Alogaritma Google Berubah? Yuk Perbaiki Kualitas Konten yang Berfokus Pada Pengguna




Kemarin teman update story yang membahas alogsritma terbaru dari Google. Website besar, sekelas Tokopedia saja memiliki penurunan daily traffic hal ini lantaran imbas dari alogaritma terbaru Google.

Lalu, kalau sekelas Tokopedia aja kena imbas yang cukup signifikan. Gimana blogger kelas teri yang gak seberapa seperti saya ini?

Pada alogaritma terbaru Google yang saya baca, Google mengingimkan kualitas konten itu untuk para pembaca bukan konten dibuat untuk mesin pencari. Sehingga konten original dan berkualitas untuk para pembacalah yang akhirnya akan terindeks di halaman pencarian.

Beruntung, saya dari dahulu fokus membuat konten untuk diri sendiri dan juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Jadi konten yang saya buat biasanya belum pernah atau jarang di bahas oleh orang lain karena bersifat pengalaman pribadi.

Menjadi blogger dengan gaya personal blogger ternyata membawa keuntungam tersendiri. Karena saya membuat kontem dengan fokus kepada sharing yang sifatnya caring.

Dan ditengah era short video yang merajalela. Sayapun masih suka asyik ngeblog walaupun tidak sekonsisten dulu.

Meski demikian, saya tidak terlena dengan blog dan mengkombinasikan semua platform yang saya milki. Untuk short video saat ini saya juga dalam proses belajar dan tidak pernah lelah untuk mengeksplornya.

Tujuan akhir saya membut konten adalah untuk merasa happy dan bisa mengekspresikan diri dalam karya. Itu saja dulu, selebihnya syukur-syukur dalam perjalanannya menemukan job yang membawa rezeki dari kegiatan yang membuat happy ini.

Kalau untuk jadi terkenal, viral belum tentu saya juga siap karena pasti ada tanggung jawab dan konsekuensi dari hal tersebut. Untuk hanya viral mungkin tidak sulit namun habis itu mau apa?

Dalam beberapa tahun terakhir, dari berbagai sumber yang saya baca Google telah menekan 40% SERP (search engine result optimization) yang sudah tidak relevan dalam lima tahun terakhir. 

Sehingga saat ini pencarian Google jauh lebih relevan, akurat dan efektif sesuai kebutuhan user atau penggunanya.

Jadi yuk fokus kepada isi konten kita, agar lebih bermanfaat kepada pembaca yang menemukan tulisan kita.

Comments

  1. Naaah aku jadi ada peluang untuk bisa dpt dikenal google dong yaaa 😄. Krn selama ini kan hanya menulis pengalaman pribadi ketika traveling dan kuliner.

    Jadi lebih semangat utk membuat tulisannya lebih komplit dari segi informasi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bener banget , aku pun ada beberapa tempat yang klo di search dari blog aku misalnya Gym di Serpong Gym di BSD ..padahal cuma ngulas yang komplit dan panjang aja..plus fotonya blm pernah ada di google ukurannya pun besar..

      Delete

Post a Comment