Tips memilih laptop yang cocok untuk bekerja dan bermain

image: shutterstock
10-15 tahun lalu laptop dan koneksi internet masih termasuk dalam kategori barang mewah atau kebutuhan tersier.

Saat itu,  jumlah pengguna internet pada 2003 masih di angka 8 juta , kemudian naik menjadi 43 juta pada 2010.  Kini, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah tembus 143 juta (APJII, 2017) dan  semakin bertambah.

Melihat, jumlah pengguna internet yang cukup besar. Sudah pasti perangkat untuk menjelajah internet seperti laptop menjadi kebutuhan siapa saja. Baik pelajar, mahasiswa, hingga orang dewasaa membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaan, tugas maupun hiburan.

Terlebih, buat kamu yang hobi menulis atau nge-blog seperti saya. Jelas laptop sangatlah dibutuhkan.

Sebab layar laptop dan keyboard fisik lebih nyaman dibanding saya harus mengetik di layar touch screen dan berlama-lama di layar hp juga bisa melelahkan mata.

Jika saya perhatikan, saat ini banyak sekali spesifikasi laptop dari berbagai merek yang sangat mempuni. Setiap merek, memiliki tipe dan keunggulan masing-masing yang terkadang membuat saya bingung.  Jika nanti ingin membeli laptop baru, laptop mana yang bakal saya beli.


Sesuaikan dengan kebtuhan
Sebelum memutuskan membeli laptop, sebaiknya kita harus menyesuaikan dahulu kebutuhannya untuk apa?

Jangan sampai,  membeli laptop dengan spesifikasi sangat tinggi. Tetapi sebenarnya, spesifikasi tersebut tidak terlalu perlu bahkan tidak di gunakan sama sekali.

Misalnya, laptop dengan kemampuan grafis tinggi (laptop high end) digunakan bagi mereka para gamers, video editor atau film maker.

Jika kebutuhannya hanya untuk ngetik atau nge-blog, browsing, editing foto dan membuat design grafis sederhana menggunakan photoshop atau illustrator seperti saya. Maka membeli laptop high-end rasanya sangat sayang, mengingat harga laptop tersebut tidak murah.


Sesuaikan budget dan gali informasi lebih dalam
Setelah mengetahui kebutuhan apa yang kita perlu, kita juga harus menyesuaikan budget yang nantinya akan di alokasikan.

Jika, budget agak ngepas tapi kamu ingin membeli laptop yang cukup mempuni. Maka saran saya kamu harus menabung lebih lama untuk mendapatkannya.

Mengingat, kegunaan laptop itu berbeda dengan smartphone. Buat saya laptop itu lebih memiliki nilai produktif dan digunakan untuk jangka lebih panjang.

Mungkin orang bisa gonta-ganti smartphone setiap tahun, tiap ada keluaran terbaru. Tapi untuk laptop, rasanya tidak.

Tapi semua balik lagi, pada individu masing-masing. Jika kebutuhan laptop ini amat penting dan harus segera dibeli. Maka kamu harus  mempertimbangkan lagi dengan cermat jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Saran saya, cobalah untuk menelaah spesifikasi yang memang benar-benar kamu butuhkan. Kamu bisa mencari tahu informasi atau reviewnya lebih dalam melalui website, blog atau youtube.


Pangkaslah yang tidak perlu
Jika kamu sudah mengetahui kebutuhan serta tahu dengan jelas kelebihan dan kekurangan dari sebuah laptop.

Jalan terakhir, saran saya kamu harus memangkas dan merelakan salah satu fitur  atau kelebihan dari sebuah laptop yang dirasa tidak terlalu perlu.

Misalnya, kamu membutuhkan laptop berlayar besar dan menginginkan  juga  body laptop yang  ringan dan tipis. Tapi sayang budget yang kamu miliki belum masuk.

Maka relakan saja salah satunya "layar laptop tetap besar, tapi body laptop lebih berat dan tebal" atau "gak apa-apa layar laptop sedikit lebih kecil, asal berat dan tebalnya tetap tipis dan ringan.


source vector: freepik, pngtree
Makin produktif dengan ASUS X555
Nah, bagi kamu yang masih bingung untuk memutuskan membeli laptop apa? ASUS merupakan salah satu raksasa teknologi asal Taiwan yang memproduksi laptop dengan berbagai macam spesifikasi untuk menjawab segala kebutuhan pasar.

ASUS seri X555 salah satunya, seri X ini merupakan notebook besutan ASUS yang memiliki harga terjangkau. Meski  terjangkau, seri X ini menggunakan spesifikasi terkini sehingga dapat menunjang segala aktivitas kamu baik pekerjaan maupun hiburan.

