Pengalaman turun berat badan hingga 9 kg dalam 2 bulan

Awal-awal gym (2015) di Hotel Peninsula, Jakarta. 

Sekitar  2015-2016  berat badan gue itu sekitar 69-70 kg, dan tiap awal tahun  gue selalu memiliki resolusi yaitu menurunkan berat badan.

Ya minimal, berat badan gue harus kembali ke 60-62kg seperti waktu 2013-2014.

Kata orang resolusi memang harus ditulis, dan ketika kita pernah menuliskannya hal itu bisa menjadi kenyataan. Bullshit gak sih ini? 

Entahlah... Waktu itu gue  udah sempet nge gym di awal-awal 2015 dan berenti saat bulan puasa. Kemudian, mulai lagi sekitar november desember 2016 (cuma 2-3bulan) kemudian berenti lagi
dan mulai daftar lagi dfebruari 2017.

Sebelum kembali nge-gym. Sempat terpikir untuk mencoba cara instan dan akhirnya gue cobain kapsul diet yang dijual  temen yaitu slimbeauty care.

Kapsulnya berwarna pink dan ungu (kapsul ungu dosis lebih besar dan ini yang gue coba).

Kenapa berani minum jamu atau obat pelangsing? 
Karena di produksi oleh teman yang perusahaan CV- nya ada di Surabaya. Perusahaan tersebut  sudah memiliki sertifikat kesehatan, aman. Testimoninya juga sudah banyak.

Jadi kapsulnya terbuat dari bahan-bahan alami gitu, dan setelah dicoba gak ada efek mencret sembelit dan apalah-apalah.

Diminum waktu itu, sehari 3 kapsul (2 kapsul pagi hari dan 1kapsul  sore)
selama minum kapsul diet ini, gue juga harus banyak minum air putih.

Lalu apa efeknya?
Efeknya sih jadi gak kerasa laper, dan waktu itu gue cuma makan sehari sekali doang (tanpa nasi). Selama sekitar 1 minggu dan pada minggu kedua turun sekitar 3-4kg.

Selama minum kapsul diet, sorenya gue juga suka olahraga sendiri gitu dirumah dan ngeluarin keringat yang cukup banyak.

Setelah itu apakah lanjutin?
Emang sih, berat badan gue turun sekitar 3kg-4kg. Habis itu gue lepas dari kapsul diet.

 Karena gue ngerasa agak ngeri ya..

Gue jadi males makan dan gak ngerasa laper sugestinya. Bahkan, pernah  tiap siang cuma makan 1-3 slice roti tawar atau roti tawar gandum.

Dimana,  1 pack roti tawar yang gue beli itu isinya sekitar 10-12 pcs. Dan itu, cukup dong buat makan gue sekitar 4-5 hari.

"Tok, gue  seharian cuma makan roti tawar doang"

Setelah tahu, tubuh gue bisa nahan laper dan cuma makan 1x sehari. Gue sugestiin aja kalau tanpa kapsul diet. Gue sanggup buat makan sehari cuma sekali.

Tinggal asupan makanannya aja yang harus dibenerin, seperti gak boleh makan junkfood, fastfood, dll.

Akhirnya berat bada gue pun kembali ke 69kg.

Ketika itu, gue sering jajan sembarangan dan sering kulineran.

 Terlebih, selama 9 bulan gue pernah dipindahin ke Menara BCA, Grand Indonesia.  Selama disana gue jadi sering jajan di mall, kantin karyawan sampai jajanan-jajanan kaki lima.


Hampir tiap siang gue kulineran di Grand Indonesia, bahkan sorenya pun masih suka nongkrong lagi. Kebayang dong,  gimana gak mau tambah bengkak badan gue lama-lama.

Akhirnya, gue rajin nge-gym lagi dan memilih menjadi vegetarian. Dengan pola, makan sehari sekali cuma makan salad sayur yang gue beli supermarket atau restoran Grand Indonesia.

Ditambah, minum yogurt kemasan atau kalau lagi bosen gue akan beli frozen yogurt.

Itu aja terus menu makan gue tiap hari. Tiada hari tanpa salad sayur dan akhirnya gue jadi sangat hobi bahkan sayuran yang mentah.

Berapa lama waktu yang dihabiskan berolahraga di tempat gym?
Gue nge-gym biasanya sore hari, dengan durasi sekitar 1 - 1,5 jam. Plus istirahat dan mandi.  Jadi total-total waktu yang gue habisin ditempat gym sektiar 2jam.

Apa yang dirasain setelah makan sayur?
Yang gue rasain di badan  selama makan 'sayur tok' badan kerasa lebih enteng, perut lebih kenyang dan gak pernah kerasa laper. Walaupun kerasa capek sehabis olahraga atau gym.

