Setelah Sekian Kali di Tolak, Akhirnya Blog diterima Google Adsense


Menjadikan kegiatan sebagai blogger ladang uang adalah impian hampir setiap blogger. Mengikuti forum blogger Indonesia di facebook saya menemukan banyak hal menarik salah satunya adsense blog.
Setelah tahun ke-12 ngeblog, saya baru pada Februari 2021 kemarin di approve adsense blog. Sebelumnya saya sudah beberapa kali mengajukan di tahun 2013, 2018, dan 2021 namun di 2021 lah yang baru di terima.

Sebelumnya, saya juga sudah memiliki akun adsesne di Youtube dan sudah sempat menerima beberapa dollar dari video kejadian dibelakang kantor. Nameun video tersebut di takedown karena melanggar penyalahgunaan.

Awalnya saya juga gak terlalu paham, kenapa website rizafirli.com saya tidak di approve untuk adsense waktu itu. Padahal ngeblog juga sudah dari 2008 sudah banyak memiliki content yang bahkan no. 1 di mesin pencarian.

Iseng utak-atik templete dan akhirnya coba mengganti dengan template bawaan dari blogger versi terbaru. Template bawaan yang saya gunakan sekarang cukup simple namun memiliki tampilan yang lebih fresh. Intinya sudah mewakili kebutuhan dan keinginan saya, yaitu memiliki dua kolom content dan minimalist. Karena menurut saya orang-orang buka blog sekarang lebih sering di versi mobile, dan versi mobilenya juga hampir sama dengan template saya sebelumnya.

Mungkin  penolakan adsense blog saya, karena pengaruh tempalate sebelumnya yang saya gunakan. Tapi entahlah yang terpenting sekarang saya sudah memiliki adsense di blog. 

Untuk tampilan adsense di blog, saya tidak menggunakan tampilan ads yang ada di dalam konten karena menurut saya hal itu jadi semakin hard selling dan cukup mengganggu pembaca.

Meski sudah memiliki adsense google di blog, saya tidak mengharapkan pendapatan dari adsense karena nilai CPC iklan di Indonesia sangatlah kecil dibanding di negara luar negeri.

Untuk gajian Adsense dari Google, mereka nanti akan memberikan PIN setelah mencapai nilai minumum pembayaran untuk verifikasi. Dan kita akan gajian, jika sudah memenuhi kuota pencairan sekitar Rp 1,3 juta. Ya, walaupun kayaknya masih lama bagi saya menuju kesana.

Tapi saya akan tetap ngeblog, seandainya tidak menghasilkan uang sekalipun. Sebab ngeblog itu sudah saya lakukan sejak 2008 dan ngeblog itu kegiatan yang menurut saya menyenangkan. Bahkan, dilakukan dengan iklash seperti layaknya saya menonton Youtube. 

Ngeblog buat saya adalah semangat untuk berbagi, memberikan inspirasi serta memberikan sesuatu hal yang bermanfaat untuk orang lain di luar sana.




Berikut syarat agar blog kamu bisa diterima oleh Google Adsense :

1. Baiknya Menggunakan domain sendiri
Memang tidak harus menggunakan domain dot com atau domain sendiri, ketika kita mendaftar google adsense. Tapi menurut saya, akan lebih profesional jika blog yang di daftarkan menggunakan domain top level domain (TLD)

Namun, kamu  harus berhati-hati ketika membeli domain TLD. Karena siapa tahu sebelumnya sudah pernah digunakan orang lain, dan pernah bermasalah di masa lalu karena dianggap spam oleh Google.

Maka, ketika kamu membeli domain TLD cek terlebih dahulu di archieve.org apakah domain yang kamu beli benar-benar baru atau tidak?

2. Usia Kamu Sudah 18 Tahun
Google juga memiliki syarat  pendaftaran Adsense dengan usia  minimal18 tahun. Menurut saya, ya karena umur 18 tahun itu sudah dewasa, sudah memiliki KTP sendiri dan di Indonesia umur 18 tahun juga sudah lulus SMA bahkan ada yang sudah bekerja.