Terdapat dua versi untuk tipe ASUS X555 yakni 'X555QG'  dan 'X555QA'. Dan berikut keunggulan keduanya :

1) Menggunakan prosesor AMD  Quadcore A10
Otak dari semua notebook sudah pasti adalah prosesornya. Dan ASUS X555 sudah menyematkan prosesor AMD Quadcore A10 yang membuat performanya halus dan responsif.

 X555 juga sudah preinstall Windows 10 asli, memiliki memori grafis dan memori controller yang canggih. Sehingga X555 sangat ideal digunakan dalam kegiatan multifungsi baik itu menyelesaikan pekerjaan maupun kebutuhan hiburan seperti menonton film.

2) Memiliki Teknologi Ice Cool
Banyak yang bilang kalau laptop dengan prosesor AMD itu cepat panas. Eits, inilah salah kaprah yang sering saya dengar. Panas dinginnya sebuah laptop itu terjadi karena berbagai faktor mulai dari pemakaian yang terus menerus dalam waktu lama, suhu ruangan, hingga sistem pendingin dari laptop tersebut memang kurang baik.

Semua itu tidak akan terjadi,  jika kamu menggunakan ASUS X555. Karena notebook ini sudah dilengkapi dengan teknologi Ice Cool yang akan selalu menjaga suhu atau temperatur di kisaran 28-35 derajat.


ASUS X555

3) Home Entertaiment Pribadi
Selain disematkan prosesor AMD Quadcore A10,  sistem operasi windows 10, memori grafis dan controller yang canggih.  Pengguna ASUS X555 semakin dimanjakan untuk menunjang kebutuhan hiburan.

Layaknya home entertainment pribadi, ASUS X555 menggunakan layar dengan teknologi ASUS Splendid yang dikembangkan oleh tim ASUS Golden Eye. Sehingga saat menonton film, kamu dapat menyaksikan warna yang baik dan temperatur warna akurat.

Sedangkan audionya, ASUS X555 dibekali dengan teknologi SonicMaster sehingga sensasi menonton film menjadi lebih seru.

4) Baterai Tahan Seharian
Masalah lainnya yang sering kita hadapi penggunaan notebook atau laptop adalah baterai-nya cepat habis dan ketika sudah ratusan kali di charge performa baterai menurun alias nge-drop.

Nah, ASUS X555 sudah menggunakan baterai Li-Polimer yang 2,5X lebih kuat dibanding baterai Li-Ion silinder. Bahkan, setelah diisi  ratusan kali dayanya masih dapat menyimpan 80% dari original kapasitasnya.

Jadi jangan khawatir, baterai laptop kamu bisa tahan seharian.

5) Design dan Warna
Ini yang gak kalah penting, pertimbangan saya untuk membeli laptop yaitu karena design dan warnanya. ASUS X555 memiliki design yang stylish, kekinian, dan tersedia juga berbagai macam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kepribadian kita.

Kalau saya sendiri, lebih suka laptop berwarna merah. Karena kalau hitam sudah terlalu mainstream, dan kalau putih cepat kotor.

Untuk harga, ASUS X555QG dibanderol  Rp 7.199.000,- sedangkan ASUS X555QA Rp 5.699.000,- dan laptop ini bisa kamu dapatkan di toko komputer atau elektronik terdekat di kotamu.

Atau kamu juga bisa membelinya secara online karena ASUS X555 juga dijual di Tokopedia.

Bagaiamana, kamu tertarik buat ganti laptop baru biar makin produktif?
Tips memilih laptop yang cocok untuk bekerja dan bermain Tips memilih laptop yang cocok untuk bekerja dan bermain Reviewed by Riza Firli on September 12, 2018 Rating: 5

46 comments:

  1. Cocok nih buat referensi beli leppy baru wooooh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bikin mupeng ya jadinya hehe 😃😊

      Delete
  2. Asus mah impian banget.

    Gak tau kenapa dari dulu selalu mupeng ama Asus, mungkin karena dalam dunia komputer Asus terkenal banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia aku jg pernah pake asus sekitar 4 tahun dan dari merek sebelum2nya emang dia sih paling tahan banting

      Delete
  3. ASUS mah memang sudah top ya dan modelnya kece habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia dan banyak macem warnanya..makin kesini asus jg makin bagus teknologinya..

      Delete
  4. processornya AMD, memang sih AMD lebih cocok buat nge game dari pada intel, setahu saya sih gitu. terlebih bisa menjalankan aplikasi grafis yg berat juga tahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia banyak gamers make prosesor ini karena katanya memorinya bikin grafisnya jd gmn gitu..intinya klo gk salah sih, jd lebih efisien jadi hasil grafisnya lebih smooth walau laptop nya bukan laptop gaming sekalipun...

