Resto Ngalam : Kuliner Dengan Cita Rasa Khas Malang

Buat kamu yang pernah trip Surabaya - Malang, di masa pandemi yang susah kemana-mana pasti kangen banget dengan kuliner-kuliner khas Jawa Timur seperti Tahu Tek, Tahu Campur, Rujak Cingur, Rawon, hingga Cwie Mie.

Saat staycation di Century Park Hotel, saya pun cobain makan di Resto Ngalam yang ada di FX Sudriman, Jakarta Pusat.

(baca juga: Century Park Hotel Jakarta Staycation Praktis Buat yang Mau Olahraga Minggu Pagi di GBK Senayan)

Rekomendasi restoran ini saya dapat dari temen saya yang udah pernah kesini, katanya menunya sangat variatif dan rasanya juga lumayan enak.

Oh ya, sedikit informasi Resto Ngalam ini adalah restoran khas Jawa Timur, atau lebih tepatnya khas Malang. Sesuai namanya "Ngalam" jika dibalik kata tersebut adalah Malang.

Saat menulis blog ini, saya sudah dua kali balik ke resto ini loh yaitu di hari Sabtu (6/2/2021) dan di hari Kamis (11/2/2021).

Jadi mumpung masih fresh rasa dan experience-nya dalam ingatan, berikut  rekomendasi menu yang enak di Resto Ngalam :


1. Tahu Tek


Kalau ke Surabaya-Malang, tahu tek adalah menu wajib yang saya cobain, biasanya saya cobain tahu tek di warung-warung kecil gitu karena rasanya lebih nikmat. Dan apakah sama nikmatnya, tahu tek di Resto Ngalam dengan warung-warung kecil di Jawa Timur ? 

Jawabannya "Hampir Sama", cuma kalau kamu yang suka pedes mungkin bisa request lebih pedas bumbunya.  Yang membuatnya enak, ya karena ada di bumbu dan petisnya.

Kalau yang belum pernah cobain Tahu Tek pasti penasaran. Tahu tek ini berisi tahu, lontong, dan sayuran bumbunya itu mirip bumbu kacang di ketoprak tapi versi lebih hitam karena kecap dengan tekstur bumbunya juga lebih halus.


2. Bakwan Jagung atau Perkedel Jagung

Buat kamu-kamu yang suka makan gorengan, wajib banget cobain bakwan atau perkedel jagung yang ada di Resto Ngalam. Isinya memenag gak banyak cuma dua biji aja, ukurannya lumayan sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan isinya lumayan padat.

Soal rasanya jangan ditanya ini salah satu gorengan ternikmat apalagi pas dimakan anget-anget. Tektur jagungnya itu bisa kerasa krispy di dalam gorengannya, memiliki sensasi krenyes-krenyes yang mantap.


3. Tahu Telor

Nah, ini menu yang katanya favorit di Resto Ngalam. Tapi sayang menu ini yang membuat saya agak sedikit kecewa. Karena bumbunya kayak terlalu kecap dan encer banget jadi kayak berasa makan telor dikasih kuah kecap manis aja gitu.

Kirain tuh bumbunya mirip tahu tek atau rujak cingur yang kemaren sempet saya suka banget. Meski demikian yang namanya telor sih pasti suka dan abis-abis juga. Untuk rasa sebenarnya ini akan lebih enak kalau kamu makan bukan di gadoin gitu aja tapi dengan nasi anget bersama plecing kangung. Pasti lebih sedap!


4. Nasi Goreng Ayam

Buat kamu yang ingin mengurangi minyak, kamu bisa pesan nasi goreng di Ngalam tanpa tambahan minyak. Karena dari bumbu-bumbu si nasi gorengnya pun sudah mengeluarkan minyak.

Lalu gimana rasanya nasi goreng ayam versi yang tanpa minyak? Rasanya gak mengurangi kelezatannya kok. Dan nasi goreng disini, versi nasi goreng kampung yang menggunakan kecap manis dengan rasa bumbu-bumbu yang bikin sedap. 

Suka banget sama nasi gorengnya!


5. Garang Asam

Nah, kalau garang asam di Resto Ngalam jangan kamu bandingkan dengan Garang Asam di Warung Tekko ya! Karena style garang asam di Ngalam itu berbeda, dia gak terlalu medok lebih light dengan kuahnya yang bening banget dibanding kuah garang asam Warung Tekko.

Untuk tekstur dagingnya lembut, empuk dan gak ada nyelip-nyelip dilidah tapi untuk rasa kuahnya menurut saya sih cuma kerasa asam aja, rasa gurihnya kurang.


