuk Pentax, Tas National Geographic, Manfroto, Pocket Wizard dan Crumpler Oktagon adalah distributror  resmi di Indonesia. Untuk claim garansi para pembeli merek tersebut (kala itu) bisa claim di lantai 3 pusat servis yang bernama Oktacare.

Untuk sekolah photogrphy, Oktagon juga memiliki lembaga pendidikan fotografi yang bernama Neumatt dengan kurikulum internasional yang sudah di modifikasi sehingga menjadi lebih mudah di aplikasikan.

Meski Oktagon saat ini tinggal kenangan, tetapi ilmu yang saya dapatkan 11 tahun lalu baik itu management e-commerce, negoisasi dengan customer, digital marketing dan photographynya. Bisa saya aplikasikan pada karir saya selanjutnya di dunia digital marketing  bahkan hingga saat ini.


Last Day:


moment terkocak saat last day

Comments