Menantang diri sendiri untuk ngeblog dan nulis dari smartphone


Akhir-akhir ini karena kesibukan dan rutinitas, saya jadi jarang banget buka blog atau nulis.

Rasanya, malu sama diri sendiri karena dulu hampir produktif untuk nulis. Tapi sekarang skill yang udah saya asah bertahun-tahun ini seakan lagi mati suri.

Banyak alasan sih yang membuat saya kurang produktif menulis.

Apalagi kalau pulang kerja dan sudah sampai rumah. Bawaannya, sudah males buka laptop atau komputer. Pokoknya Males ngapa-ngapain.

Dan kalau udah nyentuh kasur, ya udah deh mau gimana lagi? Yang ada malah tidur dan besok pagi udah berangkat kerja lagi.

Nah, maka dari itu sekarang saya menantang diri saya sendiri untuk nulis atau ngeblog melalui smartphone.

Sebenarnya hal ini terinspirasi dari para jurnalis-jurnalis yang sering saya jumpai di liputan sebuah event. Banyak dari mereka menulis dan update berita melalui smartphone dengan gampangnya.

Jujur, waktu bekerja di media saya bukan penulis  yang bisa melakukan hal itu.

Tapi, suatu ketika hal itu pernah terpaksa terjadi saat saya meliput event film dokumenter di Nusa Dua Bali. Itupun sekali-kalinya saya mengirim content  dan foto melalui google docs dari smartphone. Namun, dibantu tayang oleh editor di Jakarta.

Sekarang, saya ingin coba menantang diri saya untuk rajin menulis di 2 blog saya Rizafirli.com dan segelasinfo.com hanya melalui smartphone.

Kira-kira bisa gak ya, ini saya lakukan dan konsisten? Nah, kalau kalian bisa gak update blog hanya dari smartphone atau tab?

Silahkan jawab di kolom komentar ya..

Image: shutter stock
Menantang diri sendiri untuk ngeblog dan nulis dari smartphone Menantang diri sendiri untuk ngeblog dan nulis dari smartphone Reviewed by Riza Firli on September 08, 2019 Rating: 5

35 comments:

  1. Halo Kak, kalau aku justru lebih sering ngeblog pakai smartphone. Soalnya simpel bisa dibawa tiduran 😂 lagian aku emang dasarnya udah males buka laptop. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kalau saya baru mau coba nulis make smartphone ternyata lumayan asik sih.. Tapi lebih enak nulisnya di google docs word dulu baru copas ke blog..

      Delete
  2. Gue sering mas nulis dari hp dan langsung di dashboardnya. Ya walaupun experiencenya agak kurang nyaman, tapi asyik juga sih. Daripada hapenya cuma buat main sosmed ya kan wkwk. Salam kenal bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh di coba deh nanti langsung di dashboard..tp make yg di google chrome. Atau download apps blogger nya?

      Delete
  3. Saya itu udah setahuna setengah nulis di hp, awalnya tulis di google word dokumen. Klo udah mateng baru kopas ke dashboard blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow udah cukup expert juga yaa.. Nulis dari hp..ia UI nya google. Docs lebih enak ketimbang blog dashboard.. Tp semalem nulis ini langsung loh di dashboard blognya

      Delete
  4. kalau saya ga bisa ngeblog lewat smartphone, sulit sekali rasanya. tapi memang tiap hari sih saya nyempetin nulis di laptop habis pulang kerja, paling lama 20 menitan buat nyicil tulsian.

    tapi kalau memprediksi kedepan akan ada kesibukan, biasanya saya tancap gas nyiapin 2-3 artikel duluan, biar bisa tetap publish sesuai jadwalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama banget..:) tapi gak bisa nyicil2 gitu harus bikin sekali jadi soalnya klo udah ntar sok ntar sok mood nya udah beda

      Delete
  5. bisa baanget mas, saya malah seringan update blog lewat smartphone daripada laptop. lebih bisa dibawa kemana aja....
    ntar kalau mau ngutak atik blog baru buka laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh malah saya baru mulai mau ngebneblog pake HP :D #MulaiAjaDulu

      Delete
  6. Replies
    1. Terimakasih 👍😊 semangat jg ya..

