Pertama Kali Naik Pesawat Bersama Anak Kecil, Begini Tipsnya


sumber:todaysparent.com

Membawa anak naik pesawat terbang untuk pertama kalinya memang bikin deg-degan. Sebenarnya, apa saja sih yang harus disiapkan ketika terbang bersama anak, baik bayi maupun balita? Berikut adalah beberapa tipsnya agar penerbangan jadi lancar dan semua merasa nyaman.

Informasikan Perjalanan Sejak Jauh Hari
Ceritakan kepada si kecil sejak jauh hari bahwa akan naik pesawat. Meski si kecil masih bayi, namun secara psikologis ia sudah mengerti ketika diajak bicara. Dengan memberikan informasi sejak jauh hari, si kecil tidak akan terlalu terkejut ketika tiba di bandara dan naik ke dalam pesawat.
Siapkan Perlengkapan dan Makanan Anak Dalam Satu Tas

sumber:huggies.com.my


Pastikan membawa semua perlengkapan anak, mulai dari makanan, botol, susu, mainan, pakaian ganti dan popok dalam satu tas yang bisa muat di kabin. Untuk makanan, beberapa maskapai meminta agar Anda mencicipinya terlebih dahulu di bandara. Dan jangan lupa untuk membawa popok dan baju ganti lebih banyak, karena Anda tidak akan bisa membongkar koper selama perjalanan.

Packing Barang Bawaan Sesuai Aturan Maskapai
Pastikan membaca aturan bagasi maskapai dengan cermat kala packing barang bawaan. Jangan sampai packing ulang di bandara kala membawa anak, karena Anda akan repot serta panik.
Tanyakan Aturan Stroller ke Maskapai

sumber:travelandleisure.com

Ada maskapai yang memperbolehkan penumpang membawa stroller, ada yang tidak. Jangan menerka aturan, sebaiknya tanyakan langsung kepada petugas sebelum Anda packing barang bawaan. Dengan kemajuan teknologi saat ini, CS maskapai bisa dihubungi lewat telepon atau media sosial. Lebih baik dipastikan di awal daripada bongkar bawaan di bandara bukan?

Tempat Duduk Terbaik Bersama Anak

Posisi terbaik ketika naik pesawat bersama anak adalah di bagian depan atau bulkhead seat. Untuk mendapatkannya, cari tiket pesawat murah sejak jauh hari. Karena jika tidak, maka akan penuh dipesan orang lain.

Namun jika waktu cari tiket pesawat murah sangat mepet dan tempat duduk bagian depan sudah penuh, maka kursi di dekat lorong bisa jadi pilihan. Tempat ini akan membuat anak lebih nyaman, karena di sela perjalanan Anda bisa membawanya jalan-jalan tanpa harus mengganggu penumpang lain.

Beberapa maskapai memberlakukan tiket penuh pada anak dengan rentang usia yang berbeda. Agar nyaman di perjalanan, sebaiknya cari tiket pesawat murah dengan kursi terpisah untuk anak. Meski ia masih belum terlalu besar, namun dengan kursi pribadi, anak akan istirahat dengan lebih nyaman di perjalanan jika ia punya kursi sendiri.

Cara Jaga Kesehatan Telinga Anak Selama Penerbangan
sumber:iflya380.com

Hal yang kadang membuat orangtua panik ketika membawa anak terbang adalah soal telinga. Tak perlu berlebihan menjaga kesehatan telinga anak. Cukup buat ia mengunyah atau menelan selama perjalanan dengan memberikan makanan atau susu ketika pesawat lepas landas.

Tetap Tenang, Jangan Panik
Kunci dari anak nyaman terbang perdana adalah ketenangan orangtuanya. Apapun yang terjadi di perjalanan, usahakan untuk tetap tenang. Jika anak rewel di perjalanan, hadapi dengan kepala dingin. Ketika Anda panik dan emosi, anak akan lebih panik dan rewel.

Membawakan anak mainan atau buku bacaan kesukaan akan membantu menenangkan selama perjalanan. Dan ketika anak rewel, mengajaknya jalan-jalan akan membantu untuk membuatnya nyaman dan tidak bosan.
Tetap tenang ya! 
Pertama Kali Naik Pesawat Bersama Anak Kecil, Begini Tipsnya Pertama Kali Naik Pesawat Bersama Anak Kecil, Begini Tipsnya Reviewed by Riza Firli on November 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.