SIPINDO Powered by SMARTseeds aplikasi pintar untuk para petani Indonesia

Foto: Grand launching aplikasi SIPINDO
Indonesia merupakan negara agraris  yang di anugerahi kekayaan alam melimpah. "Gemah ripah loh jinawi", itulah ungkapan yang sering kali saya dengar.

Namun, salah satu masalah yang dihadapi para petani Indonesia adalah kurangnya informasi terutama pada teknologi informasi komunikasi (TIK). Padahal dengan TIK, para petani dapat mengurangi kerugian akibat gagal panen.

Dengan bantuan TIK para petani dapat mengetahui bagaimana cara bercocok tanam yang lebih tepat, mendapatkan informasi mengenai pemilihan bibit, pupuk, kondisi tanah, cuaca/iklim di masa mendatang, hingga mengetahui seberapa besar permintaan dan harga kebutuhan pasar.

Melihat sektor pertanian Indonesia yang begitu potensial. Saat ini, sudah ada beberapa pengembang yang membuat aplikasi khusus untuk membantu para petani Indonesia.

Salah satunya adalah aplikasi SIPINDO (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) Powered by SMARTseeds yang dikembangkan oleh perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO). Aplikasi ini diciptakan untuk memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada para petani di seluruh Indonesia.

Adapun, misi SIPINDO yakni mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani Indonesia dengan  menyediakan informasi mengenai teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli dari hasil panen.
Glenn Pardede Managing Director EWINDO 
"Sejak diluncurkan April 2017, SIPINDO Powered by SMARTseeds  telah dimanfaarkan lebih dari 14.000 petani. Diharapkan pada akhir 2019 nanti, aplikasi ini dapat membantu 100.000 petani di Indonesia", ungkap  Glenn Pardede Managing Director EWINDO pada acara peluncuran penambahan fitur baru SIPINDO, Jumat (12/10/2018) di Balai Sudirman, Jakarta.

Peluncuran fitur baru SIPINDO juga dihadri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko RI DR. Ir. Musdhalifah Machmud, MT, Direktur Perlindungan Tanaman Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan RIIr. Sri Wijayanti Yusuf, M.Agr.Sc., Kantor Staf Presiden, BAPPENAS, Kementrian Kesehatan, Kedutaan Besar Belanda, Akademisi, NGO, perusahaan-perusahaan pertanian dan perwakilan petani binaan EWINDO di seluruh Indonesia.

Fitur Baru SIPINDO 

Glenn Pardede menjelaskan beberapa fitur baru SIPINDO Powered by SMARTseeds antara lain prediksi cuaca dengan resolusi hingga 5 kilometer,

rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium, rekomendasi pemupukan sebagai dasar pemupukan dan  paduan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah.

Untuk fitur rekomendasi pemupukan saat ini sedang dalam pengembangan dan baru bisa di nikmati oleh petani yang ada di Jatim, Jateng, dan Lampung. Namun, kedepan dapat dinikmati oleh daerah-daerah lainnya.

Sedangkan untuk fitur prediksi cuaca, sudah dapat digunakan oleh seluruh pengguna SIPINDO Powered by SMARTseeds di seluruh Indonesia.

Dengan adanya aplikasi SIPINDO diharapkan mampu menarik perhatian para generasi milenial untuk terjun ke dunia pertanian. Selama ini, sektor pertanian adalah sektor yang kurang diminati para millenial sebab belum banyak memanfaatkan teknologi.

SIPINDO Powered by SMARTseeds 

Sebelum SIPINDO ini diluncurkan, aplikasi ini sudah dilakukan uji coba selama satu tahun. Dan rata-rata pengguna SIPINDO adalah para petani muda. Glenn berharap SIPINDO dapat menjadi aplikasi yang dapat menjangkau mereka.

Kees de Ruiter, regional manager ICCO Cooperation Asia Tenggara yang merupakan project leader konsorsium SMARTseeds menjelaskan "Melalui kemitraan ini, kami berupaya menyediakan layanan informasi pertanian berbasis data yang akurat sesuai dengan lokasi lahan petani. Sehingga layanan ini nantinya dapat mendukung para petani dan meningkatkan produksi secara efektif dan efisien dalam merespon tentangan baru seperti perubahan iklim", ungkapnya.
SMARTseeds merupakan project Geodata for Agriculture and Water (G4WN) yang di danai oleh Netherlands Space Office (NSO) dan merpakan satu dari 17 projek di seluruh dunia.