6. Cwie Mie Hijau

Buat kamu yang doyan makan bakmie, bisa cobain Cwie Mie hijau yang lebih sehat di Resto Ngalam. Tekstur mienya lembut dan kenyal lengkap dengan bakso, ayam serta kerupuk pangsit. 

Untuk baksonya saya suka, untuk toping ayamnya sayangnya kerasa sedikit dan cendrung hambar style ayamnya.

Saya rasa untuk tingkat kegurihan kuahnya ada di level 7.5 dan akan lebih nikmat lagi jika dicampur cabe potong dan sambalnya serta tambahan daun bawang.

Selain menu-menu diatas, ada juga menu rujak cingur yang cukup recomend tapi sayang waktu makan rujak cingur lupa di foto. Untuk rujak cingur di Resto Ngalam, Cingurnya sih cuma sedikit-sedikit aja. Walau begitu, rasa bumbu petisnya cukup terobati kok buat kamu yang kangen kampung halaman.

7. Pisang Nugget

Sebagai penutup dari semua makanan, emang paling enak kalau makan yang manis-manis. Dan Resto Ngalam memiliki menu pisang nugget cokelat keju. 

Sayangnya pisang nugget yang saya pesan sore itu, agak sedikit sepet. Jadi agak kurang enak dilidah after taste nya, tapi untungnya kebantu sama toping cokelat keju yang lumayan enak. 

Kesimpulan
Ngalam Resto merupakan restoran keluarga yang menyajikan cita rasa Jawa Timur khususnya Malang. Untuk rasa dan harga, saya memberikan nilai rata-rata 8.5 untuk pertama kali datang, dan 7.5 untuk visit yang ke-2 karena saya dan teman-teman merasa kalau bakwan jagungnya tidak seenak pertama kali kita datang.

Untuk experience tahu telor dan garang asam, agak sedikit mengurangi penilaian saya terhadap Resto Ngalam terutama cabang FX. Kedepannya, saya berharap ada perbaikan rasa dan konsistensi untuk menu-menu yang disajikan.


Resto Ngalam
fx Sudirman, f2 Floor
Jl. Jend. Sudirman, RT.1/RW.3,
Gelora, Kota Jakarta Pusat 10270
Telp +6221 2555 4050

Comments

  1. enak enak makanannya...
    salah satu yang favorit adalah perkedel jagung...yummy.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. Waah jadi kangen Jakarta nih! Terima kasih sudah berbagi informasinya Riza!

    ReplyDelete
  3. Wah, enak2 semua nih makanannya! Ternata Resto Ngalam ada di FX Sudirman yach? Aku kok ga ngeh hahahaha :) Nasgor tanpa minyak boljug. Mie ayam, perkedel jagung dll juga menggoda. Harganya ga dicantumin, mas? heuheu..kepo deh, tampilan restonya juga pingin tau akuh nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya aku udah buang sih struk nya..cuma dia rata2 kayak dari 35ribuan-50 ribuan per menu nya dan lumayan besar..kenyang enak!

      Delete
  4. paling ngiler kalo ngeliat tahu telur :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia enak ya telur itu mau di apaiin juga..

      Delete
  5. Waaaah aku kangen tahu Tek :D. Udh lama banget ih ga makan itu. Dulu pas msh tinggal di Bintaro, selalu ada Abang tahu Tek2 yg lwt mas, dan itu enaaaak. Trus aku belm nemu seenak itu lagi. Di Rawamangun wassalam aja.

    FX ga jauh2 amat sih sbnrnya. Ntr aku mau coba ah tahu Tek nya. Semoga rasanya cocok di aku juga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi emang lebih enak yang di warung or yg di kaki 5..klo di surabaya ada enak bgt.. Kangen bgt heehe..

      Delete
  6. Saya juga sering ke jawa timur karena kebetulan ayah saya berasal dari kota nganjuk jawa timur. Untuk makanannya hampir semua yg ada di artikel ini saya tahu dan pernah mencobanya. Yang belum pernah saya coba dan baru tahu juga itu cwie mie. Tapi dilihat dari potonya kayaknya enak juga sih jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip2 mie ayam sih kak..enak memang :)

      Delete
  7. aku paling suka sama pisang Nugget dong, enak, Kriuk kriuk. Btw harganya gimana, sih mbak. Apa ramah dikantong atau sesuai dengan rasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga bersahabat banget..
      memang sengaja sih gk cantumin harga, karena harga dapat berubah sewaktu-waktu hehee..
      *padahal lupa bon nya udah ilang

      Delete

Post a comment