      Delete
  7. ada aplikasi khusus gak sih buat ngblog..
    aku biasa pake note sih tapi kadang mindahinnya pake laptop juga. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di google plystore.. Blogger...tp design antar mukanya masih jelek

      Delete
  8. Saya tetap lebih suka cara konvensional kalau untuk update blog. Tapi nulis artikelnya bisa di handphone pas naik bus berangkat atau pulang kantor. Pas weekend, artikel dirapikan di laptop dan diupload.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bisa juga ya begitu hehe.. Nice tips.. Patut dicoba nih caranya

      Delete
  9. hmmm
    aku malah gak punya smartphon sama komputer, ini aja nulis di warnet. hidup ini keras yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia tapi warnet sudah jarang di Jakarta. Di tebet aja kayaknya yg bertahan cm 1 itu jg dia gk usaha warnet aja tp ada aqua isi ulang, kuliner..

      Delete
  10. Sama, gan....
    tapi saat ini belum terlaksanakan juga, pake blogspot app di android tapi kok kayaknya belum bisa senyaman di PC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia karena belum terlalu terbiasa 😂 klo apps blogger di hp kayaknya juga gk se friendly di browser sih

      Delete
  11. Sungguh niat yang mulia ini. Kalau aku kayaknya mending pakai laptop sih, misal mau ngedit dan nginsert foto di blogpost jadi lebih gampang. Kalau lewat smartphone, paling sekedar buat blogwalking ke temen-temen bloger aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee,, ia kalau blog walking enak make hp or tab bs sambil santai tiduran ya 😀

      Delete
  12. maat tua ini susah kalau nulis dari smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya bener juga, mata akunudah min 3.5 n silinder

      Delete
  13. Sejak punya handphone android, selalu mengandalkan handphone untuk mencatat ide tulisan yang muncul tiba-tiba, he. Meski akhirnya disempurnakan lewat laptop, tapi handphone ini sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ide harus di tulis ya buru2 biar gak lupa 😁

      Delete
  14. aduh aku tak sangup,typo melulu jadi malah lama kelarnya.Faktor umur kali Ye

    ReplyDelete
  15. Semangat mas.

    Selain sering curi2 nukis di kantor aku juga sering nulis di hp klo lagi di jalan.

    Kalau smpe Kos sering nge draft tulisan dan nukisnya pake speechnote biar cepetan. Yah terbatas waktu krna byk kegiatan.

    Tapi semoga ttp bisa konsisten nge blog.

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh boleh jg idenya nulis pakai speechnote.. Kapan2 mau coba juga.. Salam kenal juga yaa Rini

      Delete
  16. Saya gak bisa kalau lewat smartphone. Antara gak bisa atau saya males, karena kurang nyaman kalau nulis lewat hp. Palingan di hp saya cuma tulis catatan kecil apa aja yg mau saya tulis di blog ✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia awalnya jg saya gk gitu nyaman tp skrg masih coba coba belajar nulis pake hp

      Delete
  17. Saya gak bisa kalau lewat smartphone. Antara gak bisa atau saya males, karena kurang nyaman kalau nulis lewat hp. Palingan di hp saya cuma tulis catatan kecil apa aja yg mau saya tulis di blog ✌

    ReplyDelete
  18. Menarik, para jurnalis memang menulis dari ponsel utk memenuhi kebutuhan informasi yang tersaji cepat. Maka bahasanannya pun lugas. Makin tertantang bila teknik ini diadopsi narablog yg khasnya punya bahasan lebih meluas krn aspek user experience

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia demi konten yg cepat dan kejar tayang.. Hehee.. Kadang beritanya masih sepotong sepotong..

      Delete

Powered by Blogger.