Cerita Bisnis Online dan Last Day di Jumat Pagi

Saat lari pagi, Jum'at (24/03/2023). Saya bertemu teman saya yang ternyata tinggalnya gak jauh dari cluster saya di daerah Gading Serpong.

Saat ketemu, tadi dia cerita kalau instagram bisnis lamanya ke banned sekitar Juni 2022. Hal itu kemungkinan karena salah satu design kaos custom yang dibuatnya ada tokoh Marvel seperti Captain America dan Iron Man yang ia gambar sendiri.

Akhirnya mulai Juli 2022 kemarin,dia memutuskan kerja kantoran lagi sebagai ilustrator sambil pelan-pelan membangun bisnisnya kembali dari awal.

Rasanya sayang banget instagramnya ke banned.

Apalagi penghasilannya selama 6 tahun terakhir, bersumber dari instagram / onlineshop yang menjual  kaos, tote bag, souvenir yang dibuatnya sendiri atau custom. Ada juga penjualan mainan atau action figure namun tidak sebesar produk fashion.

Setelah 8 bulanan kerja kantoran di area BSD. Akhirnya Jumat ini katanya last day di tempat kerjanya sekarang. Tapi tetap kerja remote jadi freelance ilustrator di agency yang ada di Jepang sambil fokus jalanin bisnisnya lagi yang pelan-pelan di rebranding dari awal.

Saya pun menyarankan untuk coba aja live di Tiktok, seperti orang-orang atau live di instagram sambil pajang baju-bajunya pasti laku. 

"Duhh kayak bunda Corla dong? Atau kayak Pingkan mambo tuh sering live", Gak mau ah katanya sambil ketawa.

Emang main Tiktok kayaknya kurang greget apalagi buat millenial yang sudah beranjak 30 keatas kayak kita. Kayaknya Tiktok lebih banyak dipakai oleh Gen Z atau generasi yang lebih muda. Untuk generasi kita paling instagram.

Sayapun menyarankan untuk membangun toko online baru di instagram, coba gunaiin ads untuk promosi mungkin sekitar 200ribu untuk beberapa hari sambil dilihat hasil dan convertionnya berapa yang ngeklik dan berapa baju yang terjual.

Sedangkan untuk posting biar lebih mudah saya juga menjelaskan kalau saya menggunakan meta business suite sehingga semua content dapat di schedule dan ads dapat di boost dari satu platform. Coba juga gunaiin reels karena reels sekarang memiliki performa yang lebih bagus dan sudah bisa di boost", Ucap saya sebelum berpisah pagi itu.



Follow new ig artofans : fansarto2022

Comments

  1. Waah itu kaos yg dia pakai, hasil designnya juga mas? Baguuuuus. Ntr aku liat2 IG nya deh. Sukaaa sih kaos dengan model lucu begitu, apalagi kalo bisa dicustom. Biar ga pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu kaos yang dipakai designnya dan foto ini modelnya juga dia merangkap wkkkk :D

      Delete
  2. Wah, memang kalau mau bisnis harus tahu cara promosiinnya ya apalagi dia keahliannya sangat bisa digunakan buat bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-) ia harus tahu cara promosi jaman sekarang..

      Delete

Post a Comment