6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Lensa Kontak

 




Kadang menggunakan kacamata buat saya merasa kurang bebas, terlebih jika banyak aktivitas seperti gym atau olahraga. Saya sering merasa  tungkai kacamata dan sisi karet penyangga yang terletak dekat hidung, lama kelamaan meninggalkan bekas yang membuat saya sedikit kurang nyaman.

Rasanya pingin banget pakai softlens biar terasa lebih bebas, akan tetapi banyak hal pertimbangan yang harus saya perhatikan ketika hendak menggunakan softlens. Saya pribadi sudah menggunakan lensa kontak atau softlens sejak tahun 2008, namun dalam 2 tahun terakhir ini saya memang sudah jarang menggunakannya.

Nah, buat kamu yang inign menggunakan lensa kontak. Berikut hal-hal yang harus di perhatikan:


1. Konsultasikan ke dokter

Sebelum menggunakan lensa kontak, saya berkonsultasi dulu dengan dokter mata saya. Sebab 2 tahun lalu mata saya sering iritasi dikarenakan terlalu sensitif dengan debu dan polusi hingga menyebabkan mata saya bengkak. Nah, sebelum menggunakan softlens saya mengecek kembali mata saya ke dokter. Untungnya mines mata saya di 2021 ini,  tidak bertambah dan setelah diperiksa dokter mata saya  memperbolehkan saya menggunakan lensa kontak dengan catatan harus merawat lensa dengan baik.

2. Merawat Kontak Lensa 

Untuk merawat kontak lensa sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita tinggal merendam softlens dengan rinse cleaner yang dijual di optik atau drag store seperti Guardian, Watson bahkan supermarket besar sudah mudah menemukan cairan pembersih lensa.

Untuk cairan pencuci lensa harus diganti setiap hari, atau kalau saya 2 hari sekali apabila lensa kontak tidak digunakan. Biasanya saya merendam lensa kontak semalamaan hingga keesokan harinya lensa kembali segar saat digunakan.


3. Jaga kebersihan

Sebelum menggunakan kontak lensa kita harus mencuci tangan dengan sabun dan mengeringkan tangan hingga bersih. Hal ini mencegah kuman atau bakteri yang cukup rentan ada di tangan kita sebelim menyentuh lensa kontak.

Selain, mencuci tangan saya sering menghindari angin dan debu agar lensa kontak tidak kotor dan mata saya tidak iritasi.


4.  Kadar Air Mata Untuk Menjaga Kelembaban

Untuk menjaga kelembaban lensa kontak, biasanya saya menggunakan lensa dengan kadar air 42-55%. Memilih kandungan  kadar air pada lensa kontak, sebenarnya tergantung dari masing-masing mata sesorang. Untuk mata saya yang terbilang normal (tidak mudah kering) menggunakan lensa kontak dengan kadar air 42-55% masih sangat terasa nyaman, bahkan kadang seperti tidak menggunakan lensa.

Jika berada diruangan ber-ac saya selalu menggunakan tetesan air mata untuk lensa kontak. Dan jangan menggunakan cairan pembersih karena cairan pembersih berbeda fungsi dengan cairan untuk tetesan mata ya.


5. Lama penggunaan lensa kontak

Lama penggunaan lensa kontak biasanya saya menggunakannya hanya 7-8 jam dan mungkin maksimal-maksimal banget sekitar kurang lebih 10 jam. Jangan lupa saat akan tidur selalu copot lensa agar lensa tidak kering selama kita tidur dan terhindar dari bahaya seperti lensa hilang saat tidur sehingga membuatnya tidak lagi steril


6. Tempat membeli softlens online terlengkap di Eyelovin

Saat membeli lensa kontak atau softlens biasanya saya membeli di optik karena biar langsung dan lebih aman karena biasanya optik lebih terjamin. Namun, saat ini ketika semua serba online membeli lensa kontak harus diperhatikan. Karena bisa saja softlensnya belum tentu terjamin keaslian dan kwalitasnya.

Untungnya saat ini ada Eyelovin situs  softlens yang cukup lengkap menjual berbagai varian dan merek softlens. Saya mencoba mite clair berwarna brown yang ternyata lensanya cukup nyaman digunakan sehari-hari warna dan coraknya juga cukup bagus.

Next mungkin saya akan purchase softlens lainnya di eyelovin lagi


Comments

  1. iya harus hati2, banyak murid aku mengalami iritasi mata bahkan ada yang parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia haru hati2 banget..karena mata kan organ sensitif...

      Delete
  2. Aku pernah sekali ngalamin iritasi dan langsung taubat ga pakai-pakai softlense lagi. ngerii... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih hati hati selalu biar aman ama aja..

      Delete

Post a Comment