      Delete
  5. Wasyeeemmm jadi ngilerrr. Yah gimana lagi, masih setia sama laptop yang ini *peluk2 .... terus kesetrum* :p Tapi thanks ulasannya. Bisa jadi bahan pertimbangan ... kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia tuteh... aku jg pingin sih ganti laptop :) laptop yg lama udah ampun sekarang aja klo nge blog harus di komputer desktop rumah

      Delete
  6. Mas Riza artikel ini sangat menarik. Gayanya dalam memberi informasi pun sangat berstruktur, mulai permasakahan, ideanya, fakta, sampai dengan solusi alternatif. Suka dengan gaya menulis seperti ini, hebat mas, salam kenal dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih kaka guru, udah mampir dan baca ulasan aku.. ini sih baru coba2 aja nge review laptop soalnya belum pernah, pernah dulu reviewnya malahan server *makin pusing.. ia karena aku dalam nge blog intinya harus bisa bahasa penyampaiaannya semudah mungkin gak ngebikin pembaca yg ngebaca makin bingung hahaha:D

      Delete
    2. Keren mas, Sangat suka berstruktur. Orang hebat

      terus hadirkan karya informatif mas. salam sukses

      Delete
    3. ia kk guru makasih sudah menyemangati
      terus berkarya ya!

      Delete
  7. Jadi laptop idaman ini ya mas, menarik bangat dari ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang paling penting harganya sih masih terjangkau sebanding dengan fitur dan kualitas yang ditawarkan :)

      Delete
  8. Karena saya sudah tidak bekerja yang secara berkala harus buat laporan, saya merasa tidak butuh laptop. Toh yang lama masih bagus tapi saya lebih memilih ngeblog menggunakan HP. Sudah terbiasa soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ia, soal kebiasaan rasanya ya.. 😃😃

      Delete
  9. Saya masih setia pakai ASUS X401U.
    Tipis dan cukup berdaya. Baterai bandel.

    Salam
    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh batrenya juara ternyata yaa...

      Thanks sudah berkunjung 😄😃

      Delete
  10. sedikit banyak membatu kami dalam memilih perangkat sesuai kebutuhan, karena kebetulan kami juga sering memilih laptop untuk membantu pekerjaan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terimakasih sudah berkunjung ..:) semoga bermanfaat ya

      Delete
  11. nice review.. gara2 baca ulasan ini jadi pingin ganti laptop

    ReplyDelete
  12. batrenya mantap ya! cocok nih laptopnya buat yang kerjanya bisnis onlineshop kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia buat yg bisnis olshop ini udah cukup!

      Delete
  13. infographic nya lucu.. ulasannya juga informatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terimakasih, sudah blog walking semoga dapat membantu

      Delete
  14. barusan qu dikirimin review laptop ini lewat w.a sama temen pas lagi cari laptop yg bagus dan harganya terjangkau..aku baru tahu kak klo asus ada official storenya di toped.. jadi gk bingung ya cari laptop asus soalnya di kotaku agak jarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sekarang makin gampang sejak ada tokopedia bahkan udah banyak brand kerjasama buat official store

      Delete
  15. nice info gan ulasannya cukup runut berstruktur dan lengkap bgt!!

    ReplyDelete
  16. menurut saya asus memang salah satu brand laptop yang sudah ternama dan kualitasnya terpercaya. saya pakai asus sudah 3 tahun & tahan banting gk rewel

    ReplyDelete
  17. Boleh masuk daftar ni laptop.

    ReplyDelete
  18. Kalo gaming sih amd rekomendasi, tapi kalo multimedia ragu juga sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Multimedia nya apa dulu? Klo cm play video n musik mah its ok kali ya.. aku blm pernah pake amd sih jd blm tau dan prosesor amd banyak macemnya pas kmrn bacae 😃😃

      Delete
  19. lima tahun ke depan, tips memilih latop ASUS X555 ini masih berguna banget. Poinyha harga terjangkau tapi teknologi kekinian

    ReplyDelete
  20. ASUS X555 memang jempolan. Yang bikin aku suka ya tentu Prosesornya itu. Mancaaap abisssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia amd memang bagus n para gamers Pada make itu

      Delete
  21. Nggak salah ASUS jadi laptop pilihan nomor 1 di Indonesia. Kualitas produknya selalu ok, desainnya pun mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia rata2 temenku jg pada make asus dan ternyata lebih tahan banting laptopnya.. gk cepet2 ngambek hahaa

      Delete
  22. Teknologi ASUS Ice Cool emang paling yahud. Jari tetap dingin, inspirasi jadi terus mengalir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia jadi gk cepet panas yaa.. jd coolin terus 😁😁

      Delete

Powered by Blogger.