2022 Semakin Senja Buat Media Cetak ?

Mungkin inikah senjakala media cetak? Pikirku saat melewati Gramedia Grand Indonesia di bagian rak majalah, dimana rak tersebut sudah tidak diisi dengan majalah lagi.

Ya, mungkin ini asumsi saya sendiri. 

Tapi rasanya saya merasa agak cukup sulit menemukan tukang majalah atau koran di tahun 2022. Untuk majalah digital sendiri seperti di platofrm e-reader Slime (yang ada di samsung tab) juga semakin sedikit tidak seperti 2015-2016 saat pertama kali saya menggunakannya. 

Untuk Scoop majalah digital juga sudah diakuisisi oleh Gramedia Digital, di Gramedia Digital masih cukup banyak majalah dan buku karena hampir semua terbitan Gramedia ada disana.

Namun perbedaan membaca versi digital dan cetak itu sangatlah berbeda. Apalagi buat anak yang pernah merasakan serunya membaca majalah cetak di era 90-an hingga 2000an awal.

Ya, inilah perubahan dunia digital yang menggerus bisnis-bisnis konvensional termasuk media cetak. Jika melihat isi dari media cetak versi digital, saat ini hampir isinya menurut saya sangat berbeda bahkan dari segi isi dan kepadatan informasi sudah semakin minim.

Minat baca di Indonesia mungkin masih jauh di banding negara lain. Terlebih sekarang content video sangat membanjiri social media seperti instagram, tiktok dan juga youtube. Untuk mendapatkan views video  puluhan juta pun sangatlah tidak sulit di era sekarang. 

Tapi mendapatkan pembaca jutaan itu rasanya yang agak lebih sulit. 

Suatu hari jika sudah tidak ada media cetak sekalipun, menurut saya tidak apa-apa karena membaca secara online semakin hari semakin menyenangkan kok!


Source: Toko Buku Gramedia via Foursquare 

Comments

  1. Bener bgt mas, dulu kayaknya banyak bgt penjual koran di pinggir jalan ya, di perempatan besar terutama. Desember kmrn aku cari koran bekas buat tukar kado aja susah bgt, saking udah ga ada yg baca koran.

    Padahal jaman SMP dulu aku bela2in nabung dr uang jajan demi bisa koran BINTANG, KEREN BEKEN dll, trs posternya aku tempel di dinding hahaha. Skrg udah ga jaman poster, foto artis di internet merajalela.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ia padahal masa-masa itu indah banget ya ..bisa gunting2 bikin kliping majalah ke banner binder sampe ke dinding..

      Delete
  2. Setuju, Mas Firli. Membaca di Online itu simple, garatis, tak butuh rak buku. Habis baca bukunya ditinggalkan saja. Kapan butuh buka lagi. Tiada buku yang berantakan mengganggu pemandangan.

    ReplyDelete
  3. Iya, kadang suka merasa kehilangan. Dulu suka nongkrong di tukang koran , yg dibeli cuma satu, yg dibaca banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh ia kan mersa kehilangan , era kejayaan media cetak sudah berlalu

      Delete
  4. Udh lamaaaaa bgt ga baca majalah. Padahl dulu zaman sekolah langganan bobo, gadis, kawanku, aneka 😂. Utk buku aku masih bisa baca online mas, walopun ga sering, Krn mata yg udh ga kuat. LBH suka buku fisik. Tapi utk majalah, ntah kenapa ya ga enak blaaas baca yg versi online. Jadi sampe skr pun udh ga baca lagi majalah yg online. Majalah fisikpun udh jarang beli, tapi kalo kebetulan ke toko buku dan ada yg menarik, aku lebih suka beli begitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia akupun sudah lama sekali gak baca majalah..kangen banget dengan majalah era 2000an awal

      Delete
  5. iya om, kadang saya merasa kangen membaca media cetak, dulu sering langganan tabloid PC Plus atau Motor Plus, kangen juga baca komik.
    Baca di layar sama baca di kertas beda om sensasinya.
    sempet komik menjadi temen nongkrong di WC... :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh baca buku donald bebek di wc jadi inget jaman sekolah :D

      Delete
  6. setuju mas, sekarang ebook lebih praktis. Seperti saya yang sering pindah2, ongkos ngirim buk2 lumayan. Dgn ebook, bukan masalah lagi jika suka membeli buku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia buku berat sih soalnya ya jadi mahal ongkirnya.. hahahaa..

      Delete
  7. Sejujurnya, aku paling sukaaa membaca buku atau majlaah 'beneran' riil dipegang tangan, mata membaca dan tubuh rileks. Dibandingkan dengan bacaan online suka bikin mata siwer lama2 ngantuk hahaha :D Kangen majalah Gadis, koran2 dll aku tuh :D

    ReplyDelete

Post a Comment