Program ini menggunakan prinsip PPP (Public Private Partnership) yang melibatkan konsorsium 6 lembaga yaitu ICCO Cooperation, EWINDO, Nelen and Schuurman, University of Twente (ITC) Avko dan IPB.

Untuk mencoba aplikasi ini kamu bisa mendownloadnya gratis pada ponsel pintar android.

Setelah mendownload kamu harus mendaftarkan diri sebagai (Petani, Penjual atau Penyuluh) dan melakukan verifikasi no. ponsel. Usai terdaftar kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari aplikasi ini.

Adapun manfaat SIPINDO seperti :
  • Mengetahui peta penanaman sayur di Indonesia
  • Mengetahui informasi harga sayuran di daerah kamu, maupun wilayah lain di Indonesia.
  • Mengetahui rekomendasi pemupukan untuk lahan yang ingin kamu tanami
  • Kamu dapat melihat prediksi curah hujan enam bulan di lokasi lahan kamu.
  • Kamu juga dapat melihat perbandingan prediksi curah hujan dengan CH 30 tahun.

Hasil panen meningkat menjadi 80% 
Bapak Sujaman salah satu Petani yang sudah menggunakan SIPINDO

Suwarno (Sujaman) petani kelahiran 1965 ini adalah salah satu pengguna SIPINDO dari Kab. Malang dan ia mengenal SIPINDO sejak 2017.

"Waktu itu, saya baru mengenal belum menggunakan jadi belum paham. Ada teman saya dari Malang menanam cabe dan ia sudah menggunakan aplikasi SIPINDO. Saya pun, mendapatkan rekomendasi hara dan pemupukan yang katanya lebih akurat karena menggunakan satelit. Kemudian, saya nurut dan percaya saja", kenang Sujaman.

Terbukti, saat ini Sujaman sudah menikmati hasilnya. Bahkan usia salah satu tanamannya yang sudah 55 tahun. Bisa menghasilkan panen 80% dari sebelumnya hanya sekitar 60%.

Sedangkan untuk fitur pada aplikasi SIPINDO, Sujaman sering memperbaharui harga sayur dan pemetaan wilayah penanaman. "Sehingga saya bisa tahu petani di sekitar malang banyak menanam apa saja", terangnya.

SIPINDO Powered by SMARTseeds aplikasi pintar untuk para petani Indonesia SIPINDO Powered by SMARTseeds aplikasi pintar untuk para petani Indonesia Reviewed by Riza Firli on October 13, 2018 Rating: 5

10 comments:

  1. Sangat bermanfaat untuk petani Indonesia. Maju terus pertanian dan petani Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ia , teh.. semoga ya..pertanian indonesia selalu maju..dan indonesia menjadi negara agraris

      Delete
  2. Tantangan baru buat para petani yang harus tahu presiksi cuaca. Tapi akan lebih baik kalau semakin banyak sosialisasi mengenai teknologi kepada para petani. Masih banyak petani diluar sana yang awam soal smartphone apalagi harus menggunakan aplikasi meskipun aplikasi ini udah hebat bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia prediksi cuaca..penting banget.. :) ia semoga semakin banyak petani yang sadar dengan teknologi jadi semakin baik taraf hidupnya

      Delete
  3. petani hrs melek teknolgi dan perlu bimbingan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia harus, dengan sipindo jadi ada 3 user yg bisa daftar petani, penyuluh dan pedagang..
      semoga makin banyak penyuluhnya :)

      Delete
  4. Aplikasi ini bagus pak, aplikasi ini sangat di perlukan apalagi untuk para petani di indonesia yang jumlahnya sangat banyak.

    Mudah-mudahan dengan aplikasi ini banyak petani yang terbantu mengatasi permasalahan mereka mengenai hama atau waktu yang tepat untuk menanam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia semoga ya,, sekarang sudah dikembangkan terus dan dipakai sama petani2 yg muda2

      Delete
  5. Ini aplikasi mesti banyak-banyak di kembangkan. manfaatnya banyak apalagi bagi petani kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia terus dikembangkan dengan serius..apalagi pendanaannya dari belanda :)

      Delete

Powered by Blogger.