6 Restoran Tradisional di BSD yang Menggugah Selera dengan Cita Rasa Nusantara Otentik

BSD City, dengan gemerlap modernitasnya, ternyata menyimpan sejumlah permata kuliner tradisional yang siap memanjakan lidah Anda dengan cita rasa otentik Nusantara. Jika Anda rindu akan masakan rumahan khas Indonesia atau ingin memperkenalkan kelezatannya kepada teman-teman dari luar negeri, keenam restoran ini patut menjadi destinasi Anda:

1. Talaga Sampireun (Bintaro)

via: Talaga

Tersembunyi di tengah rimbunnya pepohonan, Talaga Sampireun menawarkan pengalaman bersantap yang unik dengan konsep saung-saung tradisional Sunda yang dibangun di atas danau buatan. Suasana asri dan tenang ini akan membuat Anda merasa seperti berada di pedesaan, jauh dari hiruk pikuk kota.

  • Menu Andalan: Gurame Bakar Cobek, Nasi Timbel, Udang Bakar Madu, Sayur Asem, Karedok

  • Harga: Rp100.000 - Rp300.000 per orang

  • Rating: 4.5/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Sangat nyaman dan tenang, cocok untuk makan bersama keluarga atau pasangan.

Gurame Bakar Cobek adalah salah satu hidangan yang wajib dicoba di Talaga Sampireun. Ikan gurame segar dibakar dengan bumbu cobek yang pedas dan gurih, disajikan dengan sambal dan lalapan segar. Nasi Timbel, disajikan dalam bungkus daun pisang, juga menjadi favorit para pengunjung. Udang Bakar Madu menawarkan rasa manis dan gurih yang seimbang, sementara Sayur Asem dan Karedok menghadirkan kesegaran sayuran khas Sunda.


2. Mbah Jingkrak (Dalem Si Mbah)

via: Ocha 


Mbah Jingkrak menghadirkan suasana Jawa yang kental dengan interior tradisional dan alunan musik gamelan yang menenangkan. Restoran ini terkenal dengan menu-menu khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang lezat dan otentik.

  • Menu Andalan: Ayam Goreng Kremes, Nasi Liwet, Rawon, Sop Buntut, Sate Ayam

  • Harga: Rp50.000 - Rp150.000 per orang

  • Rating: 4.2/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Tradisional Jawa yang hangat dan ramah, cocok untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

Ayam Goreng Kremes Mbah Jingkrak memiliki rasa gurih dan renyah yang khas. Nasi Liwet yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah juga menjadi favorit para pengunjung. Rawon, sup daging sapi dengan kuah hitam yang kaya rasa, adalah hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner Jawa Timur. Sop Buntut yang empuk dan gurih, serta Sate Ayam yang lezat, juga tidak boleh dilewatkan.


3. Ikan Bakar Cianjur (Alam Sutera)

via: Trip Advisor 

Sesuai namanya, Ikan Bakar Cianjur menyajikan berbagai jenis ikan bakar segar dengan bumbu khas Cianjur yang pedas dan menggugah selera. Selain ikan bakar, restoran ini juga menawarkan menu-menu khas Sunda lainnya yang tidak kalah lezat.

  • Menu Andalan: Ikan Gurame Bakar, Ikan Mas Bakar, Ayam Bakar, Nasi Liwet, Pepes Tahu

  • Harga: Rp40.000 - Rp120.000 per orang

  • Rating: 4.0/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Sederhana namun nyaman, cocok untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

Ikan Bakar Cianjur menjadi primadona di restoran ini. Ikan gurame atau ikan mas segar dibakar dengan bumbu khas Cianjur yang pedas dan meresap hingga ke dalam daging ikan. Ayam Bakar juga tidak kalah lezat, dengan bumbu yang meresap dan daging yang empuk. Nasi Liwet dan Pepes Tahu menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan utama Anda.


4. Bebek Bengil

via : Bebek Bengil

Bebek Bengil, restoran yang sudah melegenda di Bali, kini hadir di BSD untuk memanjakan lidah Anda dengan bebek goreng krispi yang gurih dan lezat. Daging bebek yang empuk dipadukan dengan bumbu rempah yang meresap dan sambal matah yang pedas segar, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

  • Menu Andalan: Bebek Goreng Crispy, Nasi Campur Bali, Ayam Betutu

  • Harga: Rp70.000 - Rp180.000 per orang

  • Rating: 4.3/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Nuansa Bali yang kental dengan dekorasi kayu dan anyaman bambu, menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

Bebek Goreng Crispy adalah menu wajib coba di Bebek Bengil. Kulit bebek yang renyah dan dagingnya yang empuk akan membuat Anda ketagihan. Nasi Campur Bali, dengan berbagai lauk pauk khas Bali seperti sate lilit, lawar, dan sambal matah, juga menjadi favorit para pengunjung. Ayam Betutu, ayam utuh yang dipanggang dengan bumbu rempah khas Bali, juga tidak kalah lezat.

5. Remaja Kuring (Serpong)

via: Remaja Kuring Serpong

Remaja Kuring menawarkan suasana pedesaan Sunda yang asri dengan saung-saung yang dibangun di atas kolam ikan. Suasana yang tenang dan sejuk ini sangat cocok untuk bersantap bersama keluarga atau teman-teman.

  • Menu Andalan: Gurame Cobek, Nasi Tutug Oncom, Ayam Goreng Lengkuas

  • Harga: Rp60.000 - Rp150.000 per orang

  • Rating: 4.1/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Asri dan sejuk, dengan saung-saung tradisional Sunda yang nyaman.

Gurame Cobek adalah salah satu menu andalan di Remaja Kuring. Ikan gurame segar dibakar dengan bumbu cobek yang pedas dan gurih, disajikan dengan sambal dan lalapan segar. Nasi Tutug Oncom, nasi yang dicampur dengan oncom goreng dan rempah-rempah, juga menjadi favorit para pengunjung. Ayam Goreng Lengkuas, ayam goreng dengan bumbu lengkuas yang harum, juga tidak kalah lezat.


6. Waroeng SS

via: Wildman dr 
.

Waroeng SS menawarkan konsep prasmanan dengan pilihan menu yang sangat beragam, mulai dari aneka lauk pauk, sayur, hingga sambal. Anda dapat memilih sendiri hidangan yang Anda inginkan dan membayar sesuai dengan jumlah dan jenis makanan yang diambil.

  • Menu Andalan: Ayam Goreng, Ikan Goreng, Tempe Orek, Sambal Terasi

  • Harga: Rp30.000 - Rp80.000 per orang

  • Rating: 3.9/5 (Google Reviews)

  • Ambience: Sederhana dan kasual, cocok untuk makan siang atau makan malam bersama teman-teman.

Ayam Goreng Waroeng SS memiliki rasa gurih dan renyah yang khas. Ikan Goreng juga tidak kalah lezat, dengan daging yang empuk dan bumbu yang meresap. Tempe Orek dan Sambal Terasi menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan utama Anda.

Dengan berbagai pilihan restoran tradisional yang menyajikan cita rasa otentik Nusantara, BSD City siap memanjakan lidah Anda dengan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.


Comments