Jika kamu belum 18 tahun, jangan berkecil hati. Kamu bisa menggunakan identitas orang tua atau kakak. Atau sabar-sabar saja menunggu hingga berusia 18 tahun  karena menurut saya lebih enak dengan atas nama sendiri.

3. Hanya memiliki 1 akun
Google juga memiliki kebijakan hanya boleh memiliki 1 akun dengan 1 identitas. Tapi tenang, 1 akun Google Adsense ini dapat digunakan di berbagai blog atau web yang kamu miliki kok. 

Tapi jika kamu kekeh ingin memiliki 2 akun, pastikan kamu menggunakan identitas yang berbeda seperti identitas keluarga. 

4. Perhatikan Usia Website
Saat mendaftarkan blog saya di tahun 2021, umur blog saya sudah sekitar 12 tahun dan menggunakan domain TLD sejak 2013. Namun untuk menghindari kegagalan, saran saya kamu sudah memiliki blog lebih dari 6 bulan dan sudah memiliki lebih dari 20 artikel berkualitas. 

Mengapa demikian? Karena setidaknya di 6 bulan itu, kamu sudah memiliki traffic yang cukup besar dan pembaca setia. Sehingga besar kemungkinannya diterima oleh Google Adsense karena website kamu cukup potensial.


5. Memiliki Pengunjung Harian
Pastikan kamu memiliki pengunjung harian yang lumayan oke misalnya 100 pengunjung perahari. Sebab jika pengunjung kamu sedikit, bisa jadi iklan yang sudah muncul tiba-tiba menghilang. Hal itu seperti di web blog saya yang satu lagi segelasinfo.com kadang ada iklannya kadang tidak. Ya memang sih saat ini blog segelasinfo.com belum rajin update kembali.


6. Konten Menarik dan Unik
Ingat Google akan indeks artikel yang sudah kamu buat nantinya. Jadi pastikan isi konten yang kamu buat memiliki manfaat, menarik dan unik. Kalau bisa jangan copy paste dari blog atau website lain karena Google sangat tidak suka blog yang isinya hanya copy paste.

Melakukan  copy paste artikel berarti kita tidak menghargai hasil karya orang lain. Coba kalau content kamu yang di copy paste pasti sebal kan? Selain itu, Google juga tidak menerima konten berbau pornografi, berbahaya, kekerasan, kebencian, hoax dan yang melanggar lainnya.


7. Gunakan Template Blog yang Friendly
Sebenarnya saya tidak tahu ini ada pengaruhnya atau tidak, sebab pengalaman saya saat menggunakan template gratisan dan juga template berbayar malah blog saya tidak pernah di approve oleh Adsense. Baru setelah menggunakan tempalte bawaan dari blogger ini diterima.

Jadi saran saya, jika ingin menggunakan template premium, pastikan kamu menggunakan template yang friendly dengan pemasangan Google Adsense. Selain itu, template sebaiknya jangan terlalu ribet karena bisa saja itu malah memberatkan loading ketika pembaca berkunjung. 


8. Jangan Bermain Curang
Setelah di approve Google Adsense, kamu jangan pernah mengklik iklan sendiri, menggunakan VPN dan lainnya. Sebab Google bisa membaca traffic kamu tidak valid dan membuat akun adsense di batasi selama sebulan, bahkan di suspend permanen. Saya pun mengalaminya karena sering klik adsense sendiri.

Kamu juga tidak boleh bekerjasama dengan orang-orang lain. Untuk menyuruh mereka mengklik iklannya saja tanpa membaca. Tindakan tersebut termasuk dilarang oleh Google.

Ingat! Alogaritma Google itu semakin canggih dan pastinya dapat membaca traffic kamu. Misalnya mengapa nih? Kok tiba-tiba kamu mendapatkan traffic kunjungan yang banyak tetapi pengunjung tersebut hanya membaca 2 detik mengklik iklan lalu pergi. 

Tindakan yang mencurigakan, terkait traffic yang tidak valid dapat membahayakan website kamu tersuspend oleh Google Adsense.

