Maret 2023: ingin coba 1 day 1 post atau paling tidak dalam 1 bulan ada 12-20 post




Saat rajin menulis blog di 2008, saya selalu bernai menulis dan menceritakan kembali apapun kedalam tulisan. Disitu saya belajar bagaimana memindahkan isi kepala kedalam sebuah tulisan. 

Jadi untuk menjadi menulis sebenarnya semudah itu, caranya hanya memindahkan isi kepalamu kedalam hati kemudian coba ditulis dengan emosi. Jika tidak dicoba maka kamu tidak bisa membuat sebuah karangan atau tulisan.

Sehingga yang membedakan tulisan seorang blogger, novelis, jurnalis adalah emosinya. Cara berceritanya bagaimana penulis menuangkan rasa. Untuk berlatih dan memperbanyak kosakata dalam menulis dengan banyak membaca novel-novel dan juga cerita fiksi ataupun sastra.

Karya sastra merupakan ciptaan yang disampaikan dengan komunikatif. 

Selain membaca, menceritakan kembali pengalaman merupakan cara untuk bisa menulis secara komunikatif. Karena jika si penulisnya sendiri yang mengalami dan merasakan maka kita akan lebih mudah untuk mendeskripsikan tulisan yang kita inginkan.

Saya juga penulis yang tidak bisa berpura-pura, karena apa yang saya rasakan itulah yang saya tulis. Genre penulisan fiksi, bukanlah kesukaan saya walaupun saya menyukai membaca novel. gaya penulisan jurnalis dan berita atau non fiksi adalah yang saya sukai. Karena saya orangnya tidak mudah untuk berandai-andai atau berkhayal. 

Gaya penulisan bebas dan mengalir juga saya senangi. Karena saya tidak perlu terpaku dengan kerangka tulisan atau kerangka karangan. Biasanya otak saya akan menulis pembuka, masalah, isi, solusi, penutup dan kesimpulan. 

Jadi diusahakan orang yang membaca memiliki pencerahan. Ketika saya menulis saya juga memposisikan diri sebagai pembaca sebab jika saya membaca sesuatu yang nanggung maka tidak akan enak. Maka untuk menyajikan konten blog, artikel dimedia dan tulisan saya selalu melengkapinya dengan sumber-sumber luaran yang cukup kredibel. Sehingga pembacanya juga akan kaya dengan informasi yang didapatkan.

Untuk menulis long form memang membutuhkan riset terlebih dahulu. Kita tidak bisa mengarang bebas jika isinya tidak daging semua. Penyampaian informasi dan pemaparan yang panjang menjadi kesukaan saya dalam menulis. Karena saya pun memposisikan diri saya juga sebagai penerima konten. 

Beruntung saya bukan orang yang pintar saat di sekolah, dan pernah ada di posisi tidak suka membaca buku pelajaran karena tidak menyenangkan. Oleh karena itu ketika membuat sebuah tulisan sebisa mungkin juga harus entertaining. Namun entertaining disini bukan berarti cuma lucu atau jenaka tetapi casual atau relate dengan kehidupan sehari-hari itu juga sudah bisa menjadi hiburan.

Kebiasaan saya lainnya adalah saya menulis dahulu baru menentukan judul. Sehingga untuk memberi judul pada sebuah tulisan terkadang saya sering mengasal. Padahal judul itu di mata SEO sangatlah penting agar artikel kita mudah di cari, mudah ditemukan, mudah terindeks, dan menarik untuk di klik.

Cara belajar saya untuk menulis judul, dimana saat menjadi kurator berita. Dimana di website aggregator tempat kerja saya, saya memiliki tugas untuk mengkurasi berita dengan menulis ulang kembali judul dan deskripsi sehingga lebih menarik. Dan ketika mencuitkan berita pun harus di tulis kembali dalam beberapa kali cuitan namun harus dengan judul dan caption yang berbeda walaupun linknya adalah link yang sama. 

Terkadang yang ditakuti oleh penulis adalah kesalahan dengan typo tulisan. Ini biasa terjadi bahkan sering juga dialami oleh penulis senior. Oleh karena itu penting memiliki seorang editor. Untuk menghindari kesalahan biasanya kita harus screening dan membaca ulang kembali tulisan yang kita tulis. 

Namun karena ini adalah blog pribadi yang sesuka-suka penulisnya. Maka saya agak jarang membaca kembali dari awal. Biasanya akan saya post dan baca lagi setelah sudah tayang. Jika ada kesalahan atau yang harus di revisi mino, maka akan saya update lagi sendiri. 

Oke itulah cerita saya hari ini agar bisa menulis blog hari ini. Saya ingin mencoba kembali 1 post 1 hari secara konsisten agar apa yang sudah menjadi hobi dan talenta saya disini tetap dapat. Atau paling tidak dalam 1 bulan pingin ada 12 posting - 20 posting artikel.

Semangat semoga bisa!

Comments

  1. ini wishlist aku juga dari januari kemarin,hiks
    januari masih oke di atas 10 post, februari kok ya malah timbul rasa malas nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia nih semoga semangat terus buat ngeblog nya ya..

      Delete
  2. Kalo sehari 1 post aku ga bisa mas 🤣🤣. Moodnya ga nyampe hahahahha. Soalnya gini, aku tuh lebih suka setelah ngepost, ada interaksi dulu Ama temen2 yg baca. Makanya kenapa aku posting 2 Minggu sekali. Buat build the interaction.kalo 1 post 1 day, agak susah. Ntr ada postingan yg malah sepi interaksinya 😄.

    Kalo soal typo, aku termasuk yg selalu baca 2-3x baru posting 🤣. Walopun ini blog pribadi, ga dimonetisasi juga, tapi pengennya ttp jgn ada salah sih. Makanya sebelum yakin udh bener, aku periksa berulang dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya lagi mencoba nge push diri sendiri dan mencoba nulis apa aja pas bangun tidur di hp jadilah tulisan ehehee...aku lg jarang nge blog walking sekarang euuyy

      Delete

Post a Comment