PAFI: Garda Terdepan Farmasi Indonesia, Kiprahnya Hingga ke Pelosok Negeri


Pernahkah Anda berpikir, siapa yang memastikan obat yang Anda konsumsi aman, efektif, dan berkualitas? Siapa yang berperan dalam pengembangan obat-obatan baru di Indonesia, bahkan hingga ke pelosok negeri seperti Nias Barat? Jawabannya adalah para ahli farmasi yang tergabung dalam Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).


Yuk kita bahas  lebih dalam tentang PAFI, organisasi yang menjadi garda terdepan dalam dunia farmasi di tanah air. Siap untuk mengetahui fakta-fakta menariknya? Yuk, simak terus!


Apa Itu PAFI?

PAFI adalah organisasi profesi yang mewadahi para ahli farmasi di Indonesia. Didirikan pada tanggal 13 Februari 1946, PAFI telah menjadi rumah bagi ribuan tenaga farmasi yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

PAFI bukan hanya sekadar organisasi profesi, tetapi juga berperan sebagai wadah pengembangan kompetensi, advokasi kebijakan, dan penghubung antara ahli farmasi dengan masyarakat.



Misi Mulia PAFI

PAFI memiliki misi yang sangat mulia, yaitu:

  • Meningkatkan kualitas dan profesionalisme anggota: PAFI secara aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi, seperti seminar, workshop, pelatihan, dan sertifikasi.

  • Memperjuangkan hak dan kesejahteraan anggota: PAFI berkomitmen untuk melindungi hak-hak para ahli farmasi dan memastikan mereka mendapatkan kesejahteraan yang layak.

  • Berperan aktif dalam pembangunan kesehatan masyarakat: PAFI turut serta dalam berbagai program kesehatan masyarakat, seperti edukasi tentang penggunaan obat yang tepat, pengembangan obat-obatan herbal, dan penanganan masalah kesehatan di masyarakat.


Fakta Menarik tentang PAFI

  1. Pelopor Apotek Hidup: PAFI berperan penting dalam mengembangkan konsep apotek hidup, yaitu pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) untuk kesehatan. PAFI aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat TOGA dan cara pengolahannya.

  2. Pejuang Kemandirian Obat: PAFI juga turut memperjuangkan kemandirian obat Indonesia. Mereka mendorong pengembangan industri farmasi dalam negeri dan memastikan ketersediaan obat-obatan esensial bagi masyarakat.

  3. Penjaga Etika Profesi: PAFI memiliki kode etik yang ketat untuk menjaga integritas dan profesionalisme anggota. Setiap ahli farmasi yang tergabung dalam PAFI harus menjunjung tinggi etika profesi dan bekerja dengan penuh tanggung jawab.

  4. Jaringan Luas di Seluruh Indonesia: PAFI memiliki cabang di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk di Nias Barat. Hal ini memungkinkan PAFI untuk menjangkau dan memberikan pelayanan kepada anggota di seluruh pelosok negeri.

Kiprah PAFI di Nias Barat 

via: Gmap

PAFI Cabang Nias Barat aktif dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di daerah tersebut. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain:

  • Pelatihan dan Sosialisasi: PAFI Nias Barat rutin mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada tenaga farmasi di wilayah tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
  • Penyuluhan Kesehatan: PAFI Nias Barat juga aktif melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, terutama mengenai penggunaan obat yang tepat dan aman.
  • Kerjasama dengan Pemerintah Daerah: PAFI Nias Barat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah untuk mendukung program-program kesehatan di wilayah tersebut.

PAFI dan Masyarakat: Sinergi untuk Indonesia Sehat

PAFI berkomitmen untuk menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat. Mereka aktif memberikan edukasi tentang kesehatan dan obat-obatan, serta menyediakan layanan konsultasi farmasi kepada masyarakat. PAFI juga berperan sebagai jembatan antara masyarakat dengan pemerintah dalam hal penyampaian aspirasi dan kebutuhan terkait kesehatan.


Mari Dukung PAFI, Dukung Kesehatan Indonesia!

Sahabat Pembaca, mari kita bersama-sama mendukung PAFI dalam menjalankan misi mulianya. Dengan mendukung PAFI, kita turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian dan kesehatan masyarakat Indonesia, termasuk di daerah-daerah pelosok seperti Nias Barat.


untuk informasi lainnya tentang PAFI Nias Barat juga bisa mengunjungi pafiniasbarat.org 

Comments