Perlukah ikutan lomba blog ?




Beberapa hari lalu, ada kawan lama dari sebuah media yang mengajak ikutan blog competition yang diselenggarakan oleh kantornya. Dia bilang pada saya ada banyak peluang karena pesertanya masih sangat sedikit.

Ajakan tersebut, tentunya ya saya tidak tolak mentah-mentah. Karena kebetulan media tersebut merupakan partner saya juga di kerjaan yang sekarang. (lebih tepatnya sih saya client dari media tersebut).

Deadline lomba tersebut masih ada sekitar ada 1 minggu lagi, jika saya mau ikutan. 

Tapi, saya bukan orang yang terlalu suka untuk ikutan kompetisi, karena sebenernya apa sih yang diharapkan dari kompetisi?

Buat saya kalau mengharapkan hadiah, itu lebih gak mungkin. Karena buat saya the real competition adalah mengalahkan diri sendiri.

Namun, bukan berarti saya tidak penrah ikutan lomba atau gak pernah menang saat ikutan kompetisi. Saya pernah menang ikutan kompetisi jurnalis dan juga lomba blog, tapi bukan hadiahnya yang saya incar. Tapi lebih kepingin tahu aja sampai dimana kemampuan saya menuangkan sebuah ide dalam sebuah tulisan.

Setiap orang pasti memiliki keunikan dalam menuangkan idenya pada sebuah tulisan. Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menulis dan itu sah-sah saja.

Ketika kita mengikuti kompetisi janganlah pernah untuk mengharapkan hadiah. Karena jika terlalu berharap siap-siaplah lebih kecewa karena ada ratusan peserta dengan ide tulisan, foto, dan infografis yang lebih bagus.

Jika kamu tidak siap mental, kegagalan belum tentu bisa kamu terima dengan iklash dan lapang dada. Namun kegagalan, merupakan  proses belajar dan kita tidak akan tahu jika tidak mencoba.

Buat teman blogger, yang ingin ikutan lomba sah-sah saja kok dan itu bagus banget. Tapi saya mungkin belum ada niat untuk ikutan lomba dalam waktu dekat ini.

Terimakasih buat para penyelenggara event-event blog yang sudah mengajak saya untuk ikutan kompetisi. Mungkin lain waktu saya akan mencoba untuk berpartisipasi.



Perlukah ikutan lomba blog ? Perlukah ikutan lomba blog ? Reviewed by Riza Firli on May 24, 2020 Rating: 5

16 comments:

  1. Iya, bila ikut lomba tanpa mengharapkan hadiah, bila misal menang, terasa kejutan gitu, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tanpa ngarep dot com ya..biar klo menang jadi kejutan! terkejoet hehehe.

      Delete
  2. Aku suka ikutan lomba blog. Beberapa kali ikutan dan alhamdulillaah dapat juara ke sekian hingga hadiah hiburan. Bukan soal dapatnya apa, tapi kebanggaan dan prestise, rasanya asik dan cool gitu loh bisa maju ke depan. Sudah2 gampang sih, makanya aku ikutan lomba blog kalau temanya kusuka, kalau ga ya ogah wkwkwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia aku juga pas ikut yg sesuai tema dan sesuai dengan pengalamannya.. gak mungkin ikut lomba blog tentang keuangan atau seo produk yg gk dingerti :D semangat terus ya!

      Delete
  3. Fix jadi self reminder banget ini. Kebetulan saya juga lagi gak mood ikut lomba karena kalau saya ngarep hadiah, takut kecewa. Memang benar yg mas bilang, seharusnya lomba itu bukan krn mau hadiah, tapi mau lihat seberapa besar kemampuan dan usaha kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gak ada mood ya buat ikut lomba , karena klo tema nya gak sesuai kita juga susah sih.. lagian ikut lomba iseng2 berhadiah aja jadi menang syukur gak jgua gpp..

      Delete
  4. Pernah waktu itu ikut lomba blog lokal, kebetulan masuk 20 besar. Tp karena hadiahnya voucher makanan di resto dan kebetulan posisi nya jauh jadi hangus deh :(
    Btw salam kenal ya, mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sayang banget hangus.. wah ia salam-salam..
      keep blogging ya!

      Delete
  5. saya malah lagi seneng2nya ikut lomba blog kak hehehe
    terakhir saya memang kecewa, karena penilaian tulisan memang tinggi, tapi kalah di SEO
    maklum penilaiannya SEOnya 70%, sedang isi 30%. kecewa? jelas. tp kan namanya kompetisi. harus siap mental dan terus evaluasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lagi seneng ikutan lomba ya.. bagus sih tapi jangan sampai lupa ya untuk bersenang-senang karena ikut lomba hanya untuk fun jangan dijadikan beban.. sip keep blogging ya

      Delete
  6. halo, Mas
    Salam kenal

    Saya jarang banget ikutan lomba. Sering jiper duluan lihat peserta lain. Hahahaha

    ReplyDelete
  7. Same here, ikutan lomba blog karena emang ada waktu aja dan bukan ngincer hadiah juga, tapi lebih kepada ajang tes bakat gitu deh :p Kalo buat saya, the real competition itu adalah bisa menyelesaikan deadline kerjaan yang mati satu tumbuh seribu. Btw ini Riza temennya Moti bukan sih? Kaya kenal. Salam kenal deh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiii iya ,temennya Moti betul..
      apa kabarnya?

      Delete
  8. Wah jadi merasa tertampar nih. karena memang suka mengincar hadiah, tapi akhir-akhir ini juga jadi ingin tahu kemampuan diri sendiri. jadi sedikit diantara keduanyalah. Namanya juga ikhtiar, hadiahnya buat keluarga dan diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi hadiah emang yang memotivasi sih..motivasi orang memang beda-beda..

      Delete

Powered by Blogger.