Tahun ke-10 menjadi seorang blogger, ini 7 alasan kenapa saya masih terus nge-blog

illustrasi: pexels

"Saya memiliki blog ini sejak tahun 2008, berarti sudah 10 tahun"
Blog menurut saya sebuah ruang yang digunakan untuk menulis, berbagi inspirasi serta pengalaman. Konten yang dibuat dalam blog saat ini semakin kaya tidak hanya sebatas tulisan.

Dalam blog, kita bisa menyisipkan foto, gambar, video, slide, gif, hingga infografis. Dan bagi saya sendiri, blog bukanlah tren sesaat karena blog ini merupakan rumah bagi pemiliknya yang bersifat personal.

Lalu, kenapa harus nge-blog
Awalnya saya hanya ikut-ikutan kakak saya dan juga dosen saya di kampus. Waktu itu saya melihat mereka  memiliki blog seperti memiliki halaman pribadi di internet. Dengan memiliki blog, kita bagaikan memiliki sebuah rumah di dunia maya yang dapat dikunjungi siapa saja, kapan saja, dimana saja tanpa batas.

Bahkan dosen saya bercerita, kalau materi slide  kuliah yang ia cantumkan di link blognya. Mendapatkan banyak feedback positif dan juga diunduh oleh dosen lain dari kampus yang ada di luar.

Maka dari itu, saya pun tertarik  menjadi blogger dan ternyata menjadi seorang blogger banyak hal positif yang mengubah hidup saya diantaranya :


1. Melatih cara berpikir
ketika mempresentasikan hasil foto
Dahulu, saya adalah orang yang malas membaca apalagi bisa menulis. Namun, ketika menjadi seorang blogger, mau tidak mau saya harus rajin membaca agar memiliki kosakata yang lebih kaya untuk dituangkan kedalam sebuah tulisan.

Dengan banyak membaca dan menuangkan berbagai ide dalam tulisan. Hal itu melatih cara berpikir saya dalam menilai segala sesuatu dengan berbagai sudut pandang.


2. Membangun kepercayaan diri
fashion show blogger terheboh
Buat saya, nge-blog itu melatih kepercayaan diri. Sebab, secara tidak sadar saya jadi rajin mempublikasikan tulisan/konten di blog dan share di media sosial. Tanpa peduli, karya saya bagus atau tidak. Sebab saat itu yang terpenting adalah berani mencoba dan saya harus bisa berpikir out of the box serta tidak malu-malu dalam membuat dan mempublikasikan sebuah karya.

3. Bebas berekspresi
Ketika membuat foto lucu
Ketika kepercayaan diri sudah terbangun. Menjadi blogger membuat saya lebih bebas lagi dalam berekspresi. Misalnya saya bebas menulis topik apa saja tentang pengalaman saya sehari-hari yang saya alami.

Kebebasan berekspresi ini, membuat saya tidak merasa dibatasi dan bisa menulis secara mengalir sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Bahkan, saya bisa membuat story hingga foto untuk meme yang lucu.


4. Rekam jejak digital 
Booth Copy Cino via: ikaprama.org
Dengan menjadi seorang blogger, berarti saya memiliki keterbukaan akan informasi yang saya miliki. Dan apa yang saya tulis nantinya menjadi rekam jejak digital di dunia maya, selama saya tidak menghapusnya.

Memiliki rekam jejak digital apalagi yang bersifat lebih experience dan personal. Biasanya, akan lebih ngena kepada para pembaca karena memiliki kesamaan.

Pernah suatu ketika, dari tulisan saya tentang experience mahalnya biaya untuk nge-print saat kuliah hingga Rp500rb pada 2010. Akhirnya, saya bisa berkolaborasi bersama para mahasiswa yang mendirikan startup (social business) dari tugas kuliahnya bermana Copy Cino (2014).

Singkat cerita, Copy Cino ini berhasil mendirikan booth untuk nge-print gratis bagi mahasiswa. Dan Copy Cino sempat eksis di 6 tempat seperti  Sumarecon digital serpong dan 5 kampus sekitar BSD Tangerang.

Sayang project tersebut, akhirnya terhenti setelah mereka lulus kuliah dan mereka mengganti bisnis model tersebut dan mendirikan bisnis lain dibidang digital.


