Hidup itu harus balance


Pernah gak sih kalian itu merasa lelah dan capek dengan rutinitas? 

 Terutama buat pekerja kantoran yang jam kerjanya dari senin - jumat 9 to 5 atau 9-6.

Sebenarnya ini keluhan umum yang umum bagi saya dan Anda sebagai pekerja kantroan di Jakarta.

Padatnya rutinitas, banyak hal-hal kecil yang kita sering abaikan. Maka dari itu, agar hidup lebih balance yuk pehatikan 10 hal penting ini.


1. komunikasi

Semua masalah kamu sebenarnya kuncinya ada di komunikasi. 

Coba komunikasikan lagi soal kerjaanmu kepada bos atau client, tanyakanlah apa yang kurang dan apa yang mereka butuhkan. 

Selain itu, coba bangun dan perbaiki komunikasi kamu di lingkungan keluarga, pertemanan, dan pasangan. 

Kadang saking sibuknya dengan kerjaan, kita lupa membangun komunikasi yang baik dengan orang sekitar. Untuk menjalin komunikasi sebenarnya simple dengan 1-2 pertanyaan tetapi yang menyentuh atau yang memasuki dunia mereka (lawan bicara kita). 

Misalnya pertanyaan soal hobi atau film favorit mereka.


2. Relaks

Saking banyaknya kerjaan dan deadline kita lupa untuk rileks atau istirahat sejenak. 

Cara saya untuk rileks,  biasanya saya akan pergi ke coffee shop terdekat dan membeli secangkir kopi atau coklat hangat ditambah sepotong roti. 

Saya juga sering mengawali pagi dengan secangkir kopi karena buat saya kopi dapat meningkatkan mood dan memberikan energi untuk berpikir.


3. Sarapan Pagi

Meski kadang terlewat, sarapan itu juga sangat penting loh. Kamu bisa membuat sarapan sehat seperti overnight oat, gandum, yoghurt dan buah yang dapat memberikan energi dan juga mengenyangkan. 

Kalau gak sempet sarapan kamu bisa ke minimarket yang ada disudut kantormu. Cari makanan yang mengenyangkan seperti roti, pisang atau buah lainnya.

Intinya jangan mengabaikan sarapan ya..!


4. Olahraga

Kapan terakhir kamu berolahraga? 

Yuk mulai sekarang luangkan 2x seminggu untuk berolahraga ya paling gak sekali deh dalam seminggu. Sebab berolahraga banyak manfaatnya loh selain menyehatkan, badan kita juga menjadi lebih bugar tidur pun akan menjadi lebih nyeyak.


5. Kurangi makan mecin, fastfood dan mie instant

Pernah gak sih kamu merasa sensi atau merasa pusing?

 Nah, siapa tau kamu kebanyakan mecin. Tau gak sih reaksi mecin di tubuh seseorang itu agak unik loh. Saya akan merasa sedikit pusing bahkan lebih sensi jika banyak makan indomie atau kfc. Mungkin kandungan garam yang tinggi kali ya membuat darah cepet naik. 

Intinya banyak makan mecin emang kurang bagus sih, bukan karena bisa bikin bego tapi karena kandungan garam yang tinggi memiliki efek yang berbeda di tiap orang. 

Jadi coba batasin makan fastfood dan instant food. 


6. Refreshing dengan Traveling. 

Coba kamu lakukan traveling deh..! Eits jangan ngira traveling itu  harus keluar kota atau keluar negeri aja ya.

Traveling itu yang terpenting adalah melakukan perjalanan. Misalnya bila kamu tinggal di Jakarta kamu bisa beli tiket busway seharga 3500 saja kamu sudah bisa mengelilingi Jakarta. 

Cobba kunjungi area-area di ujung Jakarta yang belum pernah kamu jamah. Misalnya yang orang Selatan coba pergi ke PIK dan yang orang PIK coba pergi ke Depok atau ke Jaktim.


7. Staycation. 

Setelah kamu membeli tiket busway, kereta atau transportasi lainnya. Agar traveling lebih berasa coba deh kamu  menginap di sebuah tempat baru yang unik. Bisa hotel budget, air bnb, apartement, atau rumah penduduk lokal setempat yang memberikan kamu pengalaman baru. 


8. Menonton Film dan Musik

Nah, di era digital gak susah loh buat dengerin jutaan lagu, menonton video atau film di smartphone. Kamu bisa mendengarkan spotify, Youtube atau aplikasi streaming film. 

Biasanya kita bisa mendapat inspirasi baru dari film dan dengan musik membuat otak kita juga lebih balance loh.

Ingat  kita itu memiliki otak kiri dan kanan yang harus seimbang. 


9. Sayangi diri sendiri

Sebelum menyayangi orang lain, kita harus menyayangi diri sendiri. Coba perlakukan diri kamu dengan spesial misalnya berikan reward kepada diri sendiri ketika telah berhasil mencapai sesuatu. Misalnya saat goal berat badan sudah turun saya memberikan diri saya sepatu baru agar lebih giat lagi berolahraga.


10. Berdoa

Jangan lupa berdoa, coba bangun hubungan dengan Tuhan ! Maka kamu akan mendapat sebuah ketenangan jiwa. 

Hidup itu harus balance Hidup itu harus balance Reviewed by Riza Firli on August 18, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.