Efek lainnya, dari yang boro-boro doyan sayur apalagi sayur mentah. Sekarang jadi doyan banget.

Pola nge-gymnya gimana?
Untuk gym biasanya gue cuma treadmill, rpm, dan coba main alat-alat buat otot tangan (tapi bukan barbel) dan ngelakuinnya secapeknya aja, pokoknya bertahap, santai dan gak ngoyo.

Karena buat gue,  yang penting badan berkeringa  dan nantinya berat badan gue bisa turun.

Apa yang dihindari selama diet vg?
Pola makan gue kan cuma sehari sekali dan makan sayur doang. Maka gue menghindari nasi, gula, kopi, teh, cake, gorengan dan sebagainya dan inilah membuat badan gue cukup turun drastis.

Hasilnya?


sebelum: 69,2 kg (Feb 2017)
@ studio16B cideng 
@ Kemang Village


sesudah :64kg (April 2017) :


Dalam 2 minggu gue bisa turun berat badan 5kg sampai-sampai mas-mas ditempat fitnes juga terheran-heran cepet banget.

Pokoknya  berat badan gue hampir dua bulan bisa  turun sekitar 8-9 kg.
Dari berat sekitar gue 69.2 (70kg) ke 62 kg.


Gak jenuh menjalani diet?
Burger King 


Awalnya gue emang terlalu ketat, sampai pas 63kg-an gue sedikit cheating seperti makan nasi untuk pertama kalinya setelah 1 bulan.

Makan makanan yang gue mau seperti MCD, BK, cake, gorengan dan indomie pas weekend. Jadi hari kerja gue akan makan sayur. Sabtu-Minggunya bebasin aja makan apapun tapi tanpa nasi.

Saat berat badan berada di 63 kg, gue pun sempet stuck!

Sampai akhirnya, tiap pagi gue sering beli cireng yang dijual temen kantor. Cirengnya itu enak banget, dia beli di sekolahan SD pakai kuah cuka merah, bubuk cabe pedes dan ada juga bumbu garemnya yang asin.

 Jadi selama 2 minggu, gue makan itu cireng, dan makan sayur + yogurt atau jus di siang harinya.
 Awal makan cireng itu gue gak kuat pedes banget, tapi gue banyak minum biar gak radang tenggorokan.

Alhasil gue gak pernah radang makan cireng kayak temen-temen gue. Tapi gue sempet, sering mules dan selalu  BAB sehabis makan siang.

Tapi gue rasa, sakit perut gue bukan gara-gara cireng aja. Soalnya tiap gue makan yang terlalu pedes gue juga sering mules.

Sampai akhirnya, perut gue ini bisa beradaptasi. Setelah 2 minggu berturut-turut makan cireng.

Sarapan Cireng

Berat badan berhasil turun 61.4kg @ FF

Amazingnya setelah stuck berat badan gue di 63 kg dan setelah 2 minggu makan cireng.

Gue nimbang lagi dong dan berat badan gue berhasil turun menjadi 61,4kg.

Seneng banget, karena diet dan cheating gue selama ini membawakan hasil yang positif.

Gue rasa, berat badan gue ini bisa turun gara-gara mules tiap siang karena pagi-paginya selalu makan cireng yang pedes. 😋

Sayangnya, mendekati bulan Ramadan abang-abang cirengnya waktu itu pulang kampung  hingga usai libur lebaran.

Juni, 2017 @ Lumpang Emas, Kemang

Saat Ramadan gue banyak banget cheating, karena undangan buka bersama, acara sana-sini. Gue ngelonggarin makan gorengan dan makanan-makanan nikmat lainnya.

Sampai badan gue naik lagi jadi 63kg sekian, efeknya perut gue yang tadinya udah agak rata jadi menggendut kembali (sedih).

Selama Ramadan, gue juga jarang banget olahraga ya mungkin gak ada 5 kali ke tempat gym.

Tapi saat ini sih udah kembali rajin ke gym dan udah kembali lagi 61.2 kg (berat ideal 59,2) berarti masih ada 2kg lagi (santai sih).


@ Menara BCA - 31 floor
memberi hadiah kepada diri sendiri

Apa sih yang membuat gue  bisa olahraga secara rutin?
Awalnya gue orang yang hampir gak pernah olahraga sama sekali, tapi banyak jalan kaki. Untuk ngebuat gue rajin olahraga. Gue coba menjadi member gym di 2 tempat,  dimana salah satunya bisa all club bahakan beberapa clubnya nyediaiin baju olahraga.

 Jadi gak ada alasan untuk males olahraga lagi.

Apa yang memotivasi ?
yang memotivasi dari dalam diri adalah mewujudkan resolusi untuk turun berat badan dan hidup sehat. Biar terus termotivasi dengan goal berat badan ideal, gue juga sering memberikan hadiah ke diri gue sendiri misalnya awal nge gym beli sepatu dan baju olahraga. Dan tiap kali turun berat badan, gue akan beli sepatu baru sebagai hadiah kepada diri gue sendiri.

Kenapa harus beli sepatu baru ?
Biar gue selalu ingat "sayang  udah beli sepatu olahraga mahal-mahal (meski belinya  yg diskonan sih) kalau gak pernah di gunaiin. Apalagi membernya juga udah dua club dan satunya udah dibayar setahun dimuka.

Jadi kalau males, gue bakal inget aja biaya yang udah gue keluarin. Jadi gak boleh males-malesan dan apa yang udah gue keluarin harus ada hasilnya dong.

Llao llao frozen yogurt @ Grand Indonesia

Tips dietnya ?
Intinya gue  olahraga secara teratur, banyak makan sayur atau serat. Boleh cheating saat weekend atau maximal 2 kali dalam seminggu.

Karena biar gak stress-stress banget dan jangan lupa kita harus bahagia.

Oh ya, gak semua orang bisa makan sehari sekali. Jadi kalau laper banget, biasanya gue sering makan apa aja seperti fitbar, kue, roti, atau apapun cuma buat ganjel perut yang kosong dan biar gak kerasa lemes.

Dan sekarang 2018, berat gue tetep stabil di 61-62Kg naik turun aja terus. Tapi masa ototnya sih yang bertambah. Gue pun  udah gak diet ketat, makan normal asal jangan banyak-banyak.

Kalau udah ngerasa agak gemuk. Gue akan kurang-kurangin porsi makan  dan semepet-sempetin olahraga minimal 2x seminggu.


Pengalaman turun berat badan hingga 9 kg dalam 2 bulan Pengalaman turun berat badan hingga 9 kg dalam 2 bulan Reviewed by Riza Firli on September 13, 2018 Rating: 5

40 comments:

  1. poto-potonya keren abis cakep lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih 😄 senang sudah berkunjung

      Delete
  2. Inti dari menjaga berat badan yang ideal itu olah raga, rupanya. Saya waktu mau menggemukkan badan juga disuruh olah raga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia olahraga di sempet2in sih , ya paling gk ada gerakan2 n kerigetan hehehe

      Delete
  3. Kalau orang yang ingin menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan, ketemu timbangan itu rasanya sesuatu banget. Saya kan tidak punya timbangan sendiri, jadi kalau liat timbangan pasti deh langsung timbang berat badan, hehehe.

    Kakak saya juga gitu. Makan sehari satu kali karena tidak mau gemuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang gak sehari sekali banget sih..kadang 2x tp porsi kedua gk banyak tp malem udah gk makan

      Delete
  4. Wah. Bagus banget turun segitu.

    Pertengahan November 2017 sd Februari 2018. Berhasil turunkan BB sd 12 kg.
    Saya pakai resep sederhana. Sikat apa saja. Carbo? Batasin!

    Tentu saja dengan rtin renang 4000m sd 5000m. Satu minggu 2x.
    Plus jalan/lari kecil rutin 2 sd 3 km/hari.

    Salam
    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh semangat yaa buat gaya hidup sehatnya

      😃😊

      Delete
  5. Waaaa sukses ya dietnya bisa turun banyak! Saya juga ini selama 2 bulan 2 minggu ikutan DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) turun sampai 11 kg. Tapi sebetulnya bukan itu yang saya kejar. Saya ikutan diet itu karena nimin carbs kan, jadi kadar gula dalam darah saya berkurang dari 450an ke (ngedrop) 50 hahahaha dalam 2 bulan 2 minggu itu, akhirnya kudu konsumsi carbo lagi (teh manis, nasi dikit) ... :D

    Kenapa yaaa makan dikit, naiknya cepet.
    Lama diet, hasilnya pelaaan sekali :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kadang tergantung metabolisme masing2 org mungkin ada yg cocok cut carbo extreem ada yg enggak.. malah ada tmn yg dietnya harus makan daging2 gk blh sayur carbo gula ..

      Delete
    2. Iya, metabolisme itu yang bikin saya suka iri sama teman-teman yang banyak makan tapi kok ya susah bobotnya naik :D

      Delete
    3. wkt kemaren rajin2 nge-gym, saya metabolic nya sempet kayak umur 21-22thn hahaha :)

      Delete
  6. Judul tulisannya ini bikin penasaran :D

    Memang harus bikin resolusi dan komitmen, ya .. apapun caranya ... yang penting sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia dan akhirnya sekarang gitu kok :) yg penting sehat ..karena udah pernah ngerasaiin gemu dan kurus jadi pilih yg sedeng2 aja dan stay di 61-62

      Delete
  7. wah kayaknya saya harus beli sepatu baru juga nih biar gak males malesan bangun pagi dan olah raga.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia apa lagi pas ada diskon kak.. pernah beli sepatu gak sampe 500rb mereknya nike asli lagi..coba buka situs MAP mall deh.. kadang klo beruntung nemuin juga sepatu-sepatu olahraga kece dengan harga sangat-sangat bersahabat..

      Delete
  8. kalo mau naikin berat badan gmn ya? kok gue susah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha udah jgn dinaikin ntr susah nurunin

      Delete
  9. Cireng dan makanan/cemilan semacamnya adalah godaan banget ya Kak Riza. Saya dulu pernah nyoba diet, tapi nggak mempelajari ilmu tubuh dan nutrisi, jadi amburadul sebatas mengurangi makan. Beberapa bulan lalu saya mulai konsisten dan belajar lebih bayak soal pola makan dan kalori. Alhamdulillah it works! Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia.. cm sabtu ini saya makan nasi kok karena abis olahraga kepingin bgt sarapan nasi goreng..
      ia tuh bener yg terpenting memang kalorinya sih kadang itu yg kita gk perhatiin

      Delete
  10. Thanks banget Ka Riza info dietnya... jadi pingin bisa langsing lagi, jujur dan terus terang aku dulu pernah langsing, cuma sekarang kebanyakan kuli di negara arab jadi meral nih badan. doai yaa semoga aku sukses dietnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia di arab byk nasi kebuli nasi briani kambing sih..enak2 yaa..:)

      Delete
  11. wah bisa ditirukan ini pengalamannya,,tapi bukan untuk saya,,untuk adek saya hehe..
    makasih infonya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ia, semangat ya..coba aja diet VG

      Delete
  12. Waaahhh judulnya bikin baper emak-emak nih.
    BBnya pun bikin baper emak nyusui kayak saya hiks.
    Emang lebih keren kalau BB proporsional ya.
    Kalau saya lebih milih nurunkan BB dengan olahraga ringan, gak kuat kalau diet, sampai gemetaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..ia sih..sebenernya gk diet diet bgt sih sekarang, cuma lebih ngurangin nasi aja dan porsi makan.. dan pilih2 makanan

      Delete
  13. Disaat orang lain pengen kurusin badan, saya malah pengen gemukin badan. Hahahah.
    Andai aja lemaknya bisa ditransfer ke saya, kwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaahhh hans mah enak bgt makan banyak gk jadi lemak.. org abis makan shaburi aja bs nambah 2kg wkkk

      Delete
  14. Jadi lebih fresh... itu cirengnya huaa mauu.
    Aku lebih kurus setelah nikah, ngurusin anak kecik jadi kurus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia enak cirengnya.. wahh pas udah nikah kurus.. ya udah di nikmatin aja dari pada habis nikah gemuk susah nurunin hehee

      Delete
  15. Dari sebelum lebaran 2018 kemarin, aku mendisiplinkan diri dengan treadmill 1 jam dan angkat dumbbell setiap hari kerja. Jadi, di kantor gue ada treadmill sama dumbbell. Hasilnya? Kalo perut sih belum terlalu kalihatan, tapi lengan jadi kelihatan makin kekar. Lumayan buat nambah kepercayaan diri :D

    Sebelumnya gue daftar fitness di hotel dekat kost. Kasusnya kayak lu, keluar masuk keluar masuk sesuai ketersediaan budget, hahaha. Daripada nggak rutin, ya udah, fitness di kantor aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong disiplin treadmill 1 jam tp dibagi dua sih 30 menit awal ..seling trus main lagi 30 menit lagi..tp kan cepet bosen jadi seringnya ikut kelas , atau main alat2 aja..
      ia di hotel sama di club fitnes dua member wkt itu demi konsisten no excuse olahraga

      Delete
  16. wow, mantap pencapaiannya. selamat ya!

    ReplyDelete
  17. Cara naikin berat badan gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya makan yg enak2 aja hahaha :) lol

      Delete
  18. Aku juga mau nurunin BB nih. Semenjak bocah berhenti menyusu, BB langsung naik drastis 7 kg, celana sudah gak ada yang muat lagi. Huhuhu... Tapi kudoyan makan hahaha
    Sekarang mulai rajin olahraga sih, baru gitu doang tapinya. Postingannya bikin semangat buat turunin BB nih 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia semangat kak..klo olahraga sih pelan2 aja ..yg penting kurangin aja dulu porsi makan tp ttp itung kalori yg keluar dan masuk :)

      Delete
  19. Sesama pejuang berat badan 60 kg, kisahnya menginspirasi..

    Terutama soal olahraga ni, akhir" jarang..
    Semoga bisa segera jogging lagi.. Udah hampir 70 kg.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sempet2in olahraga biar brrgerak keringetan bakar lemak

      Delete

Powered by Blogger.