5. Membangun personal branding
Aktris salah satu profesi yang memiliki personal branding
Ternyata blog dan media sosial bisa digunakan sebagai pendukung kita dalam membangun personal branding. Ketika saya menulis blog maupun memposting sesuatu di media sosial, saya tidak pernah pura-pura dan apapun yang saya buat dari dulu harus asli, menunjukan kesukaan saya, sifat, minat dan apapun itu tidak saya buat-buat.

Memang dalam personal branding ada hal yang bisa dibentuk, tetapi disana harus tetap ada keaslian. Misalnya dalam berpakaian, total look bisa dibuat sebagus mungkin. Akan tetapi, saya tetap harus memilih pakaian dengan warna dan model yang saya sukai agar lebih nyaman digunakan dan bisa lebih percaya diri.

Gak mungkin bila kita tidak suka warna orange, terus disuka-sukain atau pura-pura suka demi menyenangkan orang lain.

6. Membangun networking dan menjalin persahabatan


ketika trip bersama para teman blogger
Kadek Arini, Ifan dan Ruben

Nah, dengan saling blog walking dan bertemu di dunia nyata ketika event. Saya pun menjadi lebih banyak memiliki networking dan menjalin persahabatan dengan para blogger lain.

Bahkan dari situ saya memiliki banyak cerita untuk ditulis karena kita saling berbagi pengalaman satu sama lain.


7. Mendapatkan kesempatan lebih


Para blogger (Salman & Timo) asyik berfoto untuk kebutuhan sponsor
Nah, ini dia yang menarik dan saya baru ngeh dalam 3-4 tahun terakhir. Ternyata apa yang saya kerjakan sesuai passion saya ini,  bisa banget menghasilkan.

Dengan menjadi seorang blogger, saya memiliki kesempatan yang lebih dari orang lain. Seperti diajak untuk review sebuah restoran baru, mencoba produk baru, mengulas jasa hingga mendapatkan placement blog dan menjadi buzzer di channel-chanel media sosial yang saya miliki.

Padahal, jika disebut influencer saya pun hanya memiliki sedikit follower dan untuk jumlah pembaca  di blog, masih banyak blogger lain diluar sana yang memiliki banyak pembaca.

Tapi, karena mungkin saya konsisten dan memiliki banyak networking maka kesempatan itulah yang menjadikannya lebih besar.

Kedepannya, saya akan terus menghidupkan blog ini agar bisa terus memberikan inspirasi kepada banyak orang. Dan saya ingin menjadi blogger yang berdampak bagi anak muda untuk selalu berani dan berpikir kreatif.

Catatan: tulisan ini diikutsertakan pada lomba "Kenapa Harus Nge-Blog?" yang diselenggarakan oleh C2Live 

#C2CreatorContest
Tahun ke-10 menjadi seorang blogger, ini 7 alasan kenapa saya masih terus nge-blog Tahun ke-10 menjadi seorang blogger, ini 7 alasan kenapa saya masih terus nge-blog Reviewed by Riza Firli on October 09, 2018 Rating: 5

35 comments:

  1. Setuju sama semua alasannya *toss!!!*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe setuju..makasih tehh

      Delete
    2. Sama-sama.
      Tetap semangat ngeblog, terus menulis berbagi kisah, kelak bakal jadi warisan untuk anak-cucu :D

      Delete
  2. waw satu dasawarsa ya om

    ReplyDelete
  3. Waduh. Keren ih. Saya baru setahun ngeblog dan setelah baca ini, saya jadi ingin terus menulis😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia harus terus nulis n bercerita. karena siapa tau cerita kamu bermanfaat untuk tugas kuliah orang lain..oh ya tugas kuliah juga bs kamu kumpulin sebagai portofolio suatu hari kelak..

      Delete
    2. Terimakasih atas sarannya..

      Delete
  4. Nice article, Mas Riza. Senang membacanya. Ngalir, simple, renyah. Juga inspiratif.
    Salaman
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) haii mas marcel.. makasih yaa..saya jg baca2 tadi di blog nya mas juga bagus tulisannya simpel enak di baca..

      Delete
  5. saya juga dari SMP sudah punya blog yang bisa di hape mywapblog.com sekarang udah tutup.. cuma penyesalan saya ketika saya gunta ganti blog dan tidak konsisten hingga blog terbaru saya masih stagnan.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah gk pernah make soalnya dulu dari blog friendster 2006-2007..trus 2008 langsung ke blogger aja,,

      ia myweblog tutup dari 2016 ya ..dah lama..hiii..

      Delete
  6. Wah keren ka Riza, Yopi pun secara peibadi ngeblog adalah sebagai sarana untuk berkarya dan membagi informasi yang Yopi tau. Terlebih medianya sangat gampang untuk di buat. Sukses kak..kerenn Yopi mesti banyak belajar nih dari kak Riza.. sukses ��
    -Yopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama sama semangat ya keep blogging..:) sukses selalu

      Delete
  7. wuaw sepuluh tahun.
    10 tahun lalu aku juga udah kenal blog sih, tapi masih gak konsisten
    baru konsisten 2 tahun kemudian, di blog yang sama. keaslian postingan pertama masih terjaga. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia konsisten bukan berarti harus nulis terus setiap hari sih.. waktu saya bekerja sebagai penulis jg jarang isi blog isi klo lg kepingin hahaa.. tp seenggaknya kegiatan menulis gk terhenti juga karena setiap hari update tulisan di media online

      Delete
  8. Wah senior nih, harus belajar juga nih dari para mastah supaya bisa dpt tips rahasia agar blog tetap sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh gak lah..sama sama belajar..saya jg masih tahap belajar terus! :) karena konten selalu berkembang..

      Delete
  9. Sama.. aku juga udh ngeblog dr tahun 2009 tapi kak, klo aku misalnya nggak nulis stress kak hehe jd kudu ttp nulis biar ttp tersalurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee ia manda walau nulis apa aja yg penting nulis ya..aku jg gitu, sama atau gk ya baca2 aja komen2 netijen dan bw..baca berita..dll.. atau nontonin vlog

      Delete
  10. saya masih terbilang baru sebagai blogger. dari tahun 2013 menulis dengan topik2 yg ga jelas sampai akhirnya sekarang memilih topik travel karna senang melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sampai sekarang juga belum jelas karena nulis suka suka aja sihh.. tp lebih ke lifestyle dan experience..

      Delete
  11. Wah udah lama banget ya, berarti dari 2008, dulu taun itu saya masih baru mengenal istilah "posting" ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia lumayan , klo blogspot 2008 tapi sebelumnya saya pakai blog dari platform friendster

      Delete
  12. Tul, seringnya kita ngblog secara otomatsi ada keinginan untuk membaca lebih untuk memperbanyak kosa kat. Dan yang terpenting kita memiliki sudut pandang tersendiri terhadap sesuatu tanpa men judge. 10 tahun dan semoga terus berlanjut ya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia lanjutkan :) ia bulan depan sih tepanya 10 tahun.. November 2018

      Delete
  13. Wow, 10 tahun, udah lama banget ya mas....dan masih konsisten sampai sekarang.
    Keren....πŸ‘πŸ‘
    Pasti seneng ya bisa keteme temen sesama blogger, duh... Jadi pengen juga....
    Kabulkan ya Allah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sih ada update aja setiap bulan targetnya 10 konten perbulan

      Delete
  14. Waaaaaw, udah 10 tahun ya. Lama banhett dan bisa konsisten. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet vacum sih antara 2014-2018 gk gitu produktif karena jadi writer content marketing media online

      Delete
  15. Mantab banget alasannya bang, pokoknya mah klo bahas enaknya gak ada habisnya yah bang, smg tetap menginspirasi masyarakat Indonesia melalui tulisan. Salam Blogger :)

    ReplyDelete
  16. Wah ini setuju banget! Gw baru 1 tahun ngeblog pun udah ada dampaknya, dan PERSIS sama kayak yang lo bilang, za. :D
    Baru tau ternyata lo udah lama ngeblog wkwkwk, ayo lah bagi-bagi ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh ia udah lama 10 tahun wkkk πŸ˜†πŸ˜† boleh2

      Delete

Powered by Blogger.