Untuk informasi lebih lanjut kebijakan dan persyaratan kelayakan Adsense kamu bisa baca  di https://support.google.com/adsense/answer/9724?hl=id


Comments

  1. Saya gak lolos terus ngedaftar ads, tapi yauda, ngeblog jadi hobi sama buat ngajar online deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, nanti daftar lagi lain waktu...bisa di coba kembali

      Delete
  2. Aku suka penempatan iklan mu ga di dalam konten. Jd memang ga mengganggu pembaca :).

    Sbnrnya ga masalah sih kalo mau dlm konten juga. Tp kdg ada ya naro nya ruameeee bgt. Di atas bawah tengah wkwjwkkwwkw. Aku liatnya udh males biasanya :D. Dan jujur bikin males balik ke blog itu :D.

    Kalo ditempatin pas bagian home aja, kan enaaak jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tadinya juga gitu ada di dalam karena otomatis..kan gk ngerti baru ngutak ngatik
      terus ya jadi gk di dalam konten sekarang :)

      Delete
  3. Yeay! Selamat ya mas Riza, akhirnya blogmu diterima sama Google AdSense. Ikutan happy! Iya dong, nulis mah bagian dari hobi kan, walaupun ga dibayar atau dapat dari klik iklan. Anggap aja ini sebuah bonus yang menyenangkan jiwa raga yeyeye..... Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia anggap saja menjadi bonus, karena kalau mikirin klik traffic nanti stress dan kita gak happy lagi ngerjainnya karena goalnya udah beda..Semoga bisa ikut ngerasaiin gajian suatu hari nanti :-)

      Delete
  4. waaahh.. selamat ya..
    semoga bisa cepet gajian dari adsense ya.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Thya, ia semoga suatu haru nanti bisa ngerasaiin gajian dari Google. Amin

      Delete
  5. selamat ya mas
    adsense diterima itu memang membahagiakan
    semangat untuk mendapatkan penghasilan tambahan
    tapi bener yang penting tetep hepi nulis ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia karena harus dilakukkan dengan senang biar kegiatan menulis blog itu menjadi sebuah mood booster.

      Delete
  6. Saya ngeblog melampiaskan hobi. Kalau bisa menghasilkan uang, kenapa tidak. Minimal untuk pamer ke ansk cucu. Tulisan neneknya diakui dan dikasih kepercayaan oleh pihak lain. Kalau mau myari uang, wallahualam bish shawab. Maklum produk nenek lansia. Intinya, saya mau. Tapi malu berharap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh jgn pernah malu berharap.. Pasti bisa juga menghasilkan sebagai bonus 🤗

      Delete
  7. Selamat ya Mas Riza, kuikut senang. Ayok makan-makan *eh :))

    ReplyDelete
  8. Wahhh semoga bisa kecipratan keterima google adsense juga hhu.. Ak masih ditolak tolak terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semangat terus ya.. Semoga nanti di approve

      Delete
  9. Selamat mas Riza. Wahh akhirnya blognya diterima adsense, doain aku juga ya semoga nular terima adsensenya.. Yuk semangat semangat

    ReplyDelete
  10. Halo mas Riza, sepertinya saya mulai melirik blog anda dan akan saya baca satu persatu , semangat ngonten dan buat banyak konten lagi yah mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah memberikan semangat buat saya terus berkarya..
      sukses selalu ya ..

      keep healthy n happy :)

      Delete
  11. Selamat karena sudah diapprove dan selamat berjuang juga karena tidak mudah mendapatkan penghasilan dari Adsense. Benar-benar butuh kerja keras yang banyak untuk bisa gajian.

    Tetapi, setidaknya satu potensi untuk monetisasi blog sudah didapatkan dan tinggal kita maunya gimana untuk memanfaatkan.

    ReplyDelete
  12. saya juga sedang berusaha ngeblog lagi setelah vakum hampir 10 tahun. target awal ya disapproved google adsense, masih punya waktu 2-5 bulan lagi. semoga diapproved

    ReplyDelete

Post a Comment