Nusa Penida, Alternatif Spot Liburan yang Instagramable di Bali

Pantai Kelingking - Okt 2017
Berkunjung ke Bali, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi tempat-tempat yang lagi hits. Jika kamu bosan, karena mengunjungi tempat-tempat yang sama atau itu-itu aja.

Saya menyarankan, untuk mencoba berpetualang ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Bali. Salah satunya Nusa Penida. Pulau ini berada di sebelah Tenggara Bali dan dipisahkan oleh selat Badung.

Sebelumnya, Pulau ini  kurang populer karena kurang mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah.

Namun, dalam 4-5 tahun terakhir.  Keindahan alamnya semakin tereksplor oleh kamu-kamu pemilik akun instagram. Maka jadilah Nusa Penida menjadi objek wisata favorit bagi yang berlibur ke Bali.

Dan menurut saya, keindahan alam di Nusa Penida itu sangat instagramable untuk memenuhi feed  di instagram.



Bagi kamu yang mau ke Pulau ini, kamu harus bangun pagi-pagi karena akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam, menyebrang menggunkan fast boat dari Pantai Sanur.

Sebenarnya, banyak paket tour yang menawarkan ke Nusa Penida. Misalnya paket 2 hari 1 malam dengan penginapan yang sudah lumayan bagus dan murah-murah juga. Tapi, saya lebih memilih untuk pulang hari tanpa menggunakan tour.

Saya pun mendapatkan recomend dari teman yang sudah pergi kesana. Kalau ada satu kapal dari Sanur yang murah banget untuk menyebrang ke Nusa Penida bernama Mola-mola. Letaknya dipaling pojok ujung. Bahkan waktu itu ( Oktober 2017), saya mendapatkan tarif dibawah 100rb sekali jalan  dan waktu itu saya membelinya on the spot.

Perjalanan ke nusa penida menggunakan kapal Mola-mola
Nah, untuk tarif kapal mola mola terkini kamu bisa cek langsung di websitenya http://www.thenusapenida.com/mola-mola-express-fast-boat/

Untuk jadwal, dia ada dua kali perjalanan yaitu pukul 7.30 dan 8.30 pagi dan jam pulangnya ada yang pukul 4.30 atau  5.00 sore.

Setelah sampai di  Nusa Penida, kamu bisa menyewa motor atau mobil.

Dan saran saya, kamu harus menggunakan driver karena medan disana cukup terjal, licin  masih banyak bebatuan dan kerikil. kalau tidak terbiasa mengendara di jalan medan seperti itu, pasti akan sulit.

Tapi, buat para bule karena mereka suka tantangan. Biasanya mereka  berani menggunakan motor sendiri.

Oh ya, berhubung saya sampai di Nusa Penida sudah agak siang, dan harus mengejar pulang pada sore hari. Saya pun hanya bisa mengunjungi  3 spot disana seperti :

Pantai Kelingking



Jika kamu cuma menghabiskan waktu di kute saja, rasanya rugi. Ternyata setelah sampai Pantai Kelingking  di Nusa Penida seindah ini. Dipantai ini terdapat lekukan-lekukan tebing yang mirip leher dinosaurus trex dan di badan tebing ditutupi dengan hijau dedaunan.

Oh, ya pantai Kelingking katanya juga memiliki area diving dan kamu bisa melihat ikan manta, yaitu ikan pari besar dan merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Angel Bilabong

Tempat ini adalah muara akhir dari sungai di Nusa Penida, sebelum bertemu lautan lepas. Di Angel Bilabong kamu akan menemukan air yang sangat tenang dan jernih. Terdapat cerukan-cerukan membentuk kolam alami yang sangat eksotik dan kamu dapat turun kebawah jika ingin berenang.

Namun, jelang sore hari air laut bisa pasang dan ombaknya akan naik dan ini cukup berbahaya. Bisa-bisa kamu terbentur bebatuan dan karang-karang tajam yang eksotik tersebut. Jadi saran saya, jika kamu ingin turun kebawah dan nyebur jangan sampai jauh-jauh kebibir tebing.

Banyak bule juga disini yang cukup nekat, dan terlihat mereka banyak juga  yang berdarah, beset-beset sesudahnya. Padahal mereka sudah diperingati oleh para pemandu dan penjaga disana untuk naik karena kondisi airnya sudah berbahaya.

Broken Beach

Kenapa dinamakan broken beach? Karena di pantai ini kamu akan menemukan  tebing tinggi dengan bolongan ditengahnya. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat foto prewed, dan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, warga sekitar juga sudah menyediakan tempat pijakan sehingga kamu bisa naik dan memotret dengan mudah dengan  pemandangan menakjubkan.


Oke itulah beberapa spot yang bisa kamu nikmati, di Nusa Penida. Buat yang mau ekplor lebih dalam lagi dan lebih seru. Sebaiknya sih emang menyewa tempat penginapan di sekitar sini.

Pengalaman saya yang lucu adalah ketika menunggu kapal pulang ke Sanur, kami sibuk makan dan ngopi di warung Indomie dekat sana. Dan saat dipanggil di hallo-halloin kita gak ngeh pikir kita orang masih beberapa menit lagi dan ternyata pas sampai di dermaga kapalnya baru pergi meluncur beberapa menit.

Duh panik dong gimana kita pulangnya..?

Tapi untung kapal mola-mola belum terlalu jauh dan masih terlihat di depan mata.

Para bli dan mba yang menjaga dermaga akhirnya meneriaki menepoki kapal mola-mola tersebut untuk kembali ke dermaga karena kami bertiga ketinggalan.

Untung ya masih deket, coba kalau udah agak jauh mungkin mereka gak denger dan males untuk kembali wkkkk 😅

Pesan: tolong buat kalian yang berkunjung ke Nusa Penida, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Saya baru nyadar setelah membuka-buka file foto dan  menemukan ada sampah kaleng dan plastik di ranting-ranting  pohon saat di Klingking Beach. Sedih kan, udah bagus-bagus tempat wisata kita tapi ternyata ada sampah.


Nusa Penida, Alternatif Spot Liburan yang Instagramable di Bali Nusa Penida, Alternatif Spot Liburan yang Instagramable di Bali Reviewed by Riza Firli on August 26, 2018 Rating: 5

10 comments:

  1. nusa penida adalah surga
    ah pengen banget ke sana
    apalagi ke pantai kelingling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bagus banget ternyata disana :) tapi ya itu jalannya masih rusak butuh perjuangan

      Delete
  2. Wah... ke Nusa Penida aku belum pernah nih. Nyeberang pake fast boat ya..Mola2 hihii sekali jalan 100rb ya kira2 berarti PP 200rb trus kalo ber4 jd 800rb hehee mayan juga ya. Perjalanannya 1 jam. Jadi kepengen tau kayak apa sih penginapan di Nusa Penida.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapannya macem2 sih byk pilihan..

      Delete
  3. wow, emang keren ya. beruntung sekali dah pernah ke nusa penida

    ReplyDelete
  4. Meski liburan singkat dan 'cuman' sempat ke 3 destinasi ..., tapi wow banget pemandangannya.

    Aku suka banget lihat Angel Bilabong 👍.
    Itu kalo di pantai Gunung Kidul mirip dengan pantai Wedi Ombo, kolam alaminya terisi air laut saat gelomhang pasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia biru banget lagi air2 lautnya..:) hehehe..

      Delete
  5. Replies
    1. ia mesti mampir kesana kapan kapan :)

      Delete

Powered by Blogger.