Ingat! Seindah-indahnya Kamu Bersosial Media di Dunia Maya, Lebih Bahagia Bersosial Langsung di Dunia Nyata

source: freepik

Media Sosial adalah sebuah platform yang dahulu berguna untuk menjaring pertemanan namun saat ini lebih menjaring kepada pengikut atau followers.

Sebagai pekerja di industri digital, media sosial sangatlah penting karena media sosial adalah salah satu distribusi chanel dari content digital yang sudah kita buat.

Content digital sendiri meliputi tulisan, foto, grafis, video, musik, podcast dan lainnya. Content digital inilah yang menjadi nyawa dari media sosial itu sendiri sebab tanpa content dan interaksi. Media sosial hanyalah seperti daftar phonebook di dalam smartphone.

Bagi pekerja dibidang digital, apalagi  yang lebih spesifik seperti social media creator dan social media specialist. Kadang kalian sudah berkutat dengan layar laptop untuk membuat content, membuat strategi hingga paid promote atau ads.

Lalu, saat waktu senggang. Masih berkutat di layar hp untuk scrolling instagram, tiktok,  youtube,  dan lainnya demi agar tidak ketinggalan dengan hal terbaru.

Jika itu kamu alami. Mulai sekarang "yuk batasi" doomscrolling dan doomsurfing demi mengetahui update terbaru di media sosial.

Banyak waktumu yang terbuang loh, bahkan terbuang sia-sia. kedua, tindakan ini bisa beresiko terhadap mental seperti rasa cemas, panik, hingga stres.

Ingat lah sejatinya bekerja di dunia digital dan media sosial itu harus menyenangkan. 

Dan cara termudah agar kamu tidak terjebak doomscrolling dan doomsurfing adalah taruh hp mu di kantong atau tas. Biasakan tidak meletakan hp di meja saat makan atau saat bersama teman karena kamu bisa berinteraksi langsung atau mengobrol. Ketimbang sibuk dengan hp masing-masing.

Kamu juga coba berjalan kaki 6000 langkah setiap hari dan saat  berjalan lihatlah lingkungan sekitar seperti pohon yang rindang, billboard yang unik, cafe atau coffeeshop yang terbaru atau yang baru kamu lihat. Bahkan kamu bisa loh berinteraksi dan mengobrol dengan orang-orang baru yang kamu temui di jalan.

Ingatlah! kita ini ada di dunia nyata, dan kita harus merasa nyaman di dalamnya. Kita tidak boleh merasa hidup lebih nyaman di dunia maya karena dunia maya sejatinya tidaklah nyata. 

Walaupun terkadang sesuatu yang nyata itu terasa fana dan yang fana itu terasa nyata.


Comments

  1. aku kalau kumpul sama temen temen, kadang hapenya sengaja dikumpulin :D
    biar nggak sibuk sama hape masing-masing

    ReplyDelete
  2. Wah, iya mas. Setuju banget. Jauh lebih enak dan nikmat serta bahagia kehidupan di dunia nyata ketimbang bermedia sosial :D Tentu ada interaksi yang berbeda ketika kita bertemu saling tatap wajah dan berbincang2 nyata tanpa sandiwara eeeaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dunia ini memang panggung sandiwara.. mengapa kita bersandiwara

      Delete